Berita

Uni Eropa: Keamanan Israel Terjamin dengan Pembentukan Negara Palestina

rakyatnesia.com – Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, menyatakan bahwa pembentukan negara Palestina merupakan cara terbaik untuk menjamin keamanan Israel.

Pernyataan ini disampaikan dalam rapat melalui video dengan Menteri Luar Negeri dari 27 negara anggota Uni Eropa setelah kunjungannya ke Timur Tengah untuk membahas konflik antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

Borrell, seorang diplomat terkemuka Uni Eropa, mengungkapkan bahwa kesimpulan politik yang mendasar diambil dari diskusi di seluruh kawasan tersebut.

Dalam ringkasan tertulis dari rapat para Menteri Luar Negeri Uni Eropa, Borrell menyatakan, “Saya pikir jaminan terbaik bagi keamanan Israel adalah pembentukan negara Palestina.”

Baca Juga  Daftar 50 Transfer Pesepakbola Termahal Sepanjang Masa

Dalam pernyataannya, Borrell bersikeras menegaskan bahwa Israel tidak boleh menduduki Jalur Gaza setelah konflik berakhir nantinya dan kendali atas wilayah itu harus diserahkan kepada Otoritas Palestina.

“Meskipun ada tantangan besar, kita harus memajukan refleksi kita mengenai stabilisasi Gaza dan neara Palestina di masa depan,” ujarnya.

Baca Juga  Prediksi Skor Liverpool vs. Chelsea, Jadwal Super Sunday Big Match Liga Inggris,  20 Oktober 2024

Disebutkan juga oleh Borrell bahwa ada ‘rasa urgensi’ atas situasi kemanusiaan yang menyedihkan di Jalur Gaza.

“Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyerukan jeda kemanusiaan segera merupakan langkah maju yang besar, namun kita harus memastikan penerapannya secara cepat,” sebutnya.

Kekhawatiran besar lainnya, menurut Borrell, adalah kemungkinan konflik yang kini berlangsung akan semakin memperburuk situasi di Tepi Barat dan menyeret negara-negara lainnya di Timur Tengah.

“Mengingat meningkatnya kekerasan ekstremis dan para pemukim terhadap warga Palestina, terdapat risiko nyata bahwa situasi bisa meningkat,” ucapnya.

Baca Juga  Memperkenalkan Pusat Baru untuk Sumber Global Daring di Indonesia

“Laporan tentang sebuah kapal yang dibajak oleh Houthi adalah sinyal mengkhawatirkan lainnya mengenai risiko penyebaran konflik regional,” imbuh Borrell dalam pernyataannya.

Panjoel Kepo

Jurnalis Media Rakyatnesia.com berpengalaman dari Kota Soto Lamongan, Lihai menulis berbagai macam informasi, mulai dari olahraga, entertainment, Musik dunia viral media sosial dan berbagai macam lainnya.

Related Articles

Back to top button