Bupati Bojonegoro: Perempuan Miliki Kontribusi Besar Dalam Mendorong Sektor Ekonomi Dan Pembangunan

Sukisno

Bupati Bojonegoro: Perempuan Miliki Kontribusi Besar Dalam Mendorong Sektor Ekonomi Dan Pembangunan
Bagikan

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Bojonegoro, menyelenggarakan seminar, yang digelar di Pendopo Malowopati, Jalan P. Mas Tumapel Nomor 1, Bojonegoro, Jawa timur, Kamis (16/12/2021).

Seminar yang diselenggarakan oleh DP3AKB Bojonegoro itu, dalam rangka menyambut Hari Ibu  yang biasanya diperingati setiaptanggal 22 Desember di setiap tahunnya itu.

Menurut Plt Kepala DP3AKB, Ninik Susmiati peserta seminar berasal dari berbagai kalangan. Diantaranya sekitar 130 perempuan dari berbagai organisasi, ibu-ibu kepala OPD, ibu-ibu pejabat eslon 3 lingkup Pemkab Bojonegoro, ibu-ibu Camat Se-Kabupaten Bojonegoro, ibu-ibu koordinator penyuluh KB, ibu-ibu Dharmawanita, dan juga ibu-ibu pelaku usaha UMKM Bojonegoro.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

“Dalam momen ini, kita datangkan 2 narasumber yang sangat luar biasa, yaitu yang pertama Reni Widya Lestari, dari Iwapi (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) dan Yuanita Rosalina Dewi yang merupakan Psikolog RSUD Dr R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro,” terangnya.

Ninik menyampaikan maksud dari tema yang diangkat Perempuan Indonesia: Berdaya untuk Pulihkan Ekonomi Bangsa di Masa Pandemi Covid-19, adalah untuk memberikan inspirasi bahwa perempuan Indonesia merupakan salah satu penguat ekonomi keluarga.

“Perempuan pulihkan ekonomi bangsa adalah perjuangan perempuan Indonesia dari masa-kemasa. Selain itu, perempuan juga harus mampu mengembangkan jejaring antar pelaku usaha perempuan Bojonegoro agar saling mendukung dalam membangkitkan perekonomian di wilayah Bojonegoro ini,” terangnya.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah dalam kata sambutanya menyampaikan bahwa perempuan bisa masuk dalam berbagai sektor usaha layaknya laki-laki, namun ada satu fungsi yang tidak bisa dilakukan bapak-bapak yaitu melahirkan. Maka dirayakanlah Hari Ibu, bukan hari bapak, Itulah keunikan ibu-ibu.

“Perempuan itu indah, bukan semata-mata postur tubuh, tapi juga dari inner beauty,” ungkap Bupati Wanita Pertama di Bumi Angling Dharma itu.

Bu Anna – demikian, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, akrab disapa – menambahkan bahwa  menjadi wanita karir dan ibu rumah tangga itu bukan pilihan tapi untuk dilaksanakan. Misalkan anak atau karir, dua-duanya harus tuntas dilakukan.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Ditambahkan, yang perlu dicatat dalam kesuksesan perempuan pasti ada laki-laki di sampingnya, bagitu pula sebaliknya jika ada laki-laki yang sukses berarti ada perempuan yang bisa memberikan motivasi pada dirinya. Sehingga kesinambungan kolaboratif antar laki-laki dan perempuan itu sangatlah penting.

“Perempuan memiliki kontribusi yang besar dalam mendorong sektor ekonomi dan pembangunan di negeri ini,” kata Bu Anna menegaskan.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read