Berita

Hamas Mendorong Blinken untuk Menghentikan Agresi Israel di Gaza

rakyatnesia.com – Pemimpin kelompok Palestina Hamas, Ismail Haniyeh, menyerukan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, untuk fokus pada menghentikan serangan Israel di Gaza yang telah menewaskan 22.000 orang dan menyebabkan pengungsian massal, kelaparan, dan penyakit.

Melalui pesan video pada Jumat, 5 Januari 2024, Haniyeh mengatakan, “Kami berharap Blinken mengambil pelajaran dari tiga bulan terakhir dan menyadari skala kesalahan yang dilakukan AS dengan memberikan dukungan penuh kepada Israel.” Ia juga berharap Blinken fokus untuk menghentikan agresi dan pendudukan di seluruh wilayah Palestina.

Haniyeh tidak hanya menyoroti tindakan Israel, tetapi juga mendesak para pejabat dari negara-negara Arab dan Islam yang akan bertemu dengan Menlu Amerika Serikat agar menyampaikan bahwa masa depan dan stabilitas kawasan sangat terkait dengan perjuangan Palestina yang tidak dapat diabaikan.

“Rakyat dan perlawanan (Palestina) tidak akan menerima pendudukan yang selalu mencekik kami,” katanya.

Blinken sedang melakukan kunjungan di kawasan Timur Tengah sampai 10 Januari, yang dimulai dari Turki pada Jumat malam. Dia juga akan mengunjungi Yunani, Yordania, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Israel, Mesir, dan Tepi Barat.

“Saya kembali ke kawasan untuk melakukan diplomasi lanjutan tentang situasi di Gaza,” kata Blinken dalam unggahannya di X.

“Saya akan terus mendesakkan perlindungan nyawa warga sipil dan secara intensif berkoordinasi dengan para mitra untuk menjamin pembebasan tawanan dan memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan berkelanjutan di Gaza”.

Hingga kini, Israel terus menggempur Jalur Gaza sejak Hamas meluncurkan serangan lintas batas 7 Oktober lalu.