Bupati Lamongan Fadeli, Dilaporkan Terkait Dugaan Suap Serta Korupsi

moch akbar fitrianto

Bupati Lamongan Fadeli, Dilaporkan Terkait Dugaan Suap Serta Korupsi
Bagikan

BERITA LAMONGAN (rakyatnesia.com) – Laporan Korupsi di kawasan Pejabat Lamongan banyak dilaporkan oleh masyarakat. Dan ternyata tidak luput dilaporkan Bupati yang masih aktif bertugas yakni H. fadeli, SH. MM atas dugaan suap dan korupsi dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pertanian dan SKPD lainnya ke Kejaksaan Agung RI. Berdasarkan surat laporan Nomor 380/(Rahasia)/1/20209 per tanggal 10 Januari 2020 Bupati Lamongan Fadeli resmi dilaporkan ke Kejagung RI dengan sejumlah bukti dokumen, foto, beserta daftar harta kekayaan milik Fadeli dan Keluarga.

Surat laporan tersebut terkait dugaan kasus korupsi di SKPD Dinas Pertanian dan SKPD lainnya yang ada kaitannya dengan DAK dari APBN yang ditransfer ke APBD Kabupaten Lamongan yang melibatkan Bupati Lamongan Tahun 2016 – 2017.

Baca Juga  Sejarah Sego Boran Lamongan, Yang Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

Dalam pengelolaan DAK dari pusat biasanya Bupati, Kepala BPKAD dan Kepala Dinas terkait berhubungan dengan orang kementerian maupun DPR RI menggunakan suap sebesar 7 persen sebagai biaya “Unduh”.

baca juga : Nyabu Di Taman GKB Gresik, Warga Kalitengah, Lamongan Ini Diciduk Polisi (rakyatnesia.com)

Seperti rincian dalam surat laporan menjelaskan jika DAK diperoleh dengan membeli dari pusat maka total suap 12 persen dibagi sebagai berikut : Untuk Pusat (Fee Unduh) sebanyak 7 persen, Bupati 2,5 persen, Sekda 0,5 persen, SKPD 1 persen untuk Pokja dan Keamanan 1 persen.

Baca Juga  Ketua DPRD Abdul Ghofur Bakal Calonkan Diri Sebagai Pemimpin Lamongan Di Pilkada Mendatang

Dalam laporan menyebutkan suap – suap diatas berlaku untuk semua proyek fisik yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pada semua SKPD. Diantaranya menyebutkan dari bukti catatan Kabag Pembangunan yang kini menjabat Kepala Dinas PU. Bina Marga.

Di dokumen laporan juga tertera bukti foto penyerahan uang suap saat itu melalui Kabag Pembangunan ke Bupati di garasi pendopo.

Selain itu, isi dokumen membeberkan sejumlah harta kekayaan Bupati Fadeli dengan rincian 89 tempat kepemilikan tanah bangunan, tanah tambak, dan tanah kavling. Masing-masing luasnya berbeda-beda. Jika ditotalkan mencapai ratusan ribu meter persegi.

Baca Juga  Alun Alun Ramai Sesak, Pada Anniversary Persela ke 57

Yang terakhir dokumen berisi laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Lamongan. Laporan tersebut hasil pemeriksaan sistem pengendalian intern.

Baca Juga : As Patah Truk Angkut Triplek Terguling di Raya Deket, Lamongan (rakyatnesia.com)

Sementara, hasil laporan masyarakat atas dugaan suap dan korupsi Bupati Lamongan hingga saat ini menunggu tindaklanjut dari Kejagung.

Sumber : Kanalindonesia.com Ditulis oleh Omdik.

Bagikan

Also Read