Proses Pembongkaran Jembatan Plaosan Di Babat, Lamongan Selesai Hari Ini

moch akbar fitrianto

Proses Pembongkaran Jembatan Plaosan Di Babat, Lamongan Selesai Hari Ini
Bagikan

Berita Lamongan – Salah satu jembatan yang dilalui raya Nasional Jawa Timur ambles, terjadi di kawasan Plaosan, Kecamatan Babat, Kabuapten Lamongan. Sampai saat ini proses perbaikan sampai pada pembongkaran jembatan.

Proses pembongkaran terhadap jembatan yang ambles ini dimulai dengan mengangkat girder lama yang telah ambles. Ada 6 girder yang ada di sisi jembatan yang ambles tersebut dengan lebar jembatan sekitar 7,5 meter.

“Pembongkaran hanya dilakukan di separuh jembatan, yakni di bagian utara median jalan dengan lebar sekitar 7,5 meter dengan jumlah bentangan sebanyak 6 girder,” kata Pengawas Lapangan BBPJN VIII, Setyo Hari Santoso kepada wartawan, Senin (21/11/2022).

Proses Pembongkaran Jembatan Plaosan Di Babat, Lamongan Selesai Hari Ini

Semua girder lama, menurut Yoyok, diketahui telah anjlok dan tidak lagi bisa dimanfaatkan hingga ada girder yang bengkok. Pada Minggu (20/11), terang Yoyok, ada 3 girder lama yang sudah berhasil diangkat dan 3 girder sisanya ditargetkan akan selesai hari ini.

Baca Juga  Sejarah Sego Boran Lamongan, Yang Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

“Kemarin sudah ada 3 girder yang berhasil diangkat, hari ini sisanya,” ujarnya.

Usai proses pengangkatan tuntas, ungkap Yoyok, selanjutnya adalah proses pembersihan dan kajian teknik tentang kekuatan pondasi bantalan girder di sisi barat di timur. Mengenai kapan girder akan dipasang, Yoyok menyebut belum bisa memastikan karena girder belum tiba di lokasi dan diperkirakan baru akan tiba pada Selasa (22/1/2022).

“Pemesanan girder sudah 2 minggu lalu,” akunya.

BBPJN VIII sendiri menargetkan pengerjaan pembangunan akan selesai pada 12 Desember 2022. Setelah itu akan tetap dilakukan uji kelayakan dan 15 Desember sudah bisa dimanfaatkan seperti semula.

Bagikan

Also Read