Kodim 0813 Bojonegoro, Gelar Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA 2017

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Menyambut berbagai kegiatan TNI ke depan yang makin banyak dan menyibukkan, hal itu membuat Kodim 0813 Bojonegoro bersiap dengan menggelar kegiatan guna meningkatkan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan, guna menghadapi permasalahan diwilayah binaanya. Kegiatan digelar di Gedung Ahmad Yani, yang berada di Lingkup Makodim setempat, Kamis (14/12/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan guna meningkatkan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan itu, diikuti sebanyak 345 personil yang terdiri dari Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 0813 Bojonegoro. Dimana, apel Danramil dan Babinsa kali ini, merupakan Apel tersebar di TA 2017 ini.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto, S.Sos., dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, bertujuan untuk mendukung tugas pokok TNI-AD. Selain itu, juga untuk menyegarkan kembali pengetahuan sebagai prajurit kewilayahan. Dengan materi 5 (lima) kemampuan teritorial, sikap teritorial, ketatalaksanaan Binter serta studi kasus.

“Ini upaya dari Komando Atas, dalam merefresh kembali tentang kemampuan dan pengetahuan untuk segenap Babinsa. DIharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat, motivasi yang tinggi, serta jadikan sebagai implementasi dan pembelajaran. Sehingga, kegiatan ini benar-benar memberikan manfaat untuk menunjang pelaksanaan tugas,” tegas Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto,S.Sos, dihadapan ratusan anggotanya yang memadati gedung Ahmad Yani, Kamis (14/12/2017).

Masih menurut Letkol Arh Redinal Dewanto,S.Sos, menekankan, sebagai prajurit kewilayahan agar selalu berpegang teguh pada peraturan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Terlebih kedepan Kabupaten Bojonegoro akan menggelar event Pilkada 2018. Terkait hal ini, Kodim 0813 Bojonegoro beserta jajaran akan membackup rekan Polres untuk mensukseskan Pilkada yang aman dan kondusif.

“Saya selalu menekankan tentang pentingnya menjaga Netralitas TNI dalam setiap event politik, artinya prajurit TNI tidak memilih dan mendukung salah satu kandidat calon dalam pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu. Terkait Pilkada tidak ada Prajurit Kodim 0813 Bojonegoro yang terpengaruh oleh ajakan salah satu kandidat, atau calon untuk memberikan dukungan. Tugas TNI adalah membeckup Kepolisian untuk pengamanan, agar dalam pelaksanaannya berjalan tertib dan aman,” ungkapnya serius.

Dalam kegiatan itu, juga dihadiri Pasi Puanter Korem 082/CPYJ Mayor Inf Puguh Jatmiko. Dalam menyampaikan materinya, pihaknya menyambut diantaranya tentang Sikap Teritorial, 5 Kemampuan Teritorial, Metode Binter, Penanganan Terorisme, Membantu tugas daerah, dan Netralitas TNI.

“Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan kepada Danramil dan Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang aktual di wilayah. Dengan cepat, tepat dan kreatif mengaplikasikan Pembinaan Teritorial.” Tegas Pasi Puanter Korem 082/CPYJ Mayor Inf Puguh Jatmiko, dalam menyampaikan paparan meterinya.

Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang aplikasi Binter dan permasalahan sosial sesuai tipologi yang menjadi tanggung jawabnya guna mendukung tugas pokok Kodim 0813 Bojonegoro.

Kegiatan juga diisi dengan materi-materi dari instansi terkait lainnya, diantaranya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro dan Dinas Keakaran (Damkar) Bojonegoro, dengan simulasi penanganan kebakaran dan banjir. Hadir pula, pemateri dari Polres Bojonegoro yang membawakan materi Kamtibmas dan Dinas Pertanian Bojonegoro tentang upaya peningkatan kualitas dan mutu pertanian guna mensuksekan Program Swasembada Pangan. **(Kis/Red).

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar