Polres Bojonegoro, Sukses Amankan Kebhaktian Natal 2016

0 59

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Setelah sukses dalam pengamanan kegiatan Pilkades serentak 32 desa di wilayah Kabupaten Bojonegoro beberapa waktu lalu. Kini, Polres Bojonegoro dibawah komando Kapolres AKBP Wahyu S Bintoro kembali menunjukkan keberhasilanya dalam pengamanan Perayaan Natal bagi umat Kristiani di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (25/12/2016).

Kapolres melakukan pengamanan secara all out dengan konsentrasi penuh dan terjun langsung untuk melakukan patroli skala besar dengan didampingi Waka Polres Kompol Andrian Pramudianto dan Dandim 0813 Letkol Inf M. Herry Subagyo. Serta didampingi Tim PRC (Promotor Reaksi Cepat) yang merupakan Tim bentukan Kapolres yaitu Tim Polisi bersepeda motor trail yang siap melakukan pengamanan secara cepat dan tepat.

Sesuai dengan Protap (Prosedur Tetap) Kapolres Bojonegoro, bahwa pengamanan Perayaan natal dimulai di masing-masing gereja yang dimulai H-1 atau sehari sebelum Perayaan Natal. Dimana, kebhaktian di gereja dilaksanakan tepat pada natal hari pertama (25/12/2016), maka Pengamananya sudah dimulai sejak Sabtu (24/12/2016) hal itu dimaksudkan agar tak ada permasalahan keamanan pada saat pelaksanaan kebhaktian yang dilaksanakan Minggu (25/12/2016) tersebut.

Polres Bojonegoro, Sukses Amankan Kebhaktian Natal 2016 1
Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro yang didampingi Dandim 0813 Bojonegoro Letkol In M. Herry Subagyo saat melakukan pengecekan Pos pengamanan lalu lintas Perayaan natal 2016 di Kabupaten Bojonegoro, Minggu (25/12/2016).

Begitu juga, pada saat hendak dimulainya kebhaktian di masing-masing gereja, juga dilakukan strerelisasi keamanan baik di dalam maupun di luar gereja. Anggota Brimob dan Sabhara melakukan sterilisasi baik di dalam gereja maupun di luar gereja, yang bekerjasama dengan pengurus gereja untuk melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang bawaan jemaat terutama yang menggunakan tas jinjing, dan berbagai barang yang di bawa masuk oleh Jemaat ke dalam gereja. Pengamanan juga dilakukan di tempat parkir dan pemantauan pada jalan utama, melakukan pengaturan arus lalu lintas yang berada di depan gereja.

Kapolres Bojonegoro ABPB Wahyu S Bintoro kepada rakyatnesia.com mengatakan, untuk pengamanan Perayaan Natal 2016, pihaknya telah mensiagakan anggotanya untuk pengamann sejak H-1 Perayaan Natal yang kebhaktianya berlangsung Minggu (25/12/2016).

“Guna memberikan keamanan dan rasa nyaman terhadap umat Kristiani di Bojonegoro, kami telah perintahkan kepada anggota kita untuk melakukan sterilisasi baik di luar gereja dan terutama di dalam gereja. Hal itu untuk mengantisipasi adanya terror yang bisa berakibat terganggunya keamanan dan ketertiban saat umat kristiani melakukan kebhaktian di hari Natal tahun 2016 di wilayah Polres Bojonegoro ini,” kata Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro, Minggu (25/12/2016).

Masih menurut Wahyu SB, pihaknya tak mau ‘kecolongan’ dan lengah dalam kegiatan pengamanan perayaan Natal di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Sehingga pengamanan di sekitar gereja perlu memperoleh perhatian serius, termasuk dengan memeriksa satu per satu kendaraan yang hendak masuk ke halaman gereja atau lokasi parkir di masing-masing gereja tersebut.

Selain itu, Minggu (25/12/2016) yang bertepatan dengan hari libur nasional dan libur panjang bagi anak-anak sekolah, sehingga pihaknya melakukan pengamanan terhadap lalu lintas dengan cukup bagus. Sebab, perayaan natal merupakan moment berlibur bagi sebagian besar masyarakat yang diprediksi akan terjadi mobilisisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain sehingga membutuhkan pengamanan lalu lintas yang cukup bagus, termasuk mengurai lalu lintas jika terjadi kemacetan. **(Kis/Red)

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More