Cara ‘Mabar’ Permainan Genshin Impact Di Android, Ios, Ps4 Dan Pc Sekaligus

moch akbar fitrianto

Bagikan

Cara 'Mabar' Permainan Genshin Impact di Android, iOS, PS4 dan PC Sekaligus

TRIBUNJOGJA.COM – Setelah popularitas game-game online semisal PUBG, Mobile Legend, Fortnite, Free Fire, Clash of Clans dan lainnya, sekarang game petualangan Genshin Impact juga sepertinya mulai naik daun.

Game besutan Mihoyo ini memang mengobrol mode gameplay memukau yang bisa dimainkan dengan saudara alias dapat ‘mabar’, yakni dalam mode Co-Op.

Seperti namanya, mode ini memungkinkan empat orang bermain bantu-membantu dalam dunia “Teyvat” secara online, pastinya dengan perangkat masing-masing.

Menariknya, mode Co-Op di game ini juga mendukung cross-play. Artinya, pemain PC, Android, iOS, dan PS4 dapat bermain bantu-membantu tanpa dalam satu arena asalkan masih dalam server yang sama.

Meski demikian, ada beberapa syarat yang mesti dikenali sebelum pengguna jalan serempak di Genshin Impact.

Cara mabar Genshin Impact

Mode Co-Op Genshin Impact
Mode Co-Op Genshin Impact (kompas tekno)

Pertama-tama, tingkat petualangan (Adventure Rank/AR) pengguna minimal mesti berada di level 16. Sebab, mulai level itu lah mode Co-Op dapat terbuka dan dimainkan.

Level AR sendiri dapat dinaikkan secara perlahan dengan menyelesaikan beraneka ragam misi (quest).

Lantas, bagaimana cara mengakses mode Co-Op tersebut?

Pertama-tama, klik ikon “Paimon” yang terletak di pojok kiri atas performa utama.

Lalu, pilih santapan “Co-Op Mode” pada gugusan ikon yang berada di bawah profil pengguna. Selain melalui ikon “Paimon”, pengguna juga dapat mengklik ikon pintasan “Co-Op Mode” yang terletak di sebelah kanan ikon yang mirip “mata”.

Setelah meng-klik ikon mode Co-Op, pengguna dapat menyaksikan sejumlah pemain yang sedang online, lengkap dengan rincian nama dan levelnya.

Di sini, mereka dapat meng-klik tombol “Request to Join” untuk bermain bareng orang yang dipilih.

Perlu dicatat, daftar pemain ini ditampilkan secara acak (random) oleh sistem, sehingga apabila belum mendapatkan yang sesuai, pengguna dapat keluar dengan meng-klik ikon “X” di pojok kanan atas dan kembali mengakses santapan “Co-Op Mode”.

Cara bergabung ke ruangan permainan Genshin Impact
Cara bergabung ke ruangan permainan Genshin Impact (kompas tekno)

Namun, apabila pengguna ingin bermain bareng teman dekat yang sudah memiliki akun Genshin Impact dengan level AR 16 di server yang sama, mereka dapat memasukkan user ID (UID) temannya kolom yang tersedia.

Kemudian, klik tombol “Search” dan “Request to Join”.

Beberapa di saat kemudian, pengguna bakal dialihkan ke dunia Teyvat milik pemain yang menjadi host.

Cara menjadi host Genshin Impact

Lantas, bagaimana kalau pengguna ingin menjadi host? Genshin Impact sendiri tidak menawarkan tombol atau santapan khusus untuk menjadi host dalam mode Co-Op.

Nah, triknya yakni pengguna dapat meminta kerabatnya masing-masing untuk memasukkan UID host di performa Co-Op tadi.

Sehingga nantinya pengguna bisa menjadi host ruangan.

Permainan dimulai Apabila sudah memutuskan teman dekat main, para pemain akan dikumpulkan dalam satu peta (map) yang sama.

Di sini, pemain cuma dapat menggunakan fitur percakapan (chat) untuk berkomunikasi.

Fitur percakapan bunyi (voice chat) belum tersedia di game ini.

Terlepas dari itu, sama mirip mode reguler, mode Co-Op sendiri mengijinkan pemain membentuk satu tim (party) yang optimal terdiri dari empat karakter.

Apabila yang ikut serta dalam party ada dua pemain, maka mereka masing-masing dapat menggunakan dua abjad yang bisa dimainkan.

Kemudian, apabila ada tiga pemain, maka host akan kebagian dua abjad yang bisa dimainkan, sementara dua yang lain bakal dibagi rata ke dua pemain.

Terakhir, apabila ada empat orang, maka pemain cuma dapat memutuskan masing-masing satu karakter.

Berapapun jumlah pemainnya, pengguna diwajibkan untuk memutuskan abjad yang ingin dimainkan, mudah-mudahan pencarian berlangsung dengan mulus.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Fandom, Minggu (6/12/2020), pemain dapat membasmi beraneka ragam monster yang tersebar di penjuru peta, memasak, berburu sumber daya, dan lain sebagainya.

Perlu dicatat, pengguna tidak bisa menyelesaikan misi yang bermitra dengan dongeng (Story Quest) bantu-membantu di mode Co-Op.

Sebagai gantinya, mereka dapat menelusuri banyak sekali misi yang lain yang tidak ada relevansinya dengan jalan dongeng Genshin Impact, mirip World Quest, misi tambahan (Commission), Elemental Crucible, dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana kalau pengguna ingin keluar dari mode Co-Op dan melanjutkan Story Quest mirip sedia kala?

Pemain dapat kembali mendatangi santapan “Co-Op Mode” dan meng-klik tombol “Leave Team”. (*)

==

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul “Pemain Genshin Impact di Android, iOS, PC, dan PS4 Bisa “Mabar”, Begini Caranya”

Bagikan

Also Read

Tags