Sumber Kades Terpilih Desa Tinumpuk, Purwosari, Dilantik Oleh Bupati Bojonegoro, Melalui Video Conference

1

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Pelantikan Kepala Desa Terpilih hasil Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak Gelomabng Ke III Tahun 2020, dilaksanakan pelantikan sebanyak 4 (empat) tahap.

Pelantikan yang digelar Senin (4/5/2020) sekira pukul 12:00 WIB, adalah pelantikan kades terpilih di tahap ke IV atau tahap terakhr. Kegiatan digelar di Comand Center Gedung PIP (Pusat Informasi Publik) yang berada di Jalan AKBP M Soeroko, Lingkup Kantor Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah berkenan melantik 17 Kades Terpiih yang berasal dari 11 Kecamatan itu, dilaksanakan melalui Video Conference (Vidcon). Salah satunya adalah pelantikan Kades Tinumpuk Sumber yang diadakan di Pendopo Kecamatan Purwosari, Bojonegoro.

Pelantikan tersebut, juga dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Purwosari  yang diikuti oleh  Kepala Desa terpilih Desa Tinumpuk Sumber. Hadir pula Evi dan Yanti dari DPMD Kabupaten Bojonegoro, Camat Purwosari Sugeng Firmanto  Kapolsek Purwosari AKP YABAN,SE,  Danramil Purwosari Kapten Inf Andi S, Agus Zali dari KUA Purwosari serta undangan lainnya.                               

Seperti sebelumnya, Bupati Bojonegoro secara simbolis melantik Kades terpilih di Comand Center PIP dengan didampingi Forpimda. Prosesi pelantikan, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan ( SK ) Bupati Bojonegoro oleh staf bagian Pemerintahan Pemkab Bojonegoro.

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan SK dan Penyematan Lencana. Pelantikan 17 Kepala Desa terpiih yang berasal dari 11 Kecamatan, hasil pilkades yang digelar 19 Februari 2020 lalu.

Sumber Kades Terpilih Desa Tinumpuk, Purwosari, Dilantik Oleh Bupati Bojonegoro, Melalui Video Conference 1
Foto bersama: Usai Prosesi pelantikan Sumber Kades Terpilih Tinumpuk oleh Bupati Bojonegoro melalui Video Conference yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Senin (4/5/2020).

Dalam kata sambutanya, DR Hj Anna Mu’awanah mengatakan, pihaknya berpesan kepada kepala desa yang baru dilantik untuk mempercepat pendataan warga miskin yang terdampak pandemi covid-19, untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Kepala Desa juga mensosilasikan kepada masyarakat terkait kriteria yang bakal mendapat BLT DD sesuai dengan Permendes no 6 2020, seperti keluarga kurang mampu selain Penerima PKH, BPNT, BPNTD dan Kartu PraKerja. Serta, warga yang kehilangan penghasilan lantaran adanya pandemi covid-19 dan juga warga atau keluarga yang memiliki sakit kronis,” ungkap Bupati Wanita pertama di Bumi Anging Dharma itu, Senin (4/5/2020).

Masih mneurut Bu Anna – demikian Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, akrab disapa – hal ini juga sangat perlu disampaikan kepada masyarakat agar tidak terjadi salah faham, seperti mengapa orang miskin kok tidak mendapat BLT DD. Padahal untuk mendapatkan bantuan tersebut ada 3 kriteria yang harus dipenuhi.

“Jika alokasi DD tidak cukup dibagikan, makan perlu digelar Musdes (Musyawarah Desa) agar bantuan tersebut bisa tetap sasaran,” tegas Bu Anna.

Masih menurut Bu Anna, bantuan DD sesuai dengan Permendes nomor 6 tahun 2020, masing-masing KK akan mendapatkan bantuan sebesar Rp600 ribu selama tiga bulan, yakni dimulai bulan April, Mei dan Juni.

Sumber Kades Terpilih Desa Tinumpuk, Purwosari, Dilantik Oleh Bupati Bojonegoro, Melalui Video Conference 2
Sumber Kades Terpilih Tinumpuk foto bersama istri dan keluarga usai dilantik oleh Bupati Bojonegoro melalui Video Conference yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Senin (4/5/2020).

“Pada 2 April yang lalu saya juga telah menetapkan, sesuai instruksi dari Bupati Bojonegoro nomor 5 tahun 2020 tentang penganggaran APBDes untuk percepatan penanggulangan covid-19 dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa,” tandasnya.

Sementara itu, Kades Tinumpuk Sumber, saat dimintai komentarnya mengatakan bahwa dirinya merasa sangat bersyukur setelah dilaksanakannya pelantikan oleh Bupati Bojonegoro melalui Video Conference  itu.

“Ini menjadi sejarah bagi kami dan teman-teman Kades Terpilih di Pilkades 2020 yang dilantik melalaui Video Conferene ini. Setelah dilantik, saya langsung start untuk melayani dan membangun Desa Tinumpuk,” katanya bersemangat.

Masih menurut Kades Tinumpuk Sumber, pihaknya akan melaksanakan arahan Bupati segera mendata dan melaksanakan pembagian BLT DD untuk eringankan beban masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 sesuai dengan aturan yang ada.

“Semoga wabah ini segera berlalu dan warga Desa Tinumpuk, bisa bekerja seperti sedia kala. Mohon doanya, semoga saya diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk melanjutkan kepemimpinan dengan melayani masyarakat  dan membangun desa Tinumpuk agar lebih baik lagi,” katanya sambil penuh harap.

**(Yan/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More