Siapa Ardes Goenawan Yang Doakan Timnas Indonesia kalah Di Final AFF Cup, Ini Profilnya

moch akbar fitrianto

Siapa Ardes Goenawan Yang Doakan Timnas Indonesia kalah Di Final AFF Cup, Ini Profilnya
Bagikan

Profil, – Presenter Arder Goenawan mendadak menjadi salah satu presenter yang paling dicari di pencarian google beberapa hari ini. Kenapa ?. Siapa Ardes Goenawan Ini ?.

Ternyata Ardes Goenawan ini seorang presenter yang mengomentari selebrasi kemenangan timnas di leg Kedua Semifinasl PIala AFF 2000, menurut dia selebrasi tersebut terlalu berlebihan.

Siapa Ardes Goenawan

Setelah itu, banyak yang berusaha mencari tahu siapa sosok Ardes Goenawan sebenarnya.

Ardes Goenawan sebenarnya cukup dekat dengan sepak bola. Ia adalah presenter program olahraga di sebuah stasiun televisi swasta.

Di YouTube, Ardes Goenawan juga kerap memberikan pendapatnya mengenai pertandingan sepak bola. Selain dari channel YouTube yang ia buat sendiri, beberapa video juga tampak memperlihatkan ia mengomentari pertandingan di Liga Italia.

Di luar program olahraga, Ardes Goenawan juga beberapa kali membintangi beberapa iklan. Pria 29 tahun itu juga pernah menjadi pembawa acara kuis di stasiun televisi.

Masih berkaitan dengan membawakan acara, Ardes Goenawan juga kerap menjadi MC untuk resepsi pernikahan dan acara resmi lainnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, Ardes Goenawan adalah lulusan IPEKa Christian School Jakarta. Ia kemudian melanjutkan pendidikan tinggi di Unika Atmajaya dan memiliki gelar Bachelor of Psychology pada 2015.

Seperti diketahui, Ardes Goenawan mengomentari perayaan kemenangan Timnas Indonesia atas Singapura, beberapa hari lalu. Ia menyebut selebrasi itu terlalu berlebihan dan berharap Timnas Indonesia tidak menjadi juara.

“Masuk final AFF gembiranya serasa pahlawan legenda juara Piala Dunia. Hampir kalah di kandang sendiri melawan 9 pemain. Banyak gaya dan provokatif Intinya, OVER-RATED. No offense, tapi ini adalah salah satu dari sedikit indikator bahwa Indonesia masih belum matang di cabang sepakbola,” tulis Ardes Goenawan dari Instagram Stories @ardesgoenawan.

“Apresiasi untuk kerja keras pelatih dan para pemain muda Indonesia, tapi gue harap gak juara sih. Aneh banget tim yang hampir kalah dari 9 pemain bisa juara. Semoga Thailand atau Vietnam aja yang jadi juara,” imbuhnya.

screenshot 268

Menurutnya penilaian itu murni ia berikan karena menyaksikan selebrasi yang dianggap berlebihan itu. Ardes Goenawan menolak jika dukungan kepada Timnas Indonesia disamakan dengan rasa nasionalisme yang tinggi.

“And please gak usah mengaitkan keberpihakan tim sepakbola dengan nasionalisme. GAK ADA KORELASINYA. Gue dukung Singapore dan Thailand, bukan berarti gue gak cinta negara. Alasannya? Yah ribet… Seribet ngorek hati wanita,” ungkap Ardes Goenawan.

Setelah itu, Ardes Goenawan meminta maaf. Ia mengaku tidak punya maksud untuk merendahkan perjuangan Timnas Indonesia.

“Mohon maaf kalau ada sebagian teman-teman yang merasa sakit hati karena komentar saya terkait sepak bola khususnya mengenai Tim Nasional sepak bola Indonesia,” tulis Ardes di Insastories.

“Saya hanya berusaha mengutarakan pendapat bahwa dalam kacamata objektif secara permainan harus diakui Thailand dan Vietnam lebih unggul dari Indonesia. Tidak ada maksud untuk merendahkan perjuangan pelatih, staf, dan para pemain Timnas,” tambahnya.

Profil Ardes Goenawan

Ardes Goenawan diketahui merupakan keturunan Tionghoa yang lahir pada 15 Desember 1992. Meskipun lulus dari Universitas Atma Jaya sebagai Sarjana Psikologi, Ardes memiliki ketertarikan terhadap public speaking.

Hingga saat ini kehidupan pribadi Ardes Goenawan belum banyak diungkap di publik. Namun untuk beberapa kesempatan, Ardes mengunggah kebersamaan dengan keluarga di Instagram pribadinya.

Ardes Goenawan diketahui memiliki ketertarikan terhadap olahraga khususnya sepak bola. Dalam unggahan di Instagramnya, tidak sedikit Ardes mengungkapkan kesenangannya terhadap klub asal Italia, Inter Milan.

Bahkan pada 6 Mei 2021, Ardes pernah mengunggah dirinya sedang fitnes mengenakan jersey Inter Milan dan mencium logo dari klub asal Italia tersebut.

Karir Ardes Goenawan

Ardes Goenawan diketahui debut pertama kali sebagai presenter olahraga di Trans7 pada 2016. Setelah debutnya sebagai presenter olahraga, dirinya sering diundang menjadi presenter event seperti pernikahan hingga Disney.

Banyak yang mengira Ardes berada di bawah naungan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Grup karena unggahannya menjadi prsenter iklan di SCTV. Namun, hal ini dibantah oleh pihak Emtek dan menyatakan jika Ardes merupakan presenter yang hanya memandu iklan di SCTV dan Indosiar.

Diketahui, Ardes Goenawan memiliki tubuh yang gemuk saat masih remaja. Namun, Ardes kini memiliki tubuh ideal karena rajin berolahraga.

Tidak jauh dari kegemarannya, terkadang Ardes futsal bersama teman-temannya untuk mencari keringat. Selain futsal, Ardes diketahui juga fitnes untuk menjaga kebugaran tubuh.

Biodata Ardes Goenawan

  • Nama Asli: Ardes Goenawan
  • Nama Panggung: Ardes Goenawan
  • Tempat, Tanggal Lahir: 5 September 1992
  • Umur: 29 Tahun
  • Agama: Kristen
  • Pendidikan: Sarjana Psikologi, Univesitas Atma Jaya
  • Profesi: Presenter
  • Tahun Aktif: 2016 – sekarang

Akun Instagram dan Youtube Ardes Goenawan

  • Akun Instagram: @ardesgoenawan
https://www.instagram.com/p/CShQWslBIZg/
  • Channel YouTube: ARDES GOENAWAN
https://www.youtube.com/watch?v=CWeQn9qDCxQ
Bagikan

Also Read