Berita

Tragedi di Terowongan: 5 Sandera Israel yang Ditawan Hamas Ditemukan Tewas di Jalur Gaza

rakyatnesia.com – Militer Israel mengumumkan pada hari Minggu bahwa sebanyak 5 sandera Israel, yang ditawan oleh Hamas, ditemukan tewas di dalam jaringan terowongan bawah tanah di Jalur Gaza Utara.

Rekaman video menunjukkan kondisi kamar mandi berlantai putih dan ruang kerja yang terhubung oleh lorong-lorong gelap dari beton.

Dilansir oleh Reuters pada Senin (25/12/2023), publikasi ini meninggalkan banyak pertanyaan tentang penyebab kematian mereka. Juru Bicara Militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan bahwa pemeriksaan mayat post-mortem masih tertunda.

“Kami akan memberikan informasi kepada keluarga dan kemudian, tergantung pada persetujuan mereka, kepada masyarakat,” kata Hagari.

Tiga tentara dan dua warga sipil termasuk di antara 240 orang yang dibawa ke Jalur Gaza oleh kelompok bersenjata Hamas pada 7 Oktober, memicu pecahnya perang. Militer Israel mengumumkan pemulangan jenazah tersebut awal bulan ini.

Baca Juga  Daftar 10 Pencetak Gol Terbanyak/Top Skor Chelsea Sepanjang Masa

Hamas pekan lalu menerbitkan video yang menunjukkan tiga sandera masih hidup di sebuah kamar tidur sempit, berubin putih, dan tanpa jendela, serta dilengkapi stopkontak listrik.

Dalam bahasa Ibrani yang ditujukan ke Israel, Hamas menyatakan, “Senjata militer Anda membunuh ketiganya.”

Hamas sebelumnya mengatakan beberapa sandera tewas dalam penembakan Israel di Gaza. Hamas juga sempat mengancam akan mengeksekusi sandera.

Baca Juga  Daftar 10 Pemain Bintang Argentina Termahal Sepanjang Masa

Sementara itu, publikasi militer Israel pada Minggu muncul saat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Israel akan memperdalam operasi dalam perang yang telah berlangsung hampir 12 minggu ini, yang telah menimbulkan kekhawatiran bagi negara-negara Barat yang juga mengkhawatirkan 129 sandera yang tersisa di Gaza.

Dalam video yang dirilis militer Israel menunjukkan para insinyurnya berada di jaringan terowongan yang gelap dan berdebu. Militer Israel menyebut terowongan tersebut memiliki dua lantai, satu di bawah 10 meter dan yang lainnya lebih dalam ‘puluhan meter’.

Militer Israel menyebut satu terowongan menuju ke rumah Ahmad Al Ghandour, Kepala Brigade Hamas di Gaza Utara. Hamas menyatakan dia dan beberapa komandan lainnya tewas dalam aksi pada 26 November. Israel mengatakan mereka menjadi sasaran salah satu serangan udaranya.

Baca Juga  Daftar Pemain Bintang yang Berpindah Antara AC Milan dan Juventus : Roberto Baggio, Pirlo, Higuain Sampai Kalulu

Video tersebut menunjukkan bagian terowongan yang dilapisi ubin putih, serta kamar mandi berdesain serupa dengan pancuran dasar, toilet, dan wastafel, serta ruang kerja dengan meja sudut dan bangku. Satu terowongan memiliki dispenser air minum dan tumpukan peluru.

Namun video militer Israel tersebut tidak menyertakan gambar yang sesuai dengan kamar tidur para sandera yang ditampilkan dalam video Hamas, yang langit-langitnya tampak didesain berbeda meskipun juga dilapisi ubin putih.

Panjoel Kepo

Jurnalis Media Rakyatnesia.com berpengalaman dari Kota Soto Lamongan, Lihai menulis berbagai macam informasi, mulai dari olahraga, entertainment, Musik dunia viral media sosial dan berbagai macam lainnya.

Related Articles

Back to top button