Bank Sampah PC Fatayat NU Terima Bantuan Kendaraan Roda Tiga Dari DLH Bojonegoro

137

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, memberikan bantuan  kendaraan pengangkut sampah ke kelompok Bank Sampah Bojonegoro.

Bantuan kendaraan roda tiga dan perlengkapan lainnya  yang diberikan itu, merupakan kepedulian pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, dalam pengendalian volume sampah yang ada di wilayahnya itu.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah berkenan menyerahkan bantuan kendaraan roda tiga dengan berbagai peralatanya itu, yang digelar di halaman Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro di Jalan P. Mas Tumapel Nomor 1, Bojonegoro, Kamis (14/1/2021).

Dalam kata sambutanya Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awannah mengajak dan mengkampanyekan kepada masyarakat Bojonegoro untuk lebih ramah lingkungan, dengan memanfaatkan limbah rumah tangga yang masih bisa digunakan.

“Misalnya, bagi ibu-ibu yang selesai membersihkan beras bekas airnya jangan dibuang begitu saja, tetapi gunakanlah untuk menyiram tanaman di sekitar rumah agar tanaman atau pepohonan di sekitar rumah menjadi lebih subur dan dapat menghasilkan banyak oksigen tentunya,” ucapnya.

Bupati Bojonegoro yang akrab disapa Bu Anna itu menambahkan bahwa pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya sehingga sampah tak berserakan sehingga mudah saat dibersihkan. 

“Dengan adanya bantuan kendaraan dari Dinas Lingkungan Hidup dapat menjadi upaya untuk mempermudah masyarakat dalam pengendalian sampah khususnya di wilayah Bojonegoro ini,” imbuhnya.

Bu Anna juga berharap dengan adanya kerjasama DLH dengan PC (Pengurus Cabang) Fatayat NU itu, agar dapat menginspirasi organisasi- organisasi lain untuk ikut serta dalam pengendalian sampah di wilayahnya masig-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro Hanafi mengatakan bahwasanya penduduk Bojonegoro sekitar 1,3 juta. Setiap harinya satu orang menyumbang 0,4 kilogram sampah dan setiap harinya sampah yang tertumpuk sebanyak 550 ton perhari.

Guna mengatasi penumpukan sampah di masyarakat, maka pihak Pemkab Bojonegoro melalui DLH Bojonegoro memiliki upaya mengurangi volume sampah adalah dengan adanya Bank Sampah yang ada di masyarakat tersebut.

“Sejauh ini, di Bojonegoro terdapat 165 kelompok Bank sampah yang tersebar di 20 Kecamatan,” ujarnya.

Adanya bantuan kendaraan pengangkut sampah, Hanafi berharap dapat memberikan semangat dan sebagai bentuk apresiasi kepada pengelola sampah yang ikut andil dalam pengendalian sampah di Bumi Angling Dharma ini.

Selain Bupati Bojonegoro Anna Muawannah, hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro Hanafi, perwakilan kelompok Bank Sampah, serta PC Fatayat Bojonegoro,

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More