Pelatihan Membuat Sabun Dari Minyak Jelantah Digelar Komunitas Gemawira Jatim II

120

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Komunitas Gemawira Jatim II membuat program GEMPUR (Gemawira Praktek Usaha Rame-Rame) dengan melatih komunitas Bank Sampah Togamas Bojonegoro membuat sabun dari minyak jelantah (MIJEL)


Pelatihan membuat sabun mijel yang digelar di Jalan Panglima Sudirman No.119, turut Kelurahan Klangon, Kecamatan Bojonegoro Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Minggu, (21/2/2021)

Kegiatan pelatihan tersebut sebagai bentuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, dimana untuk tahun ini mengambil tema Sampah bahan baku ekonomi di masa Pandemic Covid-19


Heni Agustini selaku Komunitas Gemawira Jatim II menuturkan dalam momentum Hari peduli Sampah Nasional tahun 2021, para masyarakat bisa memanfaatkan limbah  Minyak jelantah menjadi sebuah kreasi yang bisa menguntungkan keluarga maupun lingkungan sekitar.


“Pelatihan Sabun Mijel ini nanti bisa menjadi nilai ekonomis untuk para peserta sehingga bisa menambah pendapatan keluarga,” ungkapnya bangga.


Masih dalam penjelasanya bahwa sarana pembuatan sabun mijel inj sangat mudah dan bahanya pun dapat  dijumpai dalam lingkungan kita sehari-hari yaitu minyak jelantah, NaOH , pewarna makanan (optional), parfum dan arang. 


Selain itu, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan betul sampah rumahan untuk bisa dijadikan sebuah wahana edukasi dan wahana ekonomi.


“Seperti pembuatan sabun mijel, hal ini juga bisa membantu pemerintah untuk mengurangi sampah yang ada di lingkungan masing-masing,” pungkasnya.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More