Berita

Israel Mulai Membanjiri Terowongan Hamas: Langkah Kontroversial untuk Menghancurkan Infrastruktur

rakyatnesia.com – Israel dilaporkan telah memulai upaya membanjiri beberapa terowongan dengan air laut yang menjadi tempat persembunyian Hamas di sepanjang Jalur Gaza.

Tindakan ini merupakan bagian dari usaha militer Israel untuk menghancurkan jaringan bawah tanah yang digunakan oleh kelompok Hamas.

Berdasarkan sumber yang dikutip, seorang pejabat Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa Israel melakukan uji coba metode ini dengan hati-hati, terbatas pada skala kecil. Jika berhasil, rencananya adalah meningkatkan banjir hingga dapat merusak jaringan terowongan dalam skala yang lebih besar.

Meskipun demikian, metode ini dianggap sulit dan kontroversial. Meskipun diterapkan dengan jumlah air yang cukup dan tekanan yang tinggi, kemungkinan keberhasilannya hanya sebagian.

Panjang terowongan Hamas yang mencapai ratusan kilometer menjadi tantangan tersendiri. Metode ini juga memiliki risiko mencemari pasokan air bersih dan merusak infrastruktur yang masih utuh di permukaan.

Baca Juga  Victoria Secret Fashion Show 2024: Siapa Supermodel Terkaya di Panggung Peragaan Busana Tahun Ini?

Membanjiri terowongan juga bisa membunuh sandera yang masih ditahan Hamas di Gaza, sebagian besar diyakini berada di bawah tanah. Israel bahkan tak yakin apa metode ini akan berhasil atau tidak, kata pejabat Amerika tersebut. Namun mereka coba berhati-hati untuk hanya menguji di terowongan yang diyakini tidak ada sandera.

Sampai berita ini diturunkan, tentara Israel belum merespons atas apa dampak yang akan terjadi, akibat aksinya membanjiri terowongan dengan air laut.

Juru Bicara Hamas mengatakan, sejatinya mereka membangun terowongan termasuk untuk menahan upaya membanjirinya. “Terowongan itu dibangun insinyur terlatih dan terdidik yang mempertimbangkan semua kemungkinan serangan dari penjajah, termasuk pemompaan air,” kata Juru Bicara Hamas Osama Hamdan pada konferensi pers di Ibu Kota Lebanon, Beirut, mengutip CNN, Minggu (17/12/2023).

Baca Juga  Memperkenalkan Pusat Baru untuk Sumber Global Daring di Indonesia

Terowongan secara historis digunakan sebagai sarana peperangan termasuk oleh Al Qaeda di pegunungan Afghanistan dan oleh Viet Cong di hutan-hutan Asia Tenggara.

Namun, terowongan Hamas unik. “Mereka sangat inovatif dalam kedalamannya, dalam kecanggihannya, dalam penggaliannya, dalam perangkapnya,” kata Danny Orbach, sejarawan militer di Universitas Ibrani Yerusalem.

Struktur bawah tanah tersebut diduga dibangun di bawah sebagian besar Jalur Gaza, wilayah padat penduduk yang ditinggali lebih dari 2 juta orang. Terowongan Hamas cukup besar untuk menampung pejuang Hamas dewasa, persenjataan, barang, dan bahkan mobil.

Ada yang diperkuat dengan dinding semen tebal atau dipisahkan pintu besi, dan tidak semuanya tersambung. Skala uji coba yang dilakukan militer Israel tidak jelas, berapa banyak air dan berapa banyak tekanan untuk membanjirinya atau terowongan mana yang jadi sasaran.

Baca Juga  How to target the right people for WhatsApp broadcast?

Agar operasi berhasil, tekanan yang digunakan untuk memompa air ke dalam terowongan harus cukup tinggi agar tidak hanya menghancurkan dinding semen, tetapi juga pintu besi tebal yang memisahkan beberapa di antaranya. Hal ini dinilai menjadi tantangan besar.

Proses banjir pun dapat menimbulkan dampak buruk terhadap wilayah Gaza. Membanjiri terowongan di bawah kawasan berpenduduk berisiko merusak infrastruktur yang masih utuh dan mencemari sumber air tawarnya

Menurut Amnesty International, satu-satunya sumber air tawar di wilayah ini, Akuifer Pesisir, sudah semakin terkuras akibat ekstraksi berlebihan dan terkontaminasi oleh infiltrasi limbah dan air laut.

Jika seluruh jaringan terowongan terendam banjir, bangunan di atasnya juga bisa runtuh. Menurut Orbach, kerusakannya bisa parah karena banyak di antaranya berada di bawah infrastruktur sipil.

Panjoel Kepo

Jurnalis Media Rakyatnesia.com berpengalaman dari Kota Soto Lamongan, Lihai menulis berbagai macam informasi, mulai dari olahraga, entertainment, Musik dunia viral media sosial dan berbagai macam lainnya.

Related Articles

Back to top button