Nasi Buwohan Bojonegoro Raih Juara Terbaik I FMKD Se-Bakorwil Bojonegoro, di Lamongan

0 226

LAMONGAN (RAKYAT INDEPENDEN) – Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) Pemerintahan dan Pembangunan Bojonegoro, Laksanakan Festival Makanan Khas Daerah (FMKD), yang digelar di Pendopo Loka Karya Kabupaten Lamongan, Jawa timur, Rabu (28/11/2018).

FKMD yang digelar di penghujung tahun 2018 ini, diikuti sebanyak 8 (delapan) Kabupaten/Kota di wilayah Bakorwil Bojonegoro, meliputi, Kabupaten Bojonegoro,Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Kota Mojokerto dan Kabupaten Gresik.

Kegiatan FMKD kali ini mengambil Tema “Makanan Khas Daerah Mendukung Pengembangan Perekonomian di Daerah ” merupakan rangkaian kegiatan di Bakorwil Bojonegoro dalam ikut memeriahkan Hari Jadi ke-73 Provinsi Jawa Timur, sekaligus memberi kesempatan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota untuk memamerkan produk-produk UMKM yang ada di daerahnya masing-masing.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jatim Ny Gardjati Heru Tjahjono dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa FMKD ini adalah sebagai momentum bagi para perwakilan dari PKK Kabupaten/Kota untuk memamerkan aneka produk UMKM makanan khas yang dimiliki oleh masing Kabupaten/Kota yang ada di daerahnya masing-masing.

“FMKD mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi makanan seimbang dimana pada festival ini untuk memamerkan makanan khas yang sehat, bergizi, aman dan halal,” terangnya

Masih kata Gardjati Heru Tjahjono, saat ini banyak makanan yang kurang berimbang sehingga saat mengkomsumsi banyak penyakit yang ditimbulkan oleh makanan, bahkan saat ini masyarakat lebih memilih makanan cepat saji atau instan.

Nasi Buwohan Bojonegoro Raih Juara Terbaik I FMKD Se-Bakorwil Bojonegoro, di Lamongan 1
TamKetua TP PKK Bojonegoro Ny Indah Budi Irawanto, berfoto bersama rombongan usai mengikuti Lomba Festival Makanan Khas Daerah (FMKD), yang digelar di Pendopo Loka Karya Kabupaten Lamongan, Jawa timur, Rabu (28/11/2018).

Bahkan dalam makanan tersebut banyak penyakit yang timbul terlebih lagi penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung, stroke dan penyakit lainnya. Biasanya penyakit itu merupakan jenis penyakit pembunuh begitu cepat, tanpa ada tanda – tanda sebelumnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan H Fadeli mengatakan, dengan adanya festival ini diharapkan PKK yang ada dalam wilayah Bakorwil Bojonegoro bisa turut memamerkan dan terus mensosialisasikan makanan khas daerah sehingga makanan khas daerah bisa dikonsumsi dengan aman dan sehat.

“Kami berharap, agar dapatnya kegiatan ini terus dipertahankan dan ke depan lebih ditingkatkan lagi. Karena kegiatan seperti ini hanya ada di Bakorwil Bojonegoro,” imbuhnya.

Untuk duta FMKD Kabupaten Bojonrgoro dalam kegiatan ini diwakili oleh TP PKK Kecamatan Balen, yang berhasil meraih juara I dengan menu masakan nasi Buwohan. Hadir dan menerima penghargaan adalah adalah Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro Ny Indah Budi Irawanto, yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jatim Ny Gardjati Heru Tjahjono, Rabu (28/11/2018).

Adapun pemenang Lomba FMKD selengkapnya, yakni, Juara terbaik I diraih Kabupaten Bojonegoro, Juara terbaik II Kabupaten Lamongan, Juara terbaik III Kabupaten Jombang. Untuk juara harapan I diraih Kabupaten Tuban, Juara harapan Kabupaten Mojokerto, Juara harapan III Kabupaten Nganjuk, Juara harapan IV Kota Mojokerto dan Juara harapan V Kabupaten Gresik.

Dalam festival tersebut dihadiri langsung oleh Ketua DWP Provinsi Jatim Ny Gardjati Heru Tjahjono, Bupati Lamongan H. Fadeli beserta Ibu, Istri Wakil Bupati Bojonegoro Ny Indah Budi Irawanto, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, atau yang mewakili, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Hadir pula Ibu Koordinator Tim Penggerak PKK Bakorwil Bojonegoro, Kepala Dinas/Badan Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota se Bakorwil Bojonegoro, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota Se-Wilayah Bakorwil Bojonegoro.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More