Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Tekno

Tips Agar Baterai Laptop Awet Sepanjang Hari Hingga Besok

Rakyatnesia.com -Laptop Merupakan Komputer Kecil Yang Dapat Dibawa Dimana Saja Dan Mempermudahkan Penggunanya Dalam Melakukan Aktivitas Bermain Game Atau Pekerjaan Produktivitas.

Tips Agar Baterai Laptop Awet Sepanjang Hari Hingga Besok 1

Laptop Dilengkapi Dengan Baterai Yang Memaksimalkan Pengguna Agar Tahan Lebih Lama Dan Bisa Digunakan Kapanpun Dan Dimanapun Untuk Penggunaan Baterai Si Pengguna Juga Harus Tau Cara Merawat Dan Mengetahui Kapan Harus Di Isi Dan Kapan Harus Di Cek Kualitas Baterainya.

Meski memiliki ketahanan maksimal, kadang kala pengguna harus menghadapi kondisi dimana baterai laptop cepat habis bahkan lebih cepat dari biasanya alias boros.

Adapun penyebab baterai laptop cepat habis karena baterai dipakai secara berlebihan, misalnya digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat dan dalam waktu yang lama atau menggunakan perangkat saat sedang melakukan pengisian daya. Hal ini dapat membuat baterai bekerja keras dan bisa mengalami pemborosan.

Ketika baterai laptop sudah ‘kalah’, pengguna akan lebih susah bergerak bebas dalam menggunakan laptop. Pasalnya, ia akan bergantung pada tempat-tempat yang memiliki colokan untuk tetap mendapatkan asupan listrik.

Baca Juga  Score Hero 2023 Mod Apk v2.70 (Unlimited Money/Energy) Download 2022

Sebelum itu semua terjadi, pengguna dapat melakukan usaha-usaha untuk dapat menghemat baterai laptop.

Berikut Langkah Langkah Agar Baterai Tidak Cepat Boros Ketika Digunakan :

1. Jangan mengisi daya baterai terlalu lama

Kebiasaan pengguna adalah melakukan pengisian daya terlalu lama bahkan bisa sampai pagi. Padahal hal ini juga kurang baik untuk baterai yang dapat menyebabkan baterai menjadi lebih boros.

Jadi, ketika baterai laptop sudah penuh, segera cabut chargernya, Perlu diketahui bahwa dalam mengisi daya (cas), ada laptop yang membutuhkan waktu 1-2 jam atau ada juga 4-6 jam, tergantung pada laptop.

Namun, pada laptop model baru, biasanya memberikan informasi “plugged in, not charging” ketika baterai sudah terisi penuh yang berarti, laptop sudah tidak mengisi daya ke baterai. Saat itu, charger tak dilepas pun tidak masalah.

  1. Aktifkan mode hemat baterai

Saat mode hemat baterai pada laptop diaktifkan, maka pekerjaan bisa lebih aman karena baterai lebih hemat. Namun, saat hemat baterai aktif, layar laptop biasanya akan menjadi lebih redup. Usahakan kamu tetap berada di tempat yang cukup cahaya untuk bisa melihat layar laptop dengan baik agar kesehatan mata juga dapat terjaga.

3.Jangan Membiarkan Laptop Tetap Menyala Ketika Anda Sedang Tidak Menggunakannya

Pengguna mungkin terbiasa membiarkan laptopnya menyala begitu saja tanpa digunakan, Hal tersebut tentunya dapat membuat baterai lebih mudah terkuras. Usahakan agar mematikan laptop saat tidak digunakan.

  1. Melakukan Pengaturan

Jika laptop telanjur boros. Cobalah untuk mengatur opsi daya di laptop. Caranya, klik tanda baterai pada pojok kanan bawah, lalu aktifkan ke mode balance, selanjutnya atur Turn off the display pada baterai menjadi Never juga atur Put the computer to sleep menjadi Never.

Kemudian lakukan konfigurasi pilihan Hibernate dengan cara pilih Power Options > Change Plan Settings > Advance Settings > Battery > Set it to hibernate dan atur Low battery level 5%. Biarkan laptop menyala hingga baterainya habis, lalu lakukan pengisian daya kembali hingga penuh. Jangan gunakan laptop saat pengisian daya sedang berlangsung.

5.Mengatur Penggunaan Secara Berkala

Dengan Menggunakan Secara Berkala Laptop Akan Tetap Awet Hingga Besok Sehingga Dapat Digunakan Pada Waktu Terpepet Dengan Pekerjaan Dadakan,Penggunaanya Harus Dibatasi Sesuai Dengan Pekerjaan Anda Dalam Mengatur Penggunaan

Itulah Tips Yang Bisa Saya Berikan Kepada Anda Ketika Menghemat Baterai Laptop Dengan Baik.

Rachmat Dafa Erlangga

Seorang pengamat sepakbola dan pecinta sepakbola yang sudah menulis selama 2 tahun di dunia sepakbola. Tidak hanya sepakbola, Saya Juga menyukai dunia mobile gaming
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku