Jalan Veteran Bojonegoro Disidak, Soalnya Pembangunan Jalan itu Akibatkan Beberapa Kali Kecelakaan

0 175

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Pembangunan jalan yang ada di Jalan Veteran, Bojonegoro Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, dikeluhkan masyarakat. Pasalnya, dengan dibangunnya jalan itu, jalan menjadi becek, licin sehingga kerusakan jalan berlubang itu bisa menyebabkan terjadinya beberapa kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di sepanjang jalan tersebut. Apalagi, di lokasi itu tak dilengkapi rambu-rambu peringatan dan malam hari jalan gelap karna lampu penerangan jalan belum terpasang.

Kondisi itu, membuat keprihatinan dan menjadi perhatian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Satlantas Polres Bojonegoro serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro, melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) perbaikan Jalan Veteran itu.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bojonegoro, Muhammad Fauzan, menyatakan bahwa pihak terkait harus memperhatikan aspek keselamatan baik untuk pengguna Jalan maupun bagi para pekerja di proyek jalan tersebut.

“Pembangunan perlu dilaksanakan dan masyarakat butuh jalan mulus. Hanya saja, aspek keselamatan bagi pengguna jalan dan pekerja juga harus diperhatikan,” kata Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bojonegoro, di hadapan pekerja proyek di Jl Veteran Bojonegoro Kota itu.

Kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Bojonegoro dirinya mempertanyakan apakah sudah memasukkan aspek keselamatan apa belum. Sebab, keselamatan itu menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam pengerjaan setiap kegiatan proyek.

Jalan Veteran Bojonegoro Disidak, Soalnya Pembangunan Jalan itu Akibatkan Beberapa Kali Kecelakaan 1
Tampak, Kondisi Jalan Veteran di Bojonegoro Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, yang dibangun jalan dan trotoarnya akan tetapi beberapa kali mengakibatkan kecelakaan lalu lintas sehingga di sidak oleh DPRD, Dishub dan Satlantas Bojonegoro, Jum’at (15/12/2017).

“Proyek harus tetap berjalan, namun keselamatan juga jangan diabaikan. Apalagi gara-gara ada pembangunan jalan itu, membuat warga harus menjadi korban kecelakaan I lokasi jalan yang sedang dibangun itu. Jangan sampai pembangunan itu haru memakan korban,” ungkap pria yang akrab disapa Mas Fauzan itu, serius.

Sementara itu, Iptu Jatmiko selaku KBO Satlantas Popres Bojonegoro, juga menyayangkan terjadinya kecelakaan yang diduga disebapkan karena adanya pekerjaan perbaikan Jalan Veteran itu. Dirinya berharap pelaksana harus menyiapkan rambu-rambu pembatas untuk keselamatan pengguna Jalan.

“Jika pelaksana kegiatan proyek tak ada perhatian, maka hal ini bisa masuk ke ranah hukum,” jelasnya.

Pada kesempayan yang sam,a Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bojoengoro Iskandar, kepada awak para media menyatan bahwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalan Veteran Bojonegoro itu bukanlah kejadian yang biasa. Dirinya berpendapat bahwa hal tersebut sangatlah luar biasa, hal itu disebabkan perbaikan Jalan tersebut tidak diberi rambu-rambu peringatan sehingga menjadi penyebab terjadilah kecelakaan lalu lintas.

“Sehingga menjadi kewajibanlah bagi pelaksana untuk melakukan mediasi. Jika nggak ada mediasi maka masalahnya bisa dibawa keranah hukum,” tegasnya.

Masih menurut pria yang akrab disapa Pak Is itu, dalam insiden kecelakaan yang terjadi di Jalan Veteran tersebut merupakan kelalaian aparat. Mulai hari ini, proyek perbaiakan Jalan Veteran tersebut diperintahkan oleh DPRD agar dipasang rambu-rambu sesuai standarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Bojonegoro Andi Tjandra melalui Pejabat Pelaksana Teknis Iwan Maulana, menuturkan bahwa untuk hari ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Instansi Dishub Bojonegoro dan pihak Polres Bojonegoro untuk segera memasang rambu-rambu.

“Khusus hari ini, kita konsentrasi untuk memasang rambu-rmabu lalu lintas, untuk keselamatan pengguina jalan yang melintasi jalan veteran yang sedang dilaksanakan pembangunan jalan dan trotoar itu,” ucap Pejabat Pelaksana Teknis Iwan Maulana, Jum’at (15/12/2017).

Mengenai keluhan masyarakat tentang banyaknya korban kecelakaan yang terjadi di Jl Veteran di lokasi proyek itu, dirinya menyatakan akan berkoordinasi dengan pihak Dishub dan Kepolisian setempat. **(Kis/Red).

 

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More