Tutorial Lengkap Cara Membuat Story WA Video dengan Background Hitam

Nur Chafshoh

Tutorial Lengkap Cara Membuat Story WA Video dengan Background Hitam

Daftar Isi

Bagikan

persiapan membuat video

Persiapan Membuat Video: Menghadirkan Konsep Profesional dan Berkualitas

Siapa yang tidak menyukai video? Media yang satu ini memegang peranan penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Mulai dari menghasilkan tugas kuliah hingga bagian dari strategi pemasaran. Mau tidak mau, kita memang membutuhkan video dalam berbagai hal.

Apapun jenis videonya, pastikan kualitasnya terjaga. Dalam menentukan kualitas video, persiapan memegang peranan penting. Dalam tulisan ini, kita akan membahas beberapa tahap persiapan dalam pembuatan video agar Anda bisa menghasilkan video yang unggul.

Mengunduh Aplikasi Pengedit Video

Memiliki aplikasi pengedit video yang memadai adalah syarat mutlak agar video yang dihasilkan terlihat profesional dan berkualitas. Pilihlah aplikasi pengedit video yang mempunyai berbagai fitur untuk memudahkan penataan klip video. Beberapa aplikasi pengedit video terbaik saat ini di antaranya Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro.

Menentukan Konsep Video

Langkah selanjutnya adalah menentukan konsep video. Pastikan Anda memiliki ide yang jelas tentang tema, pesan, dan tujuan video yang ingin Anda hasilkan. Buatlah rencana cerita yang rapi, termasuk tahapan-tahapan produksinya agar lebih mudah diselesaikan.

Membuat Sketsa Storyboard

Setelah Anda menentukan konsep video, langkah selanjutnya adalah membuat sketsa storyboard. Storyboard berupa gambar-gambar yang diatur urutannya agar terlihat seperti film strip dari video Anda. Dalam storyboard, Anda bisa menentukan sudut pengambilan gambar atau adegan seperti apa.

Dalam menyiapkan persiapan pembuatan video, jangan lupa mempertimbangkan waktu yang Anda butuhkan agar hasil video yang dihasilkan memuaskan. Mulailah dengan membuat rencana dan jangan ragu untuk meminta bantuan kepada orang lain ketika dirasa kurang paham dalam tahap tertentu.

cara membuat story wa video background hitam” alt=”Pengambilan Gambar cara membuat story wa video background hitam”>

Memaksimalkan Pengambilan Gambar: Memilih Tempat yang Tepat

Memilih Lokasi yang Sesuai

Dalam pengambilan gambar, lokasi yang dipilih memiliki peranan yang penting dalam menentukan kualitas dari hasil video atau foto yang diambil. Sebelum menentukan lokasi, Anda harus memahami konsep dan cerita yang ingin dihasilkan dari pengambilan gambar. Misalnya, jika ingin mengabadikan keindahan alam, maka pilihlah lokasi yang memiliki pemandangan alam yang spektakuler. Demikian juga, jika ingin mengambil foto atau video di dalam ruangan, perhatikan apakah ruangan tersebut memiliki pencahayaan yang cukup dan penyekatan suara yang bagus.

Memperhatikan Aksesibilitas

Tentukan pilihan lokasi yang mudah diakses oleh seluruh anggota tim pengambil gambar. Pastikan bahwa lokasinya berada di area yang aman dan tidak mengganggu kepentingan publik sebagai contoh, hindari pengambilan gambar di tempat-tempat yang bisa berpotensi terjadinya kesusahan atau mengganggu lalu-lintas.

Mengenal Kebutuhan Teknis Pengambilan Gambar

Penting untuk mengetahui kebutuhan teknis pengambilan gambar terlebih dahulu. Pastikan kamera dan peralatan pendukung pengambilan gambar yang digunakan dapat bekerja dengan baik. Semisal, Anda mengambil foto di tempat yang cukup gelap, maka gunakanlah pencahayaan tambahan seperti lampu penerangan tambahan. Ingatlah bahwa tujuan utama dari pengambilan gambar adalah untuk mendapatkan kualitas gambar dan video yang maksimal.

Mengoptimalkan Hasil Pengambilan Gambar: Menyediakan Peralatan yang Tepat

Read more:

Mengenal Jenis Kamera yang Digunakan

Jenis kamera yang digunakan dalam pengambilan gambar memiliki pengaruh penting dalam hasil akhir yang dihasilkan. Sebelum memutuskan untuk membeli kamera, Anda harus mengetahui jenis kamera yang cocok dengan kebutuhan Anda. Pastikan juga bahwa kamera memiliki fitur dan teknologi terbaru untuk mendapatkan hasil foto dan video yang maksimal.

Menyediakan Peralatan Pendukung yang Tepat

Selain kamera, pastikan juga menyediakan peralatan pendukung seperti tripod atau monopod, lensa, alat bantu pencahayaan tambahan, dan sebagainya. Perhatikan juga kualitas dari peralatan pendukung yang digunakan, untuk mendapatkan hasil terbaik.

Menciptakan Atmosfer yang Sempurna: Mengatur Pencahayaan yang Sesuai

Menentukan Cara Mengatur Pencahayaan

Pencahayaan yang tidak tepat dapat mengganggu hasil pengambilan gambar maka pengaturan pencahayaan sangatlah penting. Gunakan pencahayaan terbaik untuk menghasilkan warna yang jelas dan detail yang bagus dari suatu benda atau objek yang sedang difoto atau difilmkan. Untuk menentukan cara pengaturan pencahayaan yang baik, perhatikan faktor seperti, berapa banyak cahaya alam atau buatan yang tersedia dan kebutuhan lighting dalam gambar.

Memperhatikan Keseimbangan Kontras dan Warna

Selain pencahayaan, penting untuk memperhatikan keseimbangan kontras dan warna dalam gambar atau video yang dihasilkan. Pastikan untuk mengatur sumber pencahayaan yang terbaik untuk menghasilkan kontras yang tepat dan warna yang menarik. Demikianlah beberapa tips untuk mengoptimalkan pengambilan gambar. Semoga dapat membantu Anda menghasilkan foto dan video yang berkualitas baik.

Cara membuat background hitam pada aplikasi pengedit video

Pengeditan Video: Meningkatkan Kualitas dan Daya Tarik Konten Visual

Video telah menjadi medium yang sangat populer untuk berbagai keperluan, dari kegiatan sehari-hari, iklan hingga pengembangan konten digital. Namun, terlepas dari kualitas visual yang bagus, tidak semua video memiliki daya tarik atau kelayakan secara estetis. Oleh karena itu, pengeditan video menjadi semakin penting untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik visual dari konten video yang dihasilkan. Di bawah ini adalah beberapa teknik pengeditan video yang berguna untuk membawa konten video ke level selanjutnya.

Membuat Background hitam pada Aplikasi Pengedit Video

Teknik ini sangat berguna ketika kamu ingin menyorot objek tertentu dalam video atau mereduksi gangguan dari background. Untuk membuat background hitam pada aplikasi pengedit video, kamu dapat melakukan beberapa tahapan sederhana. Yang pertama adalah memilih video yang akan diedit, kemudian pilih opsi cropping dan ubah warna latar belakang menjadi hitam. Dengan fitur ini, kamu dapat lebih fokus untuk menampilkan objek yang ingin kamu soroti dalam video kamu.

Crop Video Agar Ukurannya Sesuai dengan Status WhatsApp

Saat kamu ingin membagikan video kamu di WhatsApp, mungkin kamu perlu memperhatikan ukuran file video. Jika ukuran filenya terlalu besar, maka proses sharing video menjadi lambat dan tidak efektif. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat memotong video atau cropping. Kamu dapat menggunakan fitur cropping pada aplikasi pengedit video untuk menjadikan ukuran video sesuai dengan status WhatsApp atau ukuran file yang lebih kecil. Dengan mengoptimalkan ukuran dan fitur layar, video kamu akan terlihat lebih baik ketika dibagikan pada platform tersebut.

Menambahkan Musik Latar yang Sesuai

Menambahkan musik latar bisa menjadi tambahan yang baik untuk menjadikan video lebih menarik dan membawa pengalaman penuh untuk pemirsa. Namun, musik harus sinergi dengan konten video dan mendukung pesan yang ingin disampaikan. Untuk menambahkan musik latar pada aplikasi pengedit video, pilih audio-file yang ingin kamu gunakan dan sesuaikan volumenya agar tidak mengganggu suara utama dari video. Kamu juga dapat menerapkan efek pengeditan tambahan seperti fade-in atau fade-out pada bagian yang kamu inginkan.

Dengan teknik pengeditan video yang tepat, kamu dapat membawa konten video dan pembuatan konten kamu ke level selanjutnya. Meningkatkan kualitas dan daya tarik visual pada video dapat memberikan pengalaman yang baik untuk pemirsa dan meningkatkan popularitas konten video kamu. Dapatkan aplikasi pengedit video yang tepat serta latihan dan pengalaman yang cukup untuk meningkatkan kemampuan editing video kamu.

Penyelesaian membuat story wa video background hitam

Penyelesaian: Cara Mudah Membuat Video Story di WhatsApp dengan Latar Belakang Hitam

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang sangat popular di Indonesia. Tak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, WhatsApp juga menjadi salah satu platform untuk membagikan cerita atau story (status) seperti kebanyakan layanan media sosial lainnya.

Mengekspor video

Setelah merampungkan pembuatan video story di WhatsApp, langkah selanjutnya adalah mengekspor video tersebut. Adapun penyelesaiannya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol “Kirim” kemudian memilih opsi “Simpan Video”. Dengan begitu, video story akan tersimpan secara otomatis di galeri ponsel.

Menyimpan video ke galeri

Adapun tutorial cara menyimpan video story WhatsApp ke galeri yaitu cukup dengan menekan tombol unduh/ download ketika menonton video secara langsung dari status yang diberikan. Untuk video story yang telah disimpan, langkahnya juga sama seperti yang telah dijelaskan pada sub-heading sebelumnya, yaitu dengan mengekspor secara langsung.

Membagikan video ke Status WhatsApp

Sebagai platform media sosial, WhatsApp tidak hanya memungkinkan kita untuk membuat video story namun juga membagikannya ke sesama pengguna WhatsApp dengan mudah. Caranya cukup dengan menekan tombol “Share” kemudian memilih opsi “Kirim ke Status”. Video story kita akan langsung ter-posting pada status yang diperuntukkan untuk teman kita di WhatsApp.

Demikianlah cara-cara mudah untuk menempatkan video story WhatsApp pada galeri ponsel, mengexpornya ke media sosial lain atau membagikannya ke pengguna WhatsApp lainnya. Dengan takaran latarnya latar belakang hitam, video story kita akan tampak lebih menarik dan artistik.

Tips dan Trik cara membuat story wa video background hitam

Tips dan Trik untuk Membuat Video yang Lebih Menarik

Membuat video memerlukan banyak aspek untuk dipertimbangkan, mulai dari konten hingga teknik produksi. Salah satu hal yang dapat membuat sebuah video lebih menarik adalah menggunakan trik dan teknik tertentu. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa tips dan trik agar video yang dibuat lebih menarik dan berkualitas.

Menggunakan Trik dan Teknik Pencahayaan yang Tepat

Salah satu aspek penting dalam pembuatan video adalah pencahayaan. Pencahayaan yang tepat dapat memberikan efek dramatis dan membuat video lebih menarik. Trik yang dapat digunakan adalah menggunakan pencahayaan dengan intensitas yang berbeda-beda pada setiap adegan, atau memanfaatkan sumber cahaya alami seperti matahari.

Menggunakan Konsep yang Unik dan Menarik

Konsep video yang unik dan menarik dapat membuat video menjadi lebih memorable bagi penonton. Aktualisasi konsep yang kreatif bisa sangat bervariasi, misalnya, dengan menggunakan cerita bergaya naratif, atau menggabungkan ideologi yang belum pernah dijalankan oleh orang lain sebelumnya. Dalam hal ini, kesenian atau fiksi dapat memberikan inspirasi bagi pembuatan video yang menarik.

Menggunakan Musik Latar yang Sesuai

Musik dapat mengubah keseluruhan suasana dalam video. Oleh karena itu, memilih musik latar yang sesuai dengan tema video sangat penting untuk menciptakan kesan yang lebih kuat pada penonton. Sebagai contoh, musik jazz bermanfaat bagi video bertema romantis, dan musik rock cocok untuk video dengan tema yang lebih serius dan menegangkan.

Kesimpulannya, bahwa dengan pengembangan trik dan teknik tertentu, membuat video semakin menarik dan berkualitas akan berdampak positif pada respon penonton. Tidak kalah penting adalah faktor lain, ketekunan dalam melakukan editing video serta kreativitas, yang juga menjadi kunci utama dalam pembuatan video yang menarik.

Kendala yang Mungkin Terjadi

Kendala yang Mungkin Terjadi dalam Pembuatan Video Story WA

Pembuatan video story WA dapat memperkaya konten media sosial dan menjadi sarana ekspresi diri kepada orang lain. Namun, terdapat beberapa kendala yang mungkin terjadi dalam pembuatannya. Meskipun begitu, kendala-kendala tersebut dapat dijadikan sebagai tantangan yang positif untuk menghasilkan karya yang lebih bermutu.

Terlalu Gelap atau Terang

Salah satu kendala yang dapat terjadi dalam pengambilan gambar video story WA adalah ketidakoptimalan pencahayaan. Terlalu gelap atau terang dapat membuat video menjadi sulit dilihat oleh orang lain atau bahkan tidak dapat dilihat sama sekali. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mencari posisi pencahayaan yang tepat atau menggunakan peralatan pencahayaan tambahan.

Kurangnya Peralatan Pengambilan Gambar

Kemampuan teknologi membuat siapa saja dapat membuat video dengan smartphone mereka tanpa membutuhkan kamera profesional. Namun, kadang-kadang smartphone yang digunakan tidak memiliki kualitas kamera yang baik sehingga muncul kendala dalam pengambilan gambar. Hal tersebut dapat diatasi dengan penggunaan tripod yang cocok dengan smartphone, sehingga dapat menghasilkan video yang stabil dan berkualitas.

Kurangnya Ide dalam Membuat Konsep Video

Ketidakmampuan dalam merancang konsep video juga dapat menjadi kendala dalam membuat video story WA. Kurangnya ide dalam bagaimana cerita dikemas akan mempengaruhi minat orang dalam menyaksikan video Anda. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengumpulkan referensi atau ide dari sumber inspirasi lain seperti platform media sosial dan melakukan riset pasar terhadap tren terbaru yang sedang berkembang.

Dalam pembuatan video story WA, kendala-kendala tersebut menjadi suatu hal yang wajar terjadi dan bisa menjadi tantangan positif untuk melatih kreativitas dan kemampuan dalam membuat video. Dengan mengetahui kendala-kendala tersebut, diharapkan pembuat video dapat menghasilkan karya yang dapat dinikmati oleh orang lain secara maksimal.

Cara Membuat Story WA dengan Background Hitam

Membuat Story WA dengan Background Hitam Ternyata Tidak Terlalu Sulit

Bagi banyak orang, membuat video untuk Story WhatsApp mungkin terdengar sebagai tugas yang menakutkan. Namun, membuat Story WA dengan background hitam ternyata tidak terlalu sulit.

Dapat Mengasah Kreativitas dalam Pembuatan Video

Dengan membuat Story WA dengan background hitam, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi lebih kreatif dalam pembuatan video. Anda dapat mencoba berbagai efek dan gaya-editing untuk membuat video Anda lebih menarik.

Dapat Mengekspresikan Diri dengan Lebih Kreatif Melalui Story WA

Story WhatsApp memberikan Anda kesempatan untuk mengekspresikan diri dengan lebih kreatif melalui video pendek atau gambar yang menarik. Dengan membuat story dengan background hitam, Anda dapat menambahkan sentuhan pribadi dan mengekspresikan diri Anda lebih jelas.

Dalam kesimpulannya, membuat Story WA dengan background hitam ternyata bisa menjadi cara yang mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan kreativitas Anda dalam membuat video. Dengan sedikit latihan dan eksperimen, siapa saja bisa menghasilkan Story WA dengan tampilan yang menarik dan kreatif.

Cara Membuat Story Wa Video Background Hitam

Bagikan

Also Read

Tags