Berita

Militer Israel Klaim Hampir Hancurkan Sistem Militer Hamas dan Kuasai Pelabuhan Gaza

rakyatnesia.com – Pasukan militer Israel mengklaim bahwa mereka hampir berhasil menghancurkan sistem militer Hamas di wilayah Jalur Gaza bagian utara.

Selain itu, militer Tel Aviv menyatakan berhasil mengambil alih kendali operasional atas pelabuhan Gaza yang sebelumnya dikuasai oleh kelompok Hamas.

Kepala Staf Militer Israel, Letnan Jenderal Herzi Halevi, menyampaikan klaim tersebut pada Jumat (17/11/2023), seiring berlanjutnya operasi darat dan serangan Israel di Jalur Gaza yang telah berada di bawah kendali Hamas sejak tahun 2007.

“Hampir berhasil menghancurkan sistem militer yang ada di Jalur Gaza bagian utara. Kami akan menyelesaikannya,” ujar Halevi dalam pernyataannya, meskipun tidak dijelaskan secara spesifik mengenai detail operasi Israel dalam menghancurkan sistem militer Hamas.

Baca Juga  Prediksi Skor Liverpool vs. Chelsea, Jadwal Super Sunday Big Match Liga Inggris,  20 Oktober 2024

Militer Israel, dalam pernyataannya pada Kamis (16/11) waktu setempat, juga mengklaim pasukannya telah mengambil alih kendali operasi pelabuhan Gaza, yang selama ini dikendalikan oleh Hamas.

“Dalam operasi yang melibatkan para prajurit Korps Teknik Tempur dan Angkatan Udara, sekitar 10 terowongan teror dan empat bangunan yang digunakan untuk teror telah dihancurkan, dan 10 teroris tewas. Semua bangunan di area pelabuhan telah dibersihkan,” sebut militer Israel dalam pernyataannya.

Baca Juga  Kisah Bursa Transfer Serie A : Nakata, Sebuah Lompatan Keyakinan di Perugia

“Hamas menggunakan pelabuhan itu sebagai fasilitas pelatihan bagi pasukan komando Angkatan Laut mereka untuk merencanakan dan melaksanakan serangan teror Angkatan Laut. Dengan disamarkan sebagai pelabuhan sipil, Hamas menggunakan area itu untuk pelatihan dan melancarkan serangan teror, sambil menggunakan kapal-kapal sipil dan kapal polisi pelabuhan Gaza,” jelas pernyataan militer Israel tersebut.

Tidak hanya itu, menurut The Times of Israel, militer Israel dalam pernyataannya juga menyebut pasukannya menemukan dan menghancurkan persenjataan serta peralatan milik Angkatan Laut Hamas di kamp Al-Shati yang ada di Gaza City.

Baca Juga  How to target the right people for WhatsApp broadcast?

“Pasokan senjata itu termasuk peralatan menyelam, senjata api, dan alat peledak. (Militer Israel) Mengatakan pasukan terjun payung juga menemukan senjata dan peledak di Jalur Gaza bagian utara semalam, menyusul baku tembak dengan agen-agen Hamas,” imbuh laporan tersebut.

Militer Israel juga mengatakan bahwa pasukannya menemukan ‘rompi bunuh diri, alat peledak lainnya, RPG, rudal antitank, dan dokumen-dokumen intelijen’.

Hamas belum memberikan komentar atas klaim-klaim militer Israel tersebut.

Panjoel Kepo

Jurnalis Media Rakyatnesia.com berpengalaman dari Kota Soto Lamongan, Lihai menulis berbagai macam informasi, mulai dari olahraga, entertainment, Musik dunia viral media sosial dan berbagai macam lainnya.

Related Articles

Back to top button