Disnakkan Bojonegoro Gelar Bimtek Optimalisasi Wilsumbit Sapi Peranakan Ongole, di SDN Dolokgede, Tambakrejo

Sukisno

Disnakkan Bojonegoro Gelar Bimtek Optimalisasi Wilsumbit Sapi Peranakan Ongole, di SDN Dolokgede, Tambakrejo
Bagikan

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) menggelar Bimtek Optimalisasi Wilsumbit Sapi Peranakan Ongole (PO), yang berlangsung di Ruang Pertemuan SD Negeri Dolokgede, turut Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Selasa  (14/12/2021).

 Acara diikuti oleh 70 orang dari kelompok budidaya sapi potong di wilayah Sumber Bibit Sapi PO di Kecamatan Tambakrejo dan Petugas Teknis Peternakan dan inseminasi buatan maupun pendamping peternakan.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro Catur Rahayu dalam laporannya menyampaikan bahra maksud dan tujuan Bimtek optimalisasi Wilayah Sumber Bibit Sapi PO di Kabupaten Bojonegoro adalah untuk mendukung program padat karya dan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan semangat peternak sapi potong dalam mengoptimalkan potensi wilayah Sumber Bibit Sapi potong, sehingga akan meningkatkan produktivitas dan pendapatan usaha tani ternak.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam arahannya via daring menyampaikan bahwa Pemerintah Bojonegoro memandang usaha beternak sapi ini sebagai usaha yang sangat potensial sehingga bisa dijadikan salah satu kegiatan prioritas dalam meningkatkan pendapatan peternak di Kabupaten Bojonegoro ini.

“Peningkatan pendapatan peternak bisa melalui beberapa kebijakan dari hulu sampai hilir dengan program unggulan di berikan kepada peternak yaitu sertifikat layak bibit sapi PO, optimalisasi pelayanan teknologi reproduksi yaitu pelayanan IB gratis, singkronisasi birahi dan embrio transfer (ET), menjamin ketersediaan vaksin dan obat hewan melalui pelayanan kesehatan hewan,” ungkap Bupati Wanita Pertama di Bumi Angling Dharma ini.

Masih menurut Bu Anna – demikian, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah akrab disapa – bahwa Kabupaten Bojonegoro telah ditetapkan sebagai Wilsumbit Sapi PO ( Wilayah Sumber Bibit Sapi Peranakan Ongole ) khususnya di wilayah Kecamatan Tambakrejo ini,

“Wilsumbit Sapi PO (Wilayah Sumber Bibit Sapi Peranakan Onggol) Kabupaten Bojonegoro menempati urutan ke 2 Se-Jawa Timur,” katanya bangga.

Di akhir sambutanya, Bu Anna berharap dengan adanya kerjasama Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro dengan Loka Penelitian Sapi Potong  serta Perguruan Tinggi ini akan bisa mengembangkan Wilsumbit Sapi PO di Kecamatan lain yang berada di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini.

Acara dihadiri Camat Tambakrejo Syaifurrohim beserta Forkopimcam, Kepala Desa Dologgede Nunuk Sri Rahayu, serta undangan lainnya.

**(Kis/Red),

Bagikan

Also Read