Berita

Kontroversi Gencatan Senjata: Posisi Netanyahu di Ambang Kekalahan

rakyatnesia.com – Situasi di internal Israel semakin memanas karena mitra koalisi sayap kanan Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu tidak setuju dengan keputusan gencatan senjata bersama Hamas di Gaza.

Tiga menteri dari partai sayap kanan Jewish Power, yang dipimpin oleh Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir, menentang kesepakatan tersebut.

Sementara itu, anggota Partai Zionis Religius yang memiliki pendekatan serupa dibujuk untuk mendukungnya setelah perdebatan sengit dalam rapat kabinet Israel pada Selasa (21/11/2023) malam.

Kesepakatan tersebut melibatkan pembebasan 50 wanita dan anak-anak yang disandera di Gaza sebagai imbalan atas gencatan senjata selama empat hari dan pembebasan 150 tahanan Palestina di Israel, dengan kemungkinan pembebasan lebih banyak dari kedua belah pihak.

Keputusan ini diambil setelah beberapa minggu Netanyahu secara vokal menentang penghentian serangan militer Israel terhadap Hamas di Gaza.

Baca Juga  Memperkenalkan Pusat Baru untuk Sumber Global Daring di Indonesia

PM Netanyahu juga menghadapi tekanan politik yang meningkat, dengan dukungan pemilihnya menurun sejak peristiwa pembantaian pada 7 Oktober oleh Hamas.

Di tengah tanda-tanda peringatan bagi Netanyahu, yang bergantung pada dukungan dari partai sayap kanan untuk tetap berkuasa, Ben-Gvir mengkritik keras kesepakatan tersebut pada hari Rabu.

“Kami tidak berhak menyetujui pemisahan mereka dan hanya sebagian saja yang kembali,” ujarnya, seperti dikutip The Guardian.

Baca Juga  Prediksi Skor Liverpool vs. Chelsea, Jadwal Super Sunday Big Match Liga Inggris,  20 Oktober 2024

“Dan kami jelas tidak dapat menerima garis besar yang menyatakan pembebasan teroris perempuan dan anak di bawah umur jika kami tidak berhasil mendapatkan kembali semua orang,” tambahnya, menambahkan bahwa gencatan senjata hanya menguntungkan Hamas.

Bocoran dari rapat kabinet menunjukkan bahwa Ben-Gvir juga mengatakan bahwa keputusan untuk mendukung kesepakatan tersebut mengancam “kerusakan generasi yang akan sangat merugikan kita”.

Namun dukungan dari Menteri Keuangan Bezalel Smotrich dan Partai Zionis Religius, mewakili kemenangan bagi Netanyahu dan sekutu seniornya.

Dukungan terhadap kesepakatan tersebut nampaknya semakin kuat seiring dengan keputusan Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan para pejabat senior di Pasukan Pertahanan Israel, serta badan intelijen dalam negeri Shin Bet yang mendukung kesepakatan, meskipun hal tersebut berarti memperlambat laju serangan.

Baca Juga  Daftar 50 Transfer Pesepakbola Termahal Sepanjang Masa

“Para menteri Partai Zionis Religius yakin bahwa ini adalah pencapaian yang sesuai dan memajukan tujuan perang dan tidak akan merugikan mereka,” kata partai tersebut dalam sebuah pernyataan setelah pemungutan suara.

“Ini adalah kesepakatan dengan harga rendah yang merupakan akibat dari tekanan yang diberikan kepada [pemimpin Hamas Yahya] Sinwar, kesepakatan yang akan membebaskan banyak perempuan dan anak-anak, dan sebuah langkah yang memiliki waktu terbatas dan mencakup mekanisme yang jelas untuk mencegah erosi. Segera setelah itu, perang akan terus berlanjut hingga Hamas hancur.”

Pembicaraan seputar gencatan senjata dengan imbalan pembebasan sandera telah memperlihatkan upaya Netanyahu dan kabinetnya untuk menyeimbangkan dua kubu di internal Israel yang saling bersaing.

Panjoel Kepo

Jurnalis Media Rakyatnesia.com berpengalaman dari Kota Soto Lamongan, Lihai menulis berbagai macam informasi, mulai dari olahraga, entertainment, Musik dunia viral media sosial dan berbagai macam lainnya.

Related Articles

Back to top button