Benjamin Netanyahu Berpendapat Tanpa Bencana Kemanusiaan di Gaza Meski Terancam

Panjoel Kepo

Benjamin Netanyahu Berpendapat Tanpa Bencana Kemanusiaan di Gaza Meski Terancam
Bagikan

rakyatnesia.com – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, sekali lagi mengungkapkan pandangannya bahwa tidak ada bencana kemanusiaan yang terjadi di Jalur Gaza, Palestina, meskipun wilayah tersebut kini tengah mengalami situasi sulit.

Dalam pertemuan dengan utusan Amerika Serikat yang menangani situasi kemanusiaan di Gaza, Netanyahu menyatakan bahwa saat ini “tidak ada bencana kemanusiaan di Gaza,” kontrast dengan kekhawatiran global terkait kondisi di sana.

Pernyataan ini menambah daftar pernyataan serupa yang telah disampaikan oleh pejabat Israel sepanjang konflik, meskipun pasukan militer mereka melancarkan serangan intensif di berbagai wilayah Gaza, termasuk fasilitas-fasilitas publik.

Tentunya, pernyataan ini berseberangan dengan realitas di lapangan yang tercermin dalam berbagai foto, video di media sosial, dan laporan langsung dari para pewarta perang.

Data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahkan mencatat warga Gaza kini sudah di ambang kelaparan hebat.

Lebih dari satu juta orang kelaparan dan dua juta orang mengungsi.

Dengan situasi demikian, Israel masih juga tak mengakui bencana kemanusiaan mengerikan yang mereka timbulkan sebagai akibat dari agresi.

Hingga kini, agresi Israel yang sudah diluncurkan sejak Oktober lalu telah menewaskan lebih dari 24.200 orang, mayoritas anak-anak dan perempuan.

Amerika Serikat, selaku sekutu dan pemasok senjata Israel, sudah mulai mendesak Tel Aviv untuk mengizinkan banyak bantuan kemanusiaan memasuki Gaza.

Kendati begitu, desakan itu seolah memantul karena Presiden AS Joe Biden sendiri bahkan dikabarkan mulai frustrasi dengan Israel yang bebal dan tak mau mendengarkan permohonan Washington.

Bagikan

Also Read