ODIES, Solusi Revolusioner Untuk Limbah Pengeboran Minyak

Sukisno

ODIES, Solusi Revolusioner Untuk Limbah Pengeboran Minyak
Bagikan

SURABAYA (RAKYATNESIA) – Mahasiswa Teknik Mesin (TM) menorehkan prestasi dalam lomba National Applied Science Project Olympiad (NASPO) yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Dibawah arahan Prof. Ir. Sudjito, Ph.D., tim membawakan inovasi yang berjudul Oil Drill Injection Energy System (ODIES) dan berhasil meraih medali perak.Tim ini terdiri dari Sa Bashkaran Adi Warman (TM’21), Tegar Tri Saputro (TM’21), Anggit Mardi Makarim (TM’20), Vesakha Kenneth Owenmul (TM’20), dan Try Satrio Putro (TM’19).

“Kami ingin menciptakan solusi revolusioner untuk menangani limbah pengeboran minyak yang selama ini menjadi masalah lingkungan yang serius,” ujar Sa Bashkaran, salah satu anggota tim dalam keterangannya, Jumat (23/2/2024).

ODIES, merupakan pengembangan inovatif limbah pengeboran minyak menuju energi terbarukan dengan injeksi CO2 dan peningkatan H2.Dalam sistem ini, tim menggunakan CO2 sebagai agen injeksi yang akan membantu dalam proses ekstraksi sisa-sisa minyak yang terperangkap di dalam sumur-sumur pengeboran.

Selain itu, dengan meningkatkan kadar H2 dalam proses ini, tim berhasil menghasilkan energi terbarukan, yakni hidrogen, yang dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.“Inovasi ini bukan hanya tentang menangani limbah, tetapi juga tentang bagaimana kita dapat memanfaatkannya sebagai sumber energi yang berguna,” kata Sa Bashkaran.

Tim ini bertekad untuk terus mengembangkan dan mengimplementasikan inovasi mereka untuk memberikan kemanfaatan yang lebih besar bagi lingkungan dan masyarakat. 

**(Sumber: Kominfo Jatim/Red).

Bagikan

Also Read