Portal Berita Bojonegoro Lamongan
IoT

Mencari dalam riwayat perintah Linux

Saya sudah pernah membahas bagaimana caranya untuk melihat daftar perintah yang pernah anda eksekusi di shell Linux, kalau cuma sedikit dan memang anda tidak tahu apa perintah yang dicari memang tidak masalah menyisirnya. Cuma agak lama saja menemukan yang tepat. Bagaimana kalau anda ingat sebagian perintah? Contoh perintah tar, yang bikin pusing itu parameternya karena butuh beberapa buah baru bisa berfungsi sesuai keinginan. Padahal hanya kompresi dan ekstrak file saja.

Baca Juga  Cara mencari swap file

Dan memang saya sering menggunakannya karena tidak hapal apa saja parameternya dan tempat file – file yang berhubungan. Kalau pakai tombol panah atas bisa keriting jari. 😛 Langsung saha ke solusinya, pada shell Linux tekan kombinasi tombol <strong>CTRL+R</strong> dan langsung saja ketikkan beberapa huruf dari perintah yang anda cari. Selesai.

Baca Juga  Mengenal jenis – jenis perlindungan DDoS

Anda bisa langsung eksekusi perintah lengkap yang muncul dengan menekan ENTER. Tapi apabila anda menekan tombol panah atas atau bawah, maka kita akan loncat ke posisi perintah sebelum atau sesudahnya.

Untuk keluar dari mode pencarian silahkan tekan CTRL+G, nanti akan kembali ke mode prompt shell seperti biasanya. Ini prosedur yang disarankan, tapi tidak ada yang melarang pakai panah kemudian dihapus teksnya. 😛

Baca Juga  Cara mencari file yang berisikan teks spesifik

moch akbar fitrianto

Adalah Seorang penulis berita Teknologi dan juga Olahraga Khususnya Sepak bola dan MotoGP
Lihat Juga
Close
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku