Mencari dalam riwayat perintah Linux

moch akbar fitrianto

Mencari dalam riwayat perintah Linux
Bagikan

Saya sudah pernah membahas bagaimana caranya untuk melihat daftar perintah yang pernah anda eksekusi di shell Linux, kalau cuma sedikit dan memang anda tidak tahu apa perintah yang dicari memang tidak masalah menyisirnya. Cuma agak lama saja menemukan yang tepat. Bagaimana kalau anda ingat sebagian perintah? Contoh perintah tar, yang bikin pusing itu parameternya karena butuh beberapa buah baru bisa berfungsi sesuai keinginan. Padahal hanya kompresi dan ekstrak file saja.

Dan memang saya sering menggunakannya karena tidak hapal apa saja parameternya dan tempat file – file yang berhubungan. Kalau pakai tombol panah atas bisa keriting jari. 😛 Langsung saha ke solusinya, pada shell Linux tekan kombinasi tombol <strong>CTRL+R</strong> dan langsung saja ketikkan beberapa huruf dari perintah yang anda cari. Selesai.

Anda bisa langsung eksekusi perintah lengkap yang muncul dengan menekan ENTER. Tapi apabila anda menekan tombol panah atas atau bawah, maka kita akan loncat ke posisi perintah sebelum atau sesudahnya.

Untuk keluar dari mode pencarian silahkan tekan CTRL+G, nanti akan kembali ke mode prompt shell seperti biasanya. Ini prosedur yang disarankan, tapi tidak ada yang melarang pakai panah kemudian dihapus teksnya. 😛

Bagikan

Also Read