5 Destinasi Wisata Di Surabaya Yang Hemat Di Kantong, Yuk Dicobain

moch akbar fitrianto

destinasi wisata surabaya
Bagikan
Travel – 5 Destinasi Wisata Di Surabaya Yang Hemat Di Kantong, Yuk Dicobain, Tempat wisata di Surabaya sangatlah beragam, mulai dari kawasan wisata bersejarah hingga kawasan wisata buatan untuk keluarga. Meskipun Surabaya lebih dikenal sebagai kota Pahlawan, tapi tempat-tempat wisatanya tak kalah anggun dengan kota-kota besar lain di Indonesia lho. Bahkan, ada beberapa kawasan wisata yang menduduki peringkat teratas sedunia atau se-Asia Tenggara. Hebat, bukan? Rugi jikalau Anda tidak memasukkan salah satu destinasi Surabaya tersebut dalam kegiatan wisata Anda. Mau tahu kawasan wisata mana saja itu? Simak artikel ini hingga selesai ya.

 

5 Lokasi Wisata Hemat Di Surabaya 

Jembatan Suramadu
 Tempat wisata di Surabaya sangatlah bermacam-macam 5 Tempat Wisata di Surabaya yang Murah Meriah
Jembatan Suramadu via nyero.id
Siapa dikala ini yang tidak kenal dengan Jembatan Suramadu? Hampir seluruh rakyat Indonesia mengenalnya. Bahkan, jembatan yang sangat megah tersebut telah menjadi maskot kota Surabaya Sendiri. Surabaya, ya Suramadu.
Jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dengan Pulau Madura (di Bangkalan) tersebut memang memperlihatkan pemandangan eksotis yang tiada duanya. Terlebih jikalau Anda menyaksikannya pada malam hari. Wow…, jembatan megah penuh kerlip lampu akan menghiasi perjalanan Anda selama melintasi jembatan tersebut. Bisa dibilang, dikala ini, jembatan tersebut menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.
Jembatan Suramadu memiliki tiga bagian, ialah jembatan penghubung, jelan layang, dan jembatan utama. Pada dasarnya, jembatan ini merupakan jalan tol, namun bisa dilalui kendaraan roda dua. Karena merupakan jalan tol, setiap yang melewatinya dikenai biaya masuk. Namun, jangan khawatir. Biaya masuk jembatan ini tidaklah mahal, hanya berkisar Rp30.000,00 hingga Rp60.000,00 tergantung dari jenis kendaraan Anda. Bahkan, jikalau Anda memakai sepeda motor, Anda sanggup melenggang di atasnya secara gratis. Menarik, bukan?
Kebun Binatang Surabaya
 Tempat wisata di Surabaya sangatlah bermacam-macam 5 Tempat Wisata di Surabaya yang Murah Meriah
Kebun Binatang Surabaya via jejakbocah.com
Kebun binatang memang menjadi favorit banyak orang, terutama anak-anak. Tak heran jikalau kebun binatang selalu banyak pengunjungnya di setiap liburan sekolah. Tak terkecuali Kebun Binatang Surabaya (KBS). Bahkan, KBS pernah menjadi kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara. Hebat, bukan? Di KBS ini terdapat 351 spesies binatang, termasuk binatang langka di Indonesia maupun dunia.

 

Meskipun menjadi salah satu kebun binatang terpopuler di Indonesia, perkembangan KBS mengalami pasang surut. Bahkan, pada tahun 2010, Kementerian Kehutanan mencabut izin KBS dikarenakan banyaknya binatang yang mati dan terjangkit penyakit lantaran tidak terurus dengan baik. Namun kini, setahap demi setahap, pihak pengelola terus melaksanakan perbaikan.

 

Baca juga :  10 Destinasi Wisata Tuban Yang Wajib Kamu Kunjungin, No 5 Paling Ngehits

Untuk masuk ke kebun binatang terluas di Asia Tenggara dan menikmati semua satwa yang ada di dalamnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Setiap orang hanya dikenakan biayan Rp15.000,00. KBS layak untuk Anda kunjungi bersama keluarga lantaran bisa menjadi kawasan pendidikan sekaligus laboratorium hidup yang menyegarkan. Pokoknya, rugi kalau anak Anda belum pernah melihat semua satwa di KBS ini.
Museum House of Sampoerna
 Tempat wisata di Surabaya sangatlah bermacam-macam 5 Tempat Wisata di Surabaya yang Murah Meriah
Museum House of Sampoerna via sampoerna.com
Surabaya merupakan gudangnya kawasan wisata sejarah. Salah satunya House of Sampoerna. Tempat ini merupakan sebuah museum bergaya kolonial Belanda. Di penggalan depan gedung utama museum terdapat empat buah pilar besar, semakin mengukuhkan kemegahan dari gedung ini.
Museum ini terdiri dari tiga bagian, ialah gedung utama yang diapit dua gedung di kanan dan kirinya. Sebelah kanan gedung utama merupakan kawasan tinggal Keluarga Sampoerna, sedangkan gedung sebelah kiri gedung utama merupakan kafe dan galeri seni. Sementara itu, gedung utama merupakan kawasan disimpannya aneka macam warta perihal Keluarga Sampoerna, sekaligus sebagai kawasan produksi pembuatan salah satu rokok terkenal di Indonesia. Sejarah jatuh bangkit Keluarga Sampoerna dalam menjalankan perjuangan tersebut.
Tak heran, begitu masuk gedung utama, Anda akan disambut dengan aroma tembakau yang khas dan senyuman ramah petugas perempuan museum. Berbagai alat kuno hingga modern untuk menciptakan rokok juga terpampang di kawasan ini. Anda juga bisa membeli aneka macam souvenir khas Surabaya di lantai 2. Berbagai kegiatan sering diselenggarakan di kawasan ini, dan bisa Anda nikmati secara gratis. Oke punya, bukan?
Ciputra Waterpark
 Tempat wisata di Surabaya sangatlah bermacam-macam 5 Tempat Wisata di Surabaya yang Murah Meriah
Ciputra Waterpark via youtube.com
Buat Anda yang memiliki hobi berenang, di sinilah kawasan yang paling pas buat Anda. Ciputra Waterpark merupakan wahana wisata air terbesar di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Terinspirasi dari kisah Petualangan Sinbad, di dalam kawasan wisata ini, tersedia aneka macam wahana ibarat Sirens River, Marina Lagoon, Roc Tower, Chimera Pool, Syracuse Beach, dan Sinbad Playground. Di setiap wahana selalu ditampilkan  aneka macam atraksi menarik dengan memakai teknologi canggih, sehingga diharap bisa menarik pengunjung. Untuk problem keamanan, jangan khawatir, dijamin aman.
Waterpark ini buka setipa hari Selasa hingga Jumat, mulai pukul 14.00–19.00. Namun, jikalau selesai pekan dan hari libur, buka mulai pukul 08.00–20.00. Untuk tiket masuk, tidaklah mahal. Setiap orang hanya dipatok biaya Rp60.000,00. Bahkan, bagi anak yang memiliki tinggi di bawah 80 cm dan lansia berusia di atas 60 tahun tanpa biaya alias gratis. Nah, untuk semkain menjamin kepuasan Anda di kawasan wisata ini, ada tips khusus yang bisa Anda persiapkan sebelum masuk.

 

Baca juga :  10 Daftar Destinasi Wisata Lamongan Jawa Timur, Yang Bikin Selalu Kangen

 

a.  Akan lebih ekonomis jikalau membeli tiket di pinggir jalan (biasanya memakai mobil). Sebab, selisihnya bisa mencapai Rp5.000,00. Anda tidak perlu khawatir tiketnya palsu, lantaran yang ngeluarin sendiri dari pihak pengelola kawasan wisata untuk mengurangi antrean panjang di loket utama. Hal ini terlihat dari mobilnya yang memiliki gambar Ciputra Watepark.
b.  Tidak usah membawa makanan, lantaran di pintu loket ada petugas yang akan mengusut barang bawaan Anda. Anda hanya bisa mengonsumsi masakan dengan membeli di dalam kawasan wahana. Memang sih harganya lebih mahal, tapi yummy kok.
c.  Saat masuk, Anda akan diberi kartu kecil untuk membeli apa pun di dalam wahana. Namun, Anda harus mengisinya (top up) terlebih dahulu. Jangan khawatir, uang sisa akan dikembalikan di pintu keluar, meskipun hanya tinggal 1.000 rupiah.
d.  Dalam promosi memang dikatakan free masakan dan minuman. Namun, jangan membayangkan sanggup makan kardus dan softdrink, ya. Sebab, Anda hanya akan mendapat 1 mi cup dan 1 gelas air minum 229 ml. Jadi, Anda memang harus menyediakan banyak uang di dalam kartu kecil tersebut untuk membeli masakan dan minuman di sana. Kecuali, jikalau Anda puasa selama di sana. Hehehe….
e.  Gunakan selalu sunblock, lantaran panas di sana cukup terik. Apalagi jikalau Anda berenang di tengah hari.
Pantai Kenjeran
 Tempat wisata di Surabaya sangatlah bermacam-macam 5 Tempat Wisata di Surabaya yang Murah Meriah
Pantai Kenjeran via medium.com
Buat Anda yang bahagia dengan wisata alam, bisa mengunjungi kawasan ini. Sesuai namanya, Pantai Kenjeran terletak di Kecamatan Kenjeran, Surabaya. Pemandangan alam yang eksotis dipadukan dengan deburan ombak yang menghantam bibir pantai akan memanjakan Anda. Uniknya lagi, selain memperlihatkan keindahan alam khas pantai dengan batu-batu karangnya, di kawasan ini juga disediakan sarana bermain anak, kawasan olahraga air, dan taman yang asri. Pemandangan ini semakin lengkap dengan pesona Jembatan Suramadu yang tampak dari bibir pantai.
Untuk mendapat aneka macam keindahan dan kenikmatan berwisata di sini, Anda tidak perlu merogoh kantong dalam. Sebab, setiap orang hanya dikenakan biaya Rp4.000,00. Plus parkir motor Rp8.000,00 dan parkir kendaraan beroda empat Rp10.000,00. Cukup murah, bukan? Tak rugi deh jikalau Anda mengisi liburan Anda dengan mengunjungi salah satu kawasan wisata di Surabaya.

 

Destinasi Wisata Di Surabaya

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar