Jafri Sastra Jadi Pelatih Baru Persela Lamongan, Ini Profilnya

moch akbar fitrianto

Jafri Sastra Jadi Pelatih Baru Persela Lamongan, Ini Profilnya
Bagikan

Bola, RakyatnesiaPersela Lamongan akhirnya memutuskan untuk mengontrak Jafri Sastra Sebagai pelatih baru tim berjuluk laskar Joko Tinggkir tersebut untuk mengarungi sisa pertandingan Di BRI Liga 1 musim 2021/2022.

Ditunjuknya Jafri Sastra ini dinilai cukup mengejutkan. Pasalnya, yang santer digadang-gadang sejak awal sebagai calon pengganti Iwan Setiawan itu bukan dirinya, namun Kurniawan Dwi Yulianto, I Putu Gede, Jaya Hartono, dan Joko Susilo.

Setelah resmi jadi pelatih baru Persela, Jafri langsung mempresentasikan program kepelatihannya kepada manajemen. Bahkan, ia langsung tancap gas dengan memulai latihan perdana di Stadion Surajaya, Lamongan, pada Senin (20/12/2021) sore kemarin.

“Kita memulai latihan selama satu jam, sengaja kita lakukan sebagai adaptasi training, karena pemain baru aja datang, tentu ini butuh kita adaptasikan dulu,” kata Jafri.

Baca Juga  Bayer Leverkusen Juara Liga Jerman, Foto Euforia Bersejarah

Dalam kesempatan tersebut, Jafri memberikan briefing singkat kepada pemain sebelum memulai latihan. Menurutnya, hal itu ia lakukan sebagai upaya untuk membangkitkan semangat pemain.

“Kondisi tim sedang tidak bagus, kita berada di zona degradasi. Tapi masih ada kesempatan, kita punya 17 game lagi, kita harus bangkit,” ujar Jafri kepada tim.

Oleh sebab itu, Jafri menekankan kepada anak didiknya agar menjaga kekompakan, kebersamaan dan terus bekerja keras, sehingga mampu membawa Persela bangkit dari jurang keterpurukan.

“Kita harus bekerja keras satu sama lain, saling jaga kekompakan, bekerja keras bersama, saling support, dan saling beri doa,” tegasnya.

Baca Juga  Bayer Leverkusen Juara, Xabi Alonso Tak Mau Jumawa

Profil Jafri Sastra Pelatih Baru Persela Lamongan

Jafri Sastra (lahir 23 Mei 1965) adalah seorang pelatih sepak bola Indonesia. Ia saat ini melatih klub sepak bola PSPS Riau yang berbasis di Riau.

Sebelumnya Jafri melatih di PSIS Semarang yang berbasis di Kota Semarang, Jawa Tengah dan juga Semen Padang FC yang berbasis di kota Padang, Sumatra Barat. Jafri melatih Semen Padang FC setelah menggantikan Nil Maizar yang ditunjuk PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia. Ia kemudian berhasil membawa Semen Padang FC sampai perempat final Piala AFC 2013 dan sebagai juara Liga Primer Indonesia 2013. Pada 11 November 2013, manajemen Semen Padang FC memperpanjang kontrak Jafri Sastra sampai musim kompetisi 2014.

Baca Juga  Alun Alun Ramai Sesak, Pada Anniversary Persela ke 57

Pada awal 2015, posisi Jafri sebagai pelatih digantikan kembali oleh Nil Maizar dalam rangka menyongsong musim kompetisi Indonesia Super League 2015.

Pada 8 September 2019 Jafri Sastra pindah dari PSIS, ia menjadi pelatih PSMS Medan menggantikan Abdul Rahman Gurning yang mundur dari tim berjuluk “Ayam Kinantan” di Liga 2.

Dan menjelang kompetisi Liga 2 2021 Jafri kembali melatih PSPS Riau yang sempat diasuhnya pada Piala Presiden 2018 yang lalu.

Mantan Kepelatihan Jafri Sastra

Tahun Tim
2013–2014 Semen Padang FC
2015 Mitra Kukar FC
2016 Persipura
2017 Mitra Kukar FC
2017 Celebes FC
2018 PSPS Riau
2018 Persis Solo
2018-2019 PSIS Semarang
2019 PSMS Medan
2020 Mitra Kukar FC
2021 Muba Babel United
2021 PSPS Riau

Bagikan

Also Read