Anggota DPR – MPR RI Kuswiyanto, Sosialisasi Empat Pilar MPR, di Bubulan

0 90

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Anggota DPR – MPR RI Drs H. Kuswiyanto, M.Si, melakukan sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika, bertempat di Pendopo Kecamatan Bubulan, Jum’at (16/12/2016).

Kegiatan yang memiliki thema Penguatan sistem demokrasi Pancasila itu, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan do’a dan sambutan selamat datang dari Camat Bubulan Mohammad Yasir.

Dalam sambutanya, Mohammad Yasir menyampaikan tentang potensi wilayah Kecamatan Bubulan, diantaranya, adanya panen jagung yang melimpah setiap tahunnya, kedelai, ketela pohon, usaha kerajinan batik dan usaha kayu olahan yang membutuhkan program peningkatan usaha. Serta menyampaikan tentang kondisi, ketersediaan air bersih yang dalam pengembangan untuk menjangkau dusun-dusun yang masih kekurangan air bersih saat musim kemarau tiba.

Sementara itu, anggota DPR – MPR RI Drs H. Kuswiyanto,M.Si dalam sosialisasi Pancasila, UUD 1945 serta Bhinneka Tunggal Ika, mengawali dengan menyampaikan pentingnya Pancasila untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunngal Ika merupakan empat pilar MPR RI, dimana Pancasila sebagai dasar Negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara,” tegas politis PAN tersebut.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa hidup itu merupakan sebuah lingkaran yang harus dijalaninya setiap manusia. Ada yang memperoleh lingkaran kecil dan ada yang dapat lingkaran besar. Dimana, lingkaran besar itu, adalah gambaran kehidupan yang serba kecupukan dari materi, termasuk memiliki rumah yang cukup megah, pekarangan yang luas, punya mobil serta kekayaan lainnya.

Tapi, kebanyakan dari masyarakat kita, berada pada lingkaran kecil atau keluarga yang kurang mampu sehingga perlu adanya arah dalam menggapai kesusksesan. Caranya yaitu dengan peningkatan SDM (Sumber daya manusia). Sebab dengan memiliki ketrampilan yang baik, maka masyarakat bisa menggapai kesuksesan.

“Upaya untuk menjadi bangsa yang besar adalah dengan menjadi bangsa yang baik dengan mental yang baik pula serta cerdas. Hal itu, seperti apa yang diprogramkan oleh Pemerintah yaitu Revolosi mental,” tegasnya.

Guna mencapai tujuan itu, masyarakat juga harus melek teknologi, kerana dengan memahai teknologi kita akan bisa melihat perkembangan dunia dan belajar dari internet tentang berbagai hal, termasuk juga tentang pertanian dan perkebunan yang menjadi pekerjaan sehari-hari bagi warga Bubulan. Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Kang Kuswiyanto itu, juga menyampaikan beberapa program pemerintahan Suyoto-Setyo Hartono dalam memimpin Bojonegoro, untuk menuju Wong Jonegoro yang sehat, cerdas, produktif dan bahagia.

Guna memberikan pengertian dan pemahaman kepada mereka yang hadir dalam acara tersebut, diberikan 5 (lima) buku yakni, buku tentang Materi Sosialisasi empat pilar MPR RI, Bahan tayang Materi sosialisasi empat pilar MPR RI, Panduan Pemasyarakatan Undang-undang dasar Negara republic Indonesia 1945 dan ketetapan majelis permusyawaratan rakyat Republik Indonesia, Ketetapan Majelis Permusyawaratan rakyat Republik Indonesia Nomor I/MPR/2003 dan Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia.

Di akhir sambutanya, Kang Kuswiyanto memperkenalkan diri dan dia menyatakan siap berkomunikasi dengan warga Kecamatan Bubulan. Menurutnya, warga Kecamatan Bubulan pada Pileg (Pemilihan Legislatif) tanggal 9 April 2014 silam, telah memilih dia sehingga bisa duduk sebagai anggota DPR RI dari dapil IX yakni mewakili Kabupeten Bojonegoro dan Tuban.

“Terbukti, warga Kecamatan Bubulan memilih saya pada tanggal 9 April 2014 silam, sehingga saya terpilih menjadi wakil rakyat dan menjadi anggota DPR RI di Komisi VIII. Makanya, sebagai wakil panjenengan semua, saya siap berkomunikasi dan kalau mau bersilaturahmi silahkan datang ke rumah saya di Jl Mangga nomor 26 Desa Campurejo, Kecamatan Kota Bojonegoro,” ungkapnya.

Selain Camat Bubulan Mohammad Yasir, hadir pula Danramil Bubulan Kapten Syaiful, Kapolsek Bubulan AKP Supanji, Kepala desa Cancung Pujiono, para pegawai kecamatan Bubulan, para sekretaris desa dan perangkat desa di Kecamatan Bubulan, serta undangan lainnya. **(Kis/Puji).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More