Polres Bojonegoro Memodifikasi Mobil Patroli Jadi Astuti Mobile Command Center

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia, SIK, MM, MH membuat terobosan dengan memodifikasi mobil patroli menjadi mobil yang multi fungsi seperti command center dan dilengkapi BOBOTA (Robot Bojonegoro Tangguh).

Mobil tersebut diberi nama ASTUTI Mobile Command Center yang dilaunching oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia, yang mengambil tempat di halaman Mapolres Bojonegoro, Rabu (30/12/2020).

Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia kepada para wak media menjelaskan bahwa Astuti Mobil Command Center merupakan Mobile Command Center yang memiliki multi fungsi sebagai pusat Monitoring, komunikasi, koordinasi, komando pengendalian personil dan informasi dalam bentuk kedaraan mobile yang dapat dipindah sewaktu-waktu sehingga sangat fleksibel dan dinamis untuk memudahkan operasional dilapangan.

Lanjut Kapolres, Astuti Mobil Command Center untuk menyimpan, mengetahui, dan memberikan data dan informasi seputar kegiatan Polres Bojonegoro yang berhubungan dengan kebutuhan serta segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres Bojonegoro saat ini semua ada di Astuti Mobile Command Center.

Baca Juga  Pemkab Bojonegoro Gelar Rakor dan Silaturahim Ramadhan Para Kepala Desa, Di Desa Pandan, Ngraho

“Astuti Mobil Command Center ini untuk memudahkan komunikasi, monitoring, koordinasi, komando pengendalian personil saat dilapangan. Mobil ini bisa berpindah tempat menyesuaikan dengan kegiatan dan mudah di operasionalkan,” tandas Mantan Kapolres Tulung Agung ini.

Masih menurut Kapolres, bahwa Astuti Mobil Command Center ini juga dilengkapi perangkat elektronik tactical map game sebagai portable dapat pula digunakan untuk kegiatan portable zoom metting, dan pengendali robot yang dimiliki oleh Polres Bojonegoro yaitu BOBOTA (Robot Bojonegoro Tangguh) dan Drone yang berfungsi untuk pemantauan langsung dari udara.

Baca Juga  Kunker di Bojonegoro, Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman Bicara Peningkatan Produksi Padi

“Mobil ini juga dilengkapi aplikasi berbasis Informasi dan Teknologi (IT),” kata Kapolres Bojonegoro.

Tampilan, Astuti Mobile Comand Center yang dilaunching Kapolres Bojonegoro AKBP EG Pandia, di halalaman Mapolres Bojonegoro, Rabu (29/12/2020).

AKBP Eva Guna Pandia juga menjelaskan terkait Fungsi dari Astuti Mobil Command Centre adalah dilengkapi dengan kemampuan antara lain artificial intelligence untuk deteksi masyarakat yang tidak menggunakan masker dari PTZ CCTV, selain itu juga sebagai pusat komando dan pengendalian mobil.

“Mobil ini juga sebagai pusat monitoring CCTV dan monitoring kegiatan personil di lapangan, juga  pos Pam mobil dalam kegiatan operasi khusus kepolisian atau operasi ketupat dan lilin semeru, juga sebagai pos pengamanan pada kegiatan tertentu atau event atau kegiatan masyarakat atau Pemkab,” terang Kapolres Bojonegoro.

AKBP Eva Guna Pandia juga menerangkan kelebihan dari Astuti mobil command center adalah efisien untuk handle pospam temporer atau daripada Pospam statis untuk lokasi yang tidak terlalu banyak kegiatan, kemudian bisa digunakan untuk mobilitas Tinggi karena dapat berpindah tempat.

Baca Juga  Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ 2023

“Mobil Astuti Command Center ini sangat praktis, karena dilengkapi tenda kecil otomatis dan tersedia listrik dan genset, ads internet mandiri untuk akses aplikasi dan CCTV secara online, terintegrasi dengan BOBOTA dan Drone, dengan fasilitas multimedia lengkap,” tambah Kapolres.

Dengan adanya Mobil Astuti Command Center ini Kapolres Bojonegoro berharap adanya dukungan dan kerja sama untuk memudahkan antara masyarakat dan kepolisian, untuk melaporkan situasi daerah atau desa yang ada peristiwa. Seperti pelaku kejahatan, kebakaran, kecelakaan dan peristiwa lainnya. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat Bojonegoro.

**(Kis/Red).

Bagikan

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Post