7 Destinasi Wisata Sungai Di Indonesia Update 2023

Rakyatnesia – 7 Destinasi Wisata Sungai Di Indonesia Pencarian seputar video bokeh di dunia online kian banyak dikerjakan masyarakat Indonesia, padahal sesungguhnya arti dari kata kunci ini memang sedikit rancu. Padahal demikian itu kami akan memberikan sebagian penjelasan perihal video bokeh museum terupdate dan terbaik tahun ini.

Pada Tulisan 7 Destinasi Wisata Sungai Di Indonesia ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget mengamati atau membacanya.

[quads id=10]

Keajaiban dari tulisan video bokeh yang kami bahas dapat kalian baca pada tulisan dibawah ini dengan terang dan padat.

[quads id=10]

Debgameku – 7 Destinasi Wisata Sungai Di Indonesia – Selain pantai, gunung, hutan, danau, salah satu pesona alam Indonesia yang kita banggakan adalah sungai. Ya, masyarakat Indonesia memang selalu dekat dengan kehidupan sungai.

Mengingat persebaran sungai di setiap pelosok tanah air. Sobat Pesona pasti pernah ke sungai terdekat, seperti di pedesaan yang asri kan? Nah, untuk lebih mengenal keindahan sungai, yuk coba 7 Destinasi Wisata Sungai di bawah ini!

1. Sungai Musi (Sumatra Selatan)

Siapa yang tidak tahu sungai terpanjang di pulau sumatera yang terletak di kota pempek? Ya, bagaimana jika bukan karena pembagian ibu kota Palembang, Sumatera Selatan. Menjadi dua bagian, “Ilir” di utara dan “Ulu” di selatan.

Pesona Pesona memiliki panjang hingga 750 kilometer dan dapat melewati setiap sudutnya. Dengan wisata sungai, Anda bisa mencoba speedboat atau perahu ketek yang melayani berbagai destinasi di sepanjang Sungai Musi.

Seperti Toko Apung Pindang Ikan di Pasar Tradisional 16 Ilir, Desa Kapitan, Masjid Ki Muara Ogan dan Pulau Kemarau.

2. Cukang Taneuh (Jawa Barat)

Ingin memiliki sesuatu yang keren di Jawa Barat? Inilah destinasi utama kebanggaan Priangan Timur, Cukang Taneuh atau lebih dikenal dengan Green Canyon di Pangandaran. Dua tebing yang menjulang tinggi di kedua sisi Sungai Tusca yang jernih dan hijau.

Seperti surga tersembunyi yang digambarkan dalam dunia dongeng, sangat menawan. Sahabat Pesona yang ingin menjelajahi keindahan Cukang Taneuh bisa menggunakan perahu kayu yang disebut “ketinting”. Wah, jadi penasaran?

3. Sungai Maron (Jawa Timur)

Jawa Timur tidak kalah dengan julukannya “Amazon Jawa Timur”. Ya, julukan itu juga diperoleh Sungai Maron di Kabupaten Pacitan. Begitu memasuki gerbang yang bertuliskan “Wisata Sungai Maron”, Anda bisa langsung mengunjungi jasa perahu menyusuri sungai.

Pemandu Anda akan membawa Anda pada rute 4,5 kilometer yang memakan waktu sekitar 45 menit. Pohon kelapa, jambu biji, dan air sungai yang berwarna biru kehijauan menyejukkan mata! Selain itu, ada spot foto instagram, ayunan cinta. Wah, pasti seru nih!

4. Sungai Ayung (Bali)

Jika Anda pernah mendengar istilah Pulau Dewata Sobat Pesona, pernahkah terbayang betapa serunya menyeberangi salah satu sungai terpanjang di Bali ini? Ya, sungai ini adalah Sungai Ayung.

Sungai sepanjang 62 kilometer yang membentang dari wilayah pegunungan utara sampai ke Selat Padang di Sanur ini sering menjadi spot terbaik untuk arung jeram. Keseruan mencoba wisata arung jeram ini akan memacu adrenalin Anda.

Karena treknya panjang dan penuh rintangan namun tetap aman. Waktu tempuhnya sendiri sekitar 2 jam, jadi kamu bisa bersenang-senang dengan teman-temanmu!

5. Sungai Kapuas (Kalimantan Barat)

Bagaimana rasanya menyusuri sungai terpanjang di Indonesia? Rekor tersebut dipegang oleh Sungai Kapuas di Kalimantan Barat. Sungai sepanjang 1.143 kilometer itu mengalir ke hulu di Pegunungan Muller dan hilir di Selat Karimata.

Melewati Kota Pontianak dan empat kabupaten lainnya. Jika ingin merekam setiap sudut Sungai Kapuas, Anda bisa naik kapal pesiar di sepanjang jalan. Terletak di Taman Alun Kapuas, Anda bisa naik dari jam 6 pagi sampai jam 8 malam.

6. Sungai Sekonyer (Kalimantan Tengah)

Pergi ke Kalimantan Tengah dan kunjungi Amazon Indonesia! Apalagi jika bukan karena Sungai Sekanye. Jika Anda berhenti di Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di Kotawaringin Barat.

Anda dapat menggunakan perahu yang disebut kelotok atau kayu besi tradisional untuk menyeberangi Sungai Sekonyer yang juga terletak di sini. Dibutuhkan sekitar 3-4 jam untuk menyusuri sungai yang indah ini.

Di mana Anda dapat mengagumi hutan hujan, semak-semak, dan flora dan fauna khas TNTP. Menarik, bukan?

7. Sungai Mahakam (Kalimantan Timur)

Jika ada sungai terpanjang di Kalimantan Barat, sekarang mari kita beralih ke sungai terbesar di Kalimantan Timur yaitu Sungai Mahakan. Nama sungai ini terdengar familiar, karena sungai besar ini memisahkan kota Samarinda.

Melewati kabupaten Kutai Barat, Kutai Katanigala, dan mengalir ke Selat Makassar. Nah, untuk menyusuri sungai tersebut, kini pemerintah setempat menawarkan perahu wisata dengan nama “pesut”, yaitu nama mamalia air tawar khas Sungai Mahakan.

Pelayaran ini menawarkan beberapa rencana perjalanan dengan durasi mulai dari 2 hingga 5 jam, tergantung pada rute yang dipilih. Wah, sudah tidak sabar untuk naik kapal, ya?

Akhir Kata

Pesona sungai-sungai di Indonesia menurut saya tidak hanya menjadi urat nadi kehidupan masyarakat sekitar, tetapi juga menarik perhatian wisatawan mancanegara karena keindahannya.

Tapi ingat, saat melakukan wisata tepi sungai, pastikan untuk mengikuti prosedur keselamatan yang diinstruksikan oleh pemandu lokal Anda, ya! Nah, selain jalan-jalan menyusuri sungai, kamu juga bisa ke air terjun danolahraga air di Bali yang nggak kalah seru!

Dan jangan lupa, sebelum Pesona Pesona keluar, selalu ikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga kebersihan tangan dan menjaga jarak. Jadi, yang tidak kalah pentingnya, ayo dapatkan vaksin booster dan kuatkan daya tahan tubuh kita!

#Destinasi #Wisata #Sungai #Indonesia

Exit mobile version