Kompolnas Jelaskan Arahan Kapolri Adalah Perwujudan Reformasi Kultural Polri

Sukisno

Kompolnas Jelaskan Arahan Kapolri Adalah Perwujudan Reformasi Kultural Polri
Bagikan

JAKARTA (RAKYATNESIA) – Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., mengingatkan pimpinan Polri harus bisa menjadi teladan bagi seluruh anggotanya. Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti menilai bawa arahan Kapolri tersebut sebagai perwujudan dari reformasi kultural Polri.

“Arahan Kapolri adalah perwujudan dari Reformasi Kultural Polri. Semangat Reformasi Kultural Polri harus terus-menerus digelorakan agar pimpinan dan seluruh anggota Polri benar-benar melaksanakan dengan baik,” jelasnya lewat pesan tertulis, Sabtu (04/12/2021).

Menurutnya, masyarakat berharap watak dan perilaku anggota Polri pada masa orde baru berubah. Dari yang semula militeristik, arogan, pungli, harus menjadi polisi sipil yang humanis dan menghormati HAM.

“Sebagai polisi harus dapat melaksanakan tugasnya untuk melayani, mengayomi, melindungi masyarakat dan menegakkan hukum guna mewujudkan harkamtibmas,” ucapnya.

Komisioner Kompolnas itu melanjutkan bahwa sifat melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat perlu dikedepankan dengan tulus. Tindakan preventif polisi juga perlu dikedepankan.

“Anggota Polri juga perlu lebih mengedepankan tindakan preventif dan preemtif ketimbang penegakan hukum,” pungkasnya.

**(Anto/Red).

Bagikan

Also Read