Kodim 0813 Sinkronkan Binter Satkowil Dengan Program Pemkab Bojonegoro

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Kodim 0813 Bojonegoro mantapkan Sistem Perencanaan dan Pengendalian Pembinaan Teritorial (Sisrendal Binter) yang selaras dengan kepentingan dan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro.

Hal itu dilakukan dalam rangka pertahanan negara yang solid dan tangguh, Kodim 0813 Bojonegoro melaksanakan kegiatan Sisrendal Binter Semester I tahun 2023. Kegiatan digelar  di Gedung Ahmad Yani Makodim setempat, Rabu (14/6/2023).

Kegiatan yang mengambil tema ‘Menyelaraskan Sisrendal Binter dengan Program Pemerintah Daerah guna Menciptakan Kemanunggalan TNI-Rakyat’ diikuti para Bintara Tinggi (Bati) Koramil jajaran dan perwakilan Babinsa.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, dalam sambutanya yang dibacakan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0813 Bojonegoro Mayor Kav Sony Ranu Utama, menyampaikan, kegiatan Sisrendal Binter merupakan kegiatan program kerja yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Kegiatan dilaksanakan agar pelaksanaan pembinaan teritorial di wilayah tercapai secara optimal yang selaras dengan program pemerintah daerah,” kata Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto menegaskan, Rabu (14/6/2023).

Lanjut Dandim, bahwa proses kegiatan perencanaan Binter secara terpadu antara Apkowil dengan pemerintah daerah dan instansi terkait akan dijadikan sebagai acuan.

“Kami memberikan bahan pertimbangan yang dapat disarankan kepada pemerintah daerah untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat maupun kepentingan pertahanan negara dalam rangka mewujudkan pertahanan negara aspek darat,” ungkapnya.

Masih menurut Dandim, pihaknya berharap dengan adanya kegiatan Sisrendal Binter ini dapat tersusun produk-produk dasar yang benar dan sesuai dengan kondisi nyata dilapangan yang meliputi Petunjuk Teritorial (Jukter), Analisa Ootensi Wilayah (Anpotwil), Analisa Potensi Pertahanan (Anpothan) dan Rencana Pembinaan Teritorial (Ren Binter) serta produk operasional yang meliputi Telaahan Pembinaan Teritorial (Tel Binter) dan Program Pembinaan Teritorial (Prog Binter).

Adapun produk-produk yang dimaksud, menurut Dandim, adalah meliputi data geografi, demografi dan konsos yang telah disikronkan oleh Kodim 0813 Bojonegoro beserta Koramil jajaran melalui kegiatan pengumpulan data ter dan analisa potensi wilahan di masing-masing wilayah.

“Data yang diperoleh sudah disinkronkan sesuai kondisi nyata yang ada di wilayah serta bisa untuk dipertanggungjawabkan” kata Dandim dalam sambutanya.

Dandim berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, ikuti semua arahan dari semua pemateri sehingga semua kegiatan yang telah diprogramkan oleh Kodim 0813 Bojonegoro dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dan program-program masing-masing staf yang disampaikan oleh para Bintara Tinggi (Bati) Staf Makodim dan pengarahan Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Surahmat.

**(Sumber: Pendim 0813/Red).

Bagikan

Also Read