Berikut Ciri Ciri Anak Terkena Penyakit Difteri Waspada Selalu

moch akbar fitrianto

ciri difteri
Bagikan

Nasional (rakyatnesia.com) – Berikut Ciri Ciri Anak Terkena Penyakit Difteri Waspada Selalu, Bakteri Corynebacterium diphtheriae merupakan penyebab dari penyakit bernama Difteri, bakteri ini menyerang selaput lendir didalam hidung dan tenggorokan. JIka anak terkena bakteri ini biasanya akan mengalami lemas, sakit tenggorokan, demam dan lemas.

“Kelihatannya lemas, tulang-tulang yang ada di dalam tubuh tidak berfungsi menopang berat tubuh, demam tinggi,” kata Ruskan, petugas Dinas Kesehatan Puskesmas Sukamaju Baru, Depok, Jawa Barat, Senin (11/12/2017).

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Ciri difteri yang paling khas adalah munculnya pseudomembran atau selaput berwarna putih keabuan di bagian belakang tenggorokan yang mudah berdarah.

Hal itu yang menyebabkan rasa sakit saat menelan, kadang disertai pembesaran kelenjar getah bening dan pembengkakan jaringan lunak di leher yang disebut bullneck.

Sumbatan ini bisa menghalangi jalan napas, menyebabkan anak atau penderita harus berjuang untuk bisa bernapas. Lebih bahaya lagi, difteri dapat merusak jantung, ginjal, dan sistem saraf, bahkan difteri bisa mematikan.

Difteri banyak menyerang mereka yang tidak pernah mendapatkan imunisasi. Karena itu, imunisasi difteri penting dilakukan sebagai upaya pencegahan.

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

“Imunisasi difteri penting untuk mencegah, lebih baik mencegah, toh, daripada mengobati,” kata Ruskan.

Tapi, imunisasi difteri dilakukan perlu diperhatikan juga syarat-syarat yang harus dipenuhi saat. Anak yang akan diimunisasi contohnya wajib dalam keadaan sehat.

Jika anak tersebut sedang mengalami demam, anak boleh dilakukan imunisasi, tetapi dengan catatan suhu tubuhnya tidak lebih dari tiga puluh tujuh derajat.

“Demam di bawah tiga puluh tujuh derajat masih boleh dan batuk pilek biasa juga masih boleh,” ujarnya.

Berikut Ciri Ciri Anak Terkena Penyakit Difteri

Baca Juga :

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Tips Mencegah Wabah Difteri, Penyakit Berbahaya Bagi Anak – Anak

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar