AS Ajukan Permohonan Bantuan Pangeran Saudi MbS untuk Rekonstruksi Gaza Pasca Agresi Israel

Panjoel Kepo

AS Ajukan Permohonan Bantuan Pangeran Saudi MbS untuk Rekonstruksi Gaza Pasca Agresi Israel
Bagikan

rakyatnesia.com – Amerika Serikat telah meminta bantuan dari Pangeran Mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MbS), untuk mendukung upaya rekonstruksi Gaza setelah serangkaian agresi yang dilakukan oleh Israel.

Menurut beberapa pejabat AS, MbS telah berkomitmen untuk memberikan bantuan dalam pembangunan kembali Gaza, seperti yang dilaporkan oleh NBC News pada Rabu (18/1).

Dalam konteks perjanjian rekonstruksi Gaza, MbS kabarnya menawarkan normalisasi hubungan dengan Israel, namun dengan syarat tertentu.

Pejabat AS menyatakan bahwa Arab Saudi hanya bersedia untuk normalisasi dengan Israel jika Palestina mencapai kemerdekaan.

Mereka juga mengatakan para pemimpin Arab sepakat mendukung pemerintahan baru Palestina usai reformasi demi mengamankan Gaza.

Sikap Negeri Paman Sam dan Arab itu muncul usai Menteri Luar Negeri Antony Blinken melawat ke Timur Tengah pada pekan lalu.

Blinken mencoba untuk melobi negara Arab dan Israel soal pembangunan kembali Gaza pasca agresi pasukan Zionis. Sebagai salah satu buah tangan lawatan ini, dia mendapat komitmen MbS.

Namun usulan AS terkait rekonstruksi Gaza tak mendapat respons positif dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, termasuk syarat normalisasi Saudi.

Sumber yang mengetahui pertemuan Blinken dan Netanyahu mengatakan posisi Israel menentang proposal tersebut.

Netanyahu selama ini bersikeras menolak kemerdekaan Palestina dan membuat solusi dua negara sulit tercapai.

Solusi dua negara merupakan kerangka perdamaian yang disepakati komunitas internasional untuk membentuk dua negara yang saling berdampingan, hidup damai, saling menghargai, dan saling mengakui kedaulatan.

Melihat sikap Netanyahu, pejabat AS mengatakan aspirasi perdamaian regional yang tahan lama di Timur Tengah mungkin menunggu pemerintahan pasca-Netanyahu.

“[Dia] tak akan di sana selamanya,” ujar pejabat itu.

Bagikan

Also Read