Warga Berharap, Agar Jalan Longsor Gemenggeng, Segera diperbaiki

NGANJUK- Jalan poros desa menuju ke Desa Mungkung, Kecamatan Rejoso, Nganjuk, lonsor hingga sudah 3 (tiga) tahun, tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah. Kondisi jalan lonsor sepanjang 20 meter itu, sudah habis terkikis aliran sungai hingga sudah dipindahkan ke sebelahnya.

Jalan poros desa Gemenggeng Kecamatan Bagor menuju ke Desa Mungkung itu, juga menghubungkan ke beberapa disekitarnya diantaranya, Desa Gempol masuk wilayah Kecamatan Rejoso dan Desa Kedungdowo yang masuk wilayah Kecamatan Sukomoro.

Karena jalan itu, merupakan akses vital menuju ke 3 (tiga) desa tersebut, sudah diusulkan berkali-kali, tapi hingga kini tak kunjung diperbaiki. “Sudah pernah dilihat oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nganjuk, tapi nyatanya hingga kini belum juga dibangun,” kata salah seorang warga Desa Mungkung yang enggan disebutkan namanya.

Berdasarkan pantauan rakyatnesia.com di lapangan menyebutkan, longsornya jalan yang tidak segera dibangun di Desa Gemenggeng itu, dapat mengancam ambrolnya saluran air untuk pertanian alias irigasi yang berada tepat di samping jalan yang longsor itu.

Padahal, irigasi yang berada di Desa Gemenggeng itu dimanfaatkan untuk irigasi 5 (lima) desa disekitarnya, yakni, Desa Mungkung, Setren, Gempol, Kedungdowo dan Sukorejo.

Kepala Desa Mungkung Harry Susanto,SAP, mengatakan, jalan longsor yang ada di Desa Gemenggeng itu harus segera dibangun. Pasalnya, jika tidak segera ditangani akan berimbas pada rusaknya saluran irigasi itu.

“Kami mohon kepada Bapak Bupati Nganjuk atau dinas terkait untuk segera melakukan sidak terhadap jalan longsor di Desa Gemenggeng itu. Sebab, kerusakan jalan dapat mengakibatkan rusaknya saluran irigasi. Jika irigasi itu rusak, maka dapat mengakibatkan mampetnya saluran air menuju ke desa saya dan desa-desa sekitarnya,” tegasnya.

Masih menurut Harry, dia beserta seluruh warganya sangat berharap perhatian dari Pemkab Nganjuk untuk segera menangani lonsornya jalan sehingga tidak mengancam saluran irigasi. “Jika irigasi bagus, panen akan membaik sehingga petani akan sejahtera,” pungkasnya. **(Yus)

Exit mobile version