Mencari dan menghapus file lama pada Linux

moch akbar fitrianto

Mencari dan menghapus file lama pada Linux
Bagikan

Kita sudah membuat proses backup data VPS secara otomatis dan berkala. Ini sudah cukup untuk mengamankan data – data kita apabila ada musibah yang menimpa server. Tapi kalau dibiarkan lama – lama ya penuh juga kapasitas harddisknya. Dan kegiatan menghapus secara manual belum bisa dikatakan merepotkan kalau cuma 1-2 VPS, tapi bayangkan kalau sampai 10 buah. 😀 Bisa keriting jari.

Ya, kali ini saya share salah satu perintah yang rutin saya lakukan setiap sebulan sekali atau lebih. Tergantung frekuensi backupnya. Jadi yang dilakukan adalah mencari file – file dalam direktori backup yang berusia lebih dari 30 hari dan kemudian dihapus.

find ~/direktori_backup/* -mtime +30 -exec rm {} \;

Ini kalau dikombinasikan dengan cron ya lebih bagus lagi karena jadi otomatis dijalankan. Tinggal kita rutin – rutin saja mengawasi isi backupnya apakah normal atau tidak. 🙂

Saya sangat menyarankan agar waktu awal – awalnya dilakukan secara manual dulu untuk memastikan bekerja dengan baik, karena urusannya dengan menghapus file maka bisa runyam hasilnya kalau sampai ada kesalahan.

Bagikan

Also Read