Wabah Hepatitis A Mengintai di Gaza: Kondisi Pengungsian Penuh Sesak Menjadi Pemicu

Panjoel Kepo

Wabah Hepatitis A Mengintai di Gaza: Kondisi Pengungsian Penuh Sesak Menjadi Pemicu
Bagikan

rakyatnesia.com – Epidemi hepatitis A kini menjadi ancaman serius di Jalur Gaza, dan Kementerian Kesehatan Gaza menyoroti bahwa penyebaran penyakit ini dipicu oleh kondisi padat di daerah pengungsian.

Pihak kementerian kesehatan memberikan peringatan mengenai penundaan pemeriksaan tes hitung darah lengkap (CBC) yang bisa terjadi kapan saja, disebabkan oleh kekurangan bahan yang diperlukan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Dilansir dari Anadolu Agency, kondisi sulit yang dihadapi oleh para pengungsi semakin diperparah oleh keadaan di tempat-tempat pengungsian, yang kurang memiliki toilet, fasilitas sanitasi, dan terdapat banyak sampah menumpuk di sekitar tenda-tenda yang baru dibangun.

Situasi yang memprihatinkan ini juga diperburuk oleh kelangkaan air bersih di kamp-kamp pengungsian, karena banyaknya pengungsi yang berjuang untuk melindungi diri dari dampak polusi dan kekurangan kebersihan.

Menurut PBB, 85 persen populasi di Gaza telah menjadi pengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan. Sementara 60 persen infrastruktur di wilayah tersebut sudah rusak atau hancur.

Dikutip dari Mayo Clinic, hepatitis A merupakan infeksi hati yang sangat menular yang disebabkan virus hepatitis A. Virus ini salah satu dari beberapa jenis virus hepatitis yang menyebabkan peradangan hati dan mempengaruhi kemampuan fungsi hati.

Kemungkinan besar seseorang tertular hepatitis A dari makanan atau air yang terkontaminasi atau dari kontak dekat dengan orang atau benda yang terinfeksi. Kasus hepatitis A yang ringan tidak memerlukan pengobatan. Kebanyakan orang yang terinfeksi sembuh total tanpa kerusakan hati permanen.

Gejala hepatitis A biasanya muncul beberapa minggu setelah tertular virus. Namun, tidak semua penderita hepatitis A mengalami gejala. Gejala yang muncul seperti:

  • Kelelahan dan kelemahan yang tidak biasa
  • Tiba-tiba mual dan muntah serta diare
  • Sakit atau ketidaknyamanan perut, terutama di sisi kanan atas di bawah tulang rusuk bagian bawah, yang berada di atas hati
  • Kotoran berwarna tanah liat atau abu-abu
  • Kehilangan selera makan
  • Demam ringan
  • Urine berwarna gelap
  • Nyeri sendi
  • Menguningnya kulit dan bagian putih mata Anda (penyakit kuning)
  • Gatal yang hebat

Gejala-gejala ini mungkin relatif ringan dan hilang dalam beberapa minggu. Namun terkadang, hepatitis A menyebabkan penyakit parah yang berlangsung beberapa bulan.

Bagikan

Also Read