Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Catatan TepiFeatured

Bupati Bojonegoro dengan DPRD Gelar Raker Bahas Raperda Dana Abadi Pendidikan Berkelanjutan

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menggelar rapat kerja (Raje) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro terkait Raperda dana abadi pendidikan berkelanjutan. Yang digelar di Ruang rapat paripurna DPRD Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (8/6/2022).

Dalam rapat tersebut, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan dana abadi Pendidikan berkelanjutan daerah Kabupaten Bojonegoro tersebut. Dengan abadi pendidikan ke depan diharapkan dapat menciptakan keadilan antar generasi melalui penjaminan akses pendidikan yang sifatnya berkelanjutan.

Perencanaan dana abadi pendidikan ini, kata Bupati telah memiliki beberapa dasar hukum, antara lain Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah Pasal 1 angka 83, Pasal 149 ayat 2, Pasal 164 ayat 1, Pasal 164 ayat 2 dan Pasal 164 ayat 3.

Baca Juga  Bocah Tenggelam di Kali Gandong, Ngrejeng, Purwosari, Setelah 12 Hari Baru Ditemukan

“Tujuan pembentukan dana abadi pendidikan adalah untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan generasi berikutnya,” papar Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Rabu (8/6/2022).

Dana abadi pendidikan tersebut memiliki beberapa sumber, antara lain pendapatan DBH Migas, pendapatan investasi dan juga sumber lain yang sah. Dan dana abadi tersebut akan dibentuk secara bertahap selama tiga tahun anggaran, guna memperoleh anggarannya.

Baca Juga  Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pilkades Serentak 2022

Rencana penempatan dana abadi yang dicanangkan adalah Rp 3 triliun untuk tiga tahun dari 2022 hingga 2024. Atau Rp 1 triliun per tahunnya. Namun Penempatan Dana Abadi akan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

“Dana Abadi ditempatkan dalam rekening tersendiri atas nama Pemerintah Daerah, yaitu di Bank Jatim,” jelasnya.

1 2Next page
Klik Baca Lebih Lanjut

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button