Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Berita Jawa Timur

Proses Pembongkaran Jembatan Plaosan Di Babat, Lamongan Selesai Hari Ini

Berita Lamongan – Salah satu jembatan yang dilalui raya Nasional Jawa Timur ambles, terjadi di kawasan Plaosan, Kecamatan Babat, Kabuapten Lamongan. Sampai saat ini proses perbaikan sampai pada pembongkaran jembatan.

Proses pembongkaran terhadap jembatan yang ambles ini dimulai dengan mengangkat girder lama yang telah ambles. Ada 6 girder yang ada di sisi jembatan yang ambles tersebut dengan lebar jembatan sekitar 7,5 meter.

Baca Juga  Sambut Harlah 1 Abad NU, Halaqah Fiqih Peradaban, Digelar di Surabaya

“Pembongkaran hanya dilakukan di separuh jembatan, yakni di bagian utara median jalan dengan lebar sekitar 7,5 meter dengan jumlah bentangan sebanyak 6 girder,” kata Pengawas Lapangan BBPJN VIII, Setyo Hari Santoso kepada wartawan, Senin (21/11/2022).

Proses Pembongkaran Jembatan Plaosan Di Babat, Lamongan Selesai Hari Ini 1

Semua girder lama, menurut Yoyok, diketahui telah anjlok dan tidak lagi bisa dimanfaatkan hingga ada girder yang bengkok. Pada Minggu (20/11), terang Yoyok, ada 3 girder lama yang sudah berhasil diangkat dan 3 girder sisanya ditargetkan akan selesai hari ini.

Baca Juga  Kades Cantik Lamongan, Angely Emitasari Resmi Menikah, Berapa Nih Maharnya ?

“Kemarin sudah ada 3 girder yang berhasil diangkat, hari ini sisanya,” ujarnya.

Usai proses pengangkatan tuntas, ungkap Yoyok, selanjutnya adalah proses pembersihan dan kajian teknik tentang kekuatan pondasi bantalan girder di sisi barat di timur. Mengenai kapan girder akan dipasang, Yoyok menyebut belum bisa memastikan karena girder belum tiba di lokasi dan diperkirakan baru akan tiba pada Selasa (22/1/2022).

“Pemesanan girder sudah 2 minggu lalu,” akunya.

BBPJN VIII sendiri menargetkan pengerjaan pembangunan akan selesai pada 12 Desember 2022. Setelah itu akan tetap dilakukan uji kelayakan dan 15 Desember sudah bisa dimanfaatkan seperti semula.

moch akbar fitrianto

Adalah Seorang penulis berita Teknologi dan juga Olahraga Khususnya Sepak bola dan MotoGP
Back to top button