Portal Berita Bojonegoro Lamongan
FeaturedSambang Desa

Kades Sranak: Harga Lelang TKD Diturunkan Agar Warga Peroleh Keuntungan Sehingga Makin Sejahtera

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemerintah Desa (Pemdes) Sranak, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, meggelar pelaksaan sewa tanh kas desa (TKD) tahun 2022, di balai desa setempat, Rabu (30/11/2022).

Kegiatan sewa atau lelang TKD tersebut dimaksud untuk memperoleh PADes (Pendapatan Asli Desa) itu guna penambahan tunjangan kepala desa dan perangkat desa serta menjadi salah satu sumber PADes untuk membangun desanya.

Kegiatan pelaksanaan sewa/lelang TKD berpedoman pada Peraturan Kepala Desa Sranak Tahun 2022 tentang sewa/lelang tanah Kas Desa Sranak, yang berada di wilayah Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro di Tahun 2022 ini.

Asmadi Selaku Kepala Desa Sranak, dalam kata sambutannya mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Forpimcam, peserta Lelang, serta warga masyarakat setempat.

Baca Juga  Jalan Poros Desa Dari Tlogorejo Ke Blongsong Sekitar 400 Meter Kondisinya Rusak Berat Dan Perlu Segera Diperbaiki

”Atas nama pribadi dan Pemdes Trucuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada Forpimcam Trucuk dan segenap elemen Masyarakat Desa Sranak yang sudah hadir dalam acara pelaksanaan sewa TKD tahun 2022 ini,” kata Kades Sranak Asmadi, Rabu (30/11/2022).

Lanjut Usman, bahwa pelaksanaan lelang ini diharapkan bisa menambah PADes. Dia berharap, pelaksanaan lelang bisa berjalan tertib, lancar dan aman. Sehingga bisa bermanfaat bagi Masyarakat.

Kades Sranak: Harga Lelang TKD Diturunkan Agar Warga Peroleh Keuntungan Sehingga Makin Sejahtera 1

“Untuk Harga Sewa Tanah Kas Desa tahun ini Akan Diturunkan Hingga 50 persen dari harga lelang tahun Lalu. Penurunan harga lelang ini dikarenakan mahalnya biaya bercocok tanam dan terkadang masih ada hama sehingga membuat petani yang dapat lelang itu merugi,” kata pria yang akrab disapa Mas Usman itu menegaskan.

Baca Juga  Polsek Purwosari Polres Bojonegoro Laksanakan Operasi Miras Jelang Nataru

Ditambahkan, dengan diturunkannya harga lelang TKD itu bisa meringankan masyarakat sehingga dalam mengelola sawah lelang tersebut mereka bisa memperoleh panen yang baik dan menguntungkan.

“Semoga masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Sehingga masyarakat Sranak sini ekonominya semakin membaik dan makin sejahtera,” katanya dengan penuh harap.

Selanjutnya Kegiatan Pelaksanaan Lelang TKD dilaksanakan oleh para perangkat desa Sranak yang diawali dengan pembacaan tata tartib lelang.

Baca Juga  Jalan Poros Desa Dari Tlogorejo Ke Blongsong Sekitar 400 Meter Kondisinya Rusak Berat Dan Perlu Segera Diperbaiki

Adapun tanah kas desa yang disewakan, yakni, Eks bengkok kepala desa; Eks bengkok  Sekdes dan Rowo; Eks Bengkok Jogoboto dan Rowo; Eks bengkok Bayan 1/ Surip dan Rowo; Eks bengkok Bayan 2/ Taslim dan Rowo; Eks bengkok Bayan 3/ Sukairi dan Rowo; Eks bengkok Modin dan Rowo. Selain itu, ada tanah Celeng/bank yakni, Rowo 4 petak; Rowo pinggir bengawan; Sawah 5 petak.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Trucuk Bayudono MJ, Kapolsek Trucuk AKP Supriyono, Danramil Trucuk Kapten Inf Ratik, BPD, Tokoh masyarakat, Ketua RT, ketua RW dan warga peserta lelang serta undangan lainnya.

**(Kis/Adv).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku