Presiden Jokowi Resmikan Bandar Udara Ngloram, Cepu, Blora

Sukisno

Presiden Jokowi Resmikan Bandar Udara Ngloram, Cepu, Blora
Bagikan

BERITA BLORA (RAKYATNESIA) – Presiden RI Ir H. Joko Widodo berkenan meresmikan Bandar Udara (Bandara), Ngloram, yang berada di wilayah Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Jum’at (17/12/2021).

Peresmian dilakukan Jokowi yang ditandai dengan pemukukan kentongan dan penandatanganan prasasti. Didampingi Ibu Iriana Jokowi, Menteri Perhubungan Ir Karya Sumardi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo beserta istri, dan Bupati Blora Arief Rohman.

“Alhamdulillah sejak dibuka sampai saat ini penerbangan selalu penuh. Ini menandakan pertumbuhan ekonomi daerah kawasan Jateng bagian timur ini mulai berjalan dengan baik,” demkian dikatakan Jokowi, mengawali sambutanya.

Lanjut Jokowi, sementara ini masih memakai ATR-72. Jika nanti penuh terus, akan kita minta diperpanjang landasannya hingga 2000 meter agar pesawat boeing 737 bisa mendarat di Bandara Ngloram sini.

“Selamat untuk Kabupaten Blora,” ungkap Jokowi.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pembangunan bandara ini mulai dilakukan sejak tahun 2019 silam. Yang mana sebelumnya merupakan lapangan terbang asset milik Kementerian ESDM untuk penerbangan khusus migas.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

“Setelah asetnya diserahkan ke Kementerian Perhubungan, maka kita hidupkan kembali sebagai bandara umum. Yang alhamdulillah sebulan lalu pembangunannnya selesai dan kini diresmikan Bapak Presiden,” ujar Budi Karya Sumadi.

Diresmikannya Bandar Udara Ngloram, Kabupaten Blora oleh Presiden Joko Widodo inipun mendapat apresiasi, pujian, dan dukungan dari berbagai pihak. Seperti halnya dukungan pengembangan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Jumat, (17/12/2021).

Ganjar mengaku keberadaan Bandar Udara Ngloram yang diresmikan Presiden ini tentu tak lepas dari kerja keras dari Kementerian Perhubungan dan Pemkab Blora.

“Ini Top, kerja keras Pak Menteri Perhubungan dan Bupati Blora luar biasa, Bupati Bojonegoro membantu, Bupati Grobogan juga diundang, ini menandakan, wilayah yang diperbatasan ini ikut bersama-sama untuk memanfaatkan keberadaan bandara Ngloram ini, ” tuturnya.

presiden jokowi resmikan bandar udara ngloram2
Foto Bersama: Presiden RI IR H. Joko Widodo usai meresmikan Bandar Udara Ngloram, yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng, Jum’at (17/12/2021).

Bupati Blora Arief Rohman mengaku, bahwa dengan diresmikannya Bandar Udara Ngloram ini, menurutya masih seperti mimpi.

“Alhamdulillah hari ini, Bandara Ngloram sudah bisa diresmikan langsung oleh Bapak Presiden, semoga keberadaan Bandar Udara Ngloram ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Blora sini dan kabupaten sekitarnya,” kata Bupati Blora Arief Rohman, menegaskan.

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

Masih menurut Arief Rohman, tidak hanya Blora saja, namun keberadaan Bandar Udara Ngloram ini juga juga bisa dimanfaatkan oleh kabupaten-kabupaten disekitarnya.

“Warga kabupaten sekitar seperti Kabupaten Bojonegoro, Tuban, Rembang dan Ngawi serta Grobogan juga bisa ikut memanfaatkannya,” tutur Bupati Blora Arief Rohman.

Peresmian Bandar Udara Ngloram ini juga mendapat dukungan dari kabupaten tetangga, seperti halnya disampaikan oleh Bupati Bojonegoro Anna Muawanah.

“Keberadaan Bandar Udara Ngloram ini tentu juga akan berdampak bagi masyarakat kami yang ada di wilayah barat dari Kabupaten Bojonegoro. Mereka tentu juga bisa ikut menggunakan transportasi udara ini, ” tuturnya.

Pihaknya juga mengaku, akan meminta untuk dinas dinas ikut mendukung keberadaan bandara Ngloram ini.

“Kami juga sampaikan kepada dinas-dinas kiranya jika perjalanan dinas bisa melalui Bandar Udara Ngloram ini, selain dekat juga ini sangat efektif, ” ucapnya.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Tak hanya itu, Anna Mu’awanah juga mengaku siap untuk membangun kawasan dengan Blora, Tuban, dan Ngawi.

“2021 awal lalu kita sudah meresmikan jembatan terusan yang menghubungkan Blora dan Bojonegoro tentu ini juga salah satu dari bentuk komitmen kami dalam membangun kawasan, semoga kedepan pembanguan ini semakin baik lagi, ” terangnya.

Selain Bupati Bojonegoro, dukungan juga datang dari Bupati Grobogan Sri Sumarni, pihaknya mengaku keberadaan Bandar Udara Ngloram ini tentu akan mempermudah insvestor masuk di Kabupaten Blora maupun Grobogan.

“Ini tentu sangat baik untuk prospek kedepan, Bandar udara Ngloram ini juga akan menarik investor masuk di Blora maupun kabupaten lain yang berdekatan, ” ucap Bupati Grobogan Sri Sumarni, Jum’at (17/12/2021).

Usai meresmikan, Presiden bersama rombongan bertolak ke Pasar Mulyorejo untuk menberikan bantuan pada para pedagang dan selanjutnya melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Ngawi, Jawa timur.

**(Ajas/Red).

Bagikan

Also Read