OlahragaSepak Bola

10 Transfer Terburuk Juventus Sepanjang Masa

Hingga saat ini, Juventus dikenal sebagai salah satu operator paling cerdik di bursa transfer.

Bianconeri jarang mengeluarkan banyak uang untuk pemain, dan cenderung hidup sesuai dengan kemampuan mereka.

Klub ini terkenal karena menjual pemain bintang ketika mereka merasa waktunya tepat, dan menginvestasikan kembali uang tersebut untuk mengisi kembali skuad mereka.

Namun seperti kebanyakan klub, mereka telah membuat kesalahan, baik besar maupun kecil. Dan ini semakin menjadi masalah dalam beberapa tahun terakhir.

Juventus' Paul Pogba.
© IMAGO

Berikut ini adalah beberapa perekrutan terburuk dalam sejarah panjang dan sukses klub ini.

Diego, €25 juta dari Werder Bremen, 2009

Ingat Diego? Hype seputar pemain Brasil itu pada tahun 2009 memuncak saat ia memainkan peran penting dalam perjalanan Bremen ke final Piala UEFA.

Bremen akhirnya kalah dalam ajang utama melawan Shakhtar Donetsk, tetapi sudah diketahui bahwa Diego akan pindah ke tempat yang lebih baik. Atau begitulah yang dipikirkannya.

Juve memenangkan perlombaan untuk merekrutnya pada Mei 2009, tetapi klub yang akan dimasuki Diego adalah klub yang sedang dalam masa transisi.

Itu adalah era yang sulit bagi klub: Pasca-Luciano Moggi dan kawan-kawan dan sebelum Andrea Agnelli, Beppe Marotta dan Antonio Conte akan tiba untuk memulai dominasi penuh mereka atas permainan Italia.

Diego direkrut untuk menjadi pusat perhatian Juve yang baru dan makmur. Tetapi klub menghabiskan sebagian besar anggarannya untuk merekrut Diego – serta pemain lain dalam daftar kami – dan akibatnya tidak punya uang untuk memperkuat area lain di lapangan.

Ia bertahan satu musim di Turin, tetapi dengan pemain pendukung yang buruk, ia tampak tersesat di Serie A.

Ia dijual ke Wolfsburg di Jerman seharga €16 juta satu tahun setelah tiba. Reputasinya tidak pernah pulih.

Patrick Vieira, €15 juta dari Arsenal, 2005

Kepindahan Patrick Vieira pada musim panas 2005 dipandang sebagai langkah jitu oleh direktur olahraga Juve, Luciano Moggi. Vieira telah menjadi salah satu gelandang box-to-box terbaik di dunia selama lima tahun terakhir, dan menjadi pilar Arsenal yang tak terkalahkan pada musim 2003/04.

Baca Juga  Prediksi Skor Eintracht Frankfurt vs. Bayern Munich, Jadwal Bundesliga Jerman, 6 Oktober 2024  
Patrick Vieira and Zlatan Ibrahimovic
© ProShots – Patrick Vieira and Zlatan Ibrahimovic

Namun, The Gunners-lah yang tertawa terakhir. Mereka jelas menjual Vieira pada waktu yang tepat, dengan dinamismenya yang mulai memudar, pemain berusia 29 tahun itu tampak lamban di Serie A, dan jauh dari gelandang yang mendominasi seperti saat ia masih di Arsenal.

Hal ini semakin terlihat jelas ketika Juventus diundi melawan Arsenal di perempat final Liga Champions tahun 2006. Arsenal beringas di sekitar Juve, dan Vieira dikalahkan oleh Cesc Fabregas yang masih muda.

Arsenal menang dengan mudah, dan Vieira serta Juve tampak tua.

Ia bertahan satu musim di Turin sebelum pindah ke Inter setelah skandal Calciopoli.

Juan Esnaider, €4,5 juta dari Espanyol, 1999

Direkrut sebagai pengganti Alessandro Del Piero yang cedera pada pertengahan musim tahun 1998/99, Juan Esnaider benar-benar tidak mampu tampil maksimal di Serie A.

Penyerang yang sebenarnya cukup bagus itu, kesulitan sejak awal di Serie A yang jauh lebih sulit di akhir tahun 90-an.

Ia gagal mencetak satu gol pun untuk klub tersebut selama waktunya di Italia, dan kembali ke La Liga bersama Real Zaragoza pada Desember 2000.

Edwin van der Sar, €7,5 juta dari Ajax, 1999

Edwin van der Sar direkrut sebagai pengganti Angelo Peruzzi, yang meninggalkan klub untuk bergabung dengan Inter pada musim panas 1999.

Pemain asal Belanda itu dipandang sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di dunia saat itu, berkat penampilannya di Ajax selama periode keemasan mereka di pertengahan 1990-an.

Namun, ia mengalami kesulitan di Juventus, dan terutama dikenang sebagai peserta yang tidak mau berpartisipasi dalam mahakarya Roberto Baggio melawan Juventus di Stadio delle Alpi pada April 2001, saat Baggio mengecoh van der Sar dari umpan panjang dari Andrea Pirlo.

Edwin van der Sar
© ProShots – Edwin van der Sar

Kecemerlangan Baggio membuatnya tampak seperti penjaga gawang liga Minggu, dan itu merupakan lonceng kematian bagi kariernya di Juve.

Klub sudah cukup melihat. Mereka menjualnya ke Fulham dua bulan kemudian sebelum merekrut Gianluigi Buffon dari Parma dengan biaya rekor dunia. Van der Sar kemudian membangun kembali kariernya di Man Utd, di mana ia memenangkan Liga Champions lainnya.

Baca Juga  Prediksi Skor Lazio vs Empoli, Jadwal Liga Italia Serie A, 6 Oktober 2024

Marcelo Salas, €28,5 juta dari Lazio, 2001

Pria yang terlupakan dari pesta belanja legendaris Juve tahun 2001, Marcelo Salas.

Kebanyakan orang ingat bagaimana klub menggunakan uang Zinedine Zidane untuk membeli Buffon, Pavel Nedved, dan Lilian Thuram, tetapi Salas juga direkrut dari Lazio.

Salas didatangkan sebagai pengganti Pippo Inzaghi yang hengkang, yang dijual ke Milan.

Pemain asal Cile itu berada di puncak kekuatannya, tetapi ia menderita banyak cedera sejak awal. Hal ini menghambat kemajuan yang diharapkannya di Turin, dan setelah dua musim di klub, di mana ia hanya mencetak empat gol, ia tidak lagi dibutuhkan.

Sayang sekali, karena Salas punya potensi untuk menjadi bintang di Juve, tetapi ia tidak meninggalkan warisan yang bertahan lama.

Amauri, €22,8 juta dari Palermo, 2008

Bahkan setelah sekian lama, sulit untuk melihat apa yang Juve lihat dalam diri Amauri yang membuat mereka menghabiskan banyak uang untuk pemain Brasil itu.

Amauri direkrut setelah tampil bagus pada musim 2007/08 bersama Palermo di mana ia mencetak 15 gol liga dalam 34 pertandingan. Namun, masih dipertanyakan apa yang sebenarnya ia kuasai.

Ia tampil cukup baik di paruh pertama musim di Juve pada musim 2008/09, tetapi penampilannya menurun pasca-Natal, dan tidak pernah kembali ke performa awal musim itu lagi.

Kontribusi terbesarnya bagi Juve adalah mencetak gol penting hanya beberapa bulan setelah mereka menjualnya ke Fiorentina pada bulan April 2012 melawan Milan yang membuat Rossoneri kehilangan gelar juara, dan menyerahkannya kepada Juve.

Christian Poulsen, €9,75 juta dari Sevilla, 2008

Pada musim panas yang sama saat mendatangkan Amauri, juga mendatangkan Christian Poulsen.

Terkenal di Italia sebagai pemain yang mendorong Francesco Totti sedemikian rupa hingga legenda Roma itu meludahi wajah Poulsen selama Euro 2004, gelandang Denmark itu tidak memenangkan hati siapa pun dengan penampilannya untuk Bianconeri.

Dipilih secara tidak masuk akal oleh Claudio Ranieri dengan mengorbankan Xabi Alonso, Poulsen tidak memberi dampak apa pun di Serie A – gelandang yang tidak mampu menegakkan aturan.

Ia kehilangan tempatnya di tim ketika Ranieri dipecat pada Maret 2009, dan Juve merekrut gelandang lain untuk menggantikannya pada musim panas 2009, yang terbukti menjadi kesalahan yang lebih besar…

Baca Juga  Prediksi Elfsborg vs. AS Roma, Jadwal Liga Europa, 4 Oktober 2024

Felipe Melo, €25 juta dari Fiorentina, 2009

Felipe Melo dipilih sebagai pengganti Poulsen. Seharga €25 juta.

Mengatakan Juventus membayar terlalu mahal untuk Melo adalah pernyataan yang meremehkan. Tidak diragukan lagi pemain Brasil itu adalah gelandang tangguh yang berjuang keras dan benar-benar berusaha untuk bertahan (tidak seperti entri di atas), tetapi apakah dia layak dihargai €25 juta? Sama sekali tidak.

Melo adalah tipe pemain yang bisa memulai pertarungan di ruangan kosong, dan tidak bisa menghadapi ekspektasi yang datang bersama menjadi pemain di Juve.

Setelah dua musim yang kacau balau di mana ia tampil dalam 78 pertandingan, mencetak empat gol dan dikeluarkan karena meninggalkan sepatunya di hadapan Massimo Paci dari Parma, Melo dikirim ke Galatasaray pada musim panas 2011.

Jean-Alain Boumsong, €5 juta dari Newcastle, 2006

Newcastle entah bagaimana membujuk Juve untuk mengeluarkan €5 juta untuk jasa Jean-Alain Boumsong.

Tiba di klub saat klub tersebut sedang berada di titik terendahnya – bermain di Serie B karena skandal Calciopoli – Boumsong adalah salah satu dari sedikit pemain yang dibeli Juve selama satu musim mereka di divisi kedua Italia.

Namun, bahkan untuk Serie B, Boumsong terkadang terlihat kurang maksimal.

Juve kurang yakin bahwa ia akan mampu naik ke Serie A. Ia bahkan tidak bermain satu pertandingan pun untuk Bianconeri di divisi utama, dan dijual ke Lyon di pertengahan musim 2007/08.

Paul Pogba, Transfer Gratis dari Man Utd, 2022

Masa pertama Paul Pogba di Juventus dari tahun 2012 hingga 2016 sangat gemilang. Ia berkembang menjadi salah satu gelandang tengah terbaik di dunia, memenangkan empat Scudetti dan mencapai final Liga Champions, sebelum memecahkan rekor transfer dunia ke Man Utd.

Pogba kembali ke Juventus dengan status bebas transfer pada musim panas 2022, tetapi periode keduanya akan tercatat sebagai salah satu kepulangan paling buruk ke klub oleh pemain mana pun dalam sejarah sepak bola.

Dengan kontrak besar senilai €10 juta per tahun, ia absen hampir sepanjang musim 2022-23 karena cedera, sebelum gagal dalam tes doping pada Agustus 2023 yang membuatnya dilarang bermain di semua ajang sepak bola.

Juventus kini diperkirakan akan melepasnya dengan status bebas transfer dua tahun sebelum kontraknya berakhir.

Sumber Footballtransfer

moch akbar fitrianto

Jurnalis Dari Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 10 tahun. Tulisan berita Lamongan, umum, prediksi bola , dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button