Portal Berita Bojonegoro Lamongan
IoT

Mencari dan menghapus file lama pada Linux

Kita sudah membuat proses backup data VPS secara otomatis dan berkala. Ini sudah cukup untuk mengamankan data – data kita apabila ada musibah yang menimpa server. Tapi kalau dibiarkan lama – lama ya penuh juga kapasitas harddisknya. Dan kegiatan menghapus secara manual belum bisa dikatakan merepotkan kalau cuma 1-2 VPS, tapi bayangkan kalau sampai 10 buah. 😀 Bisa keriting jari.

Baca Juga  Mencegah update paket aplikasi tertentu di CentOS

Ya, kali ini saya share salah satu perintah yang rutin saya lakukan setiap sebulan sekali atau lebih. Tergantung frekuensi backupnya. Jadi yang dilakukan adalah mencari file – file dalam direktori backup yang berusia lebih dari 30 hari dan kemudian dihapus.

find ~/direktori_backup/* -mtime +30 -exec rm {} \;

Ini kalau dikombinasikan dengan cron ya lebih bagus lagi karena jadi otomatis dijalankan. Tinggal kita rutin – rutin saja mengawasi isi backupnya apakah normal atau tidak. 🙂

Baca Juga  Mengatasi error SSH Connection refused

Saya sangat menyarankan agar waktu awal – awalnya dilakukan secara manual dulu untuk memastikan bekerja dengan baik, karena urusannya dengan menghapus file maka bisa runyam hasilnya kalau sampai ada kesalahan.

moch akbar fitrianto

Adalah Seorang penulis berita Teknologi dan juga Olahraga Khususnya Sepak bola dan MotoGP
Lihat Juga
Close
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku