Para Panitia Pilkades, Peroleh Pengarahan dari Tim Pengawas Kecamatan

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak bakal dilaksanakan 8 Desember 2016, pada 36 desa Se-Kabupaten Tuban yang berada di 16 kecamatan. Termasuk, untuk pelaksanaan Pilkades wilayah Kecamatan Soko, bakal dilaksanakan Pilkades di Desa Sandingrowo, Bangunrejo dan Gununganyar.

Untuk mengetahui persiapan 3 (tiga) desa di wilayah Kecamatan Soko, maka dilaksanakan kegiatan Pengarahan Persiapan pelaksanaan Pilkades tahun 2016 oleh Tim Pengawas Kecamatan di Pendopo Kecamatan Soko, Kamis (17/11/2016). Kegiatan tersebut, menjadi forum komunikasi tersebut, antara panitia di 3 (tiga) desa di wilayah Kecamatan Soko dengan Camat Soko Muji Slamet beserta Forpimka (Forum Pimpinan Kecamatan) Soko.

Camat Soko Muji Slamet dalam sambuatnya, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia Pilkades Sandingrowo, Bangunrejo dan Gununganyar, yang telah melaksanakan tahapan pilkades dengan baik, hingga pada penetapan dan undian nomor urut calon kades yang baru saja dilaksanakan minggu lalu.

“Panitia pilkades Desa Sandingrowo, Bangunrejo dan Gununganyar telah berhasil melaksanakan tahapan pilkades hingga yang baru-baru ini adalah penetapan calon dan undian nomor urut calon kades. Kini, sudah memasuki tahapan pencetakan gambar calon yang hendak dipakai untuk gambar pada kertas suara dalam pilkades serentak 36 desa Se-Kabupaten Tuban yang bakal digelar 8 Desember 2016 mendatang,” demikian disampaikan Camat Soko Muji Slamet, di Balai kecamatan setempat, Kamis (17/11/2016).

Masih menurut Muji Slamet, untuk pemesanan kertas suara pihak pemerintah kecamatan memberikan kebebasan kepada masing-masing panitia pilkades untuk melakukan order sendiri. Hanya saja, dia berpesan jika hendak melakukan order kertas suara, harus pesan di percetakan yang sudah memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) sehingga memudahkan dalam pembuatan LPJ (laporan Pertanggung Jawaban) kegiatan Panitia Pilkades.

Dalam pertemuan itu, juga dibuka sesi tanya jawab, dari para panitia pilkades desa kepada Tim pengawas kecamatan yang dikomandani Camat Soko Muji Slamet tersebut. Ketua Panitia Pilkades Sandingrowo memanfaatkan sesi tanya jawab tersebut, untuk menanyakan tentang dana bantuan Pilkades dari Pemkab Tuban yang hingga kini belum juga cair.

Menanggapi pertanyaan Ketua Panitia Pilkades Sandingrowo Abdul Manan, Muji Slamet menjawab dengan diplomatis. Dia menyatakan, tentang bantuan dana pilkades dari Pemkab yang belum turun, silahkan besok ditanyakan saat ada pertemuan dengan Kepala Bapemas Pemdes dan KB Mahmudi di Pemkab Tuban.

Kapolsek Soko AKP Yudhi Hermawan kepada rakyatnesia.com mengatakan, Polsek Soko siap mengamankan Pilkades Serentak 2016 di tiga desa pada wilayah Kecamatan Soko Tuban.

“Polsek Soko, siap amankan pilkades serentak tiga desa yang berada di wilayah hukum Polsek Soko. Hanya saja, kami juga menghimbau bahwa keamanan dan ketertiban menjadi tanggung jawab bersama. Semua lapisan masyarakat harus tetap berkomitmen untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif sehingga pilkades dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tegasnya.

Ditambahkannya, para calon kepala desa, para pendukung dari masing masing calon kades juga harus ikut menjaga keamanan dan ketertiban, termasuk anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat) di tiap-tiap desa, para pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta semua lapisan masyarakat harus bersama-sama dan bahu-membahu untuk menjaga kamtibmas sehingga kegiatan pilkades serentak 2016 ini, bisa berjalan dengan lancar dan mencapai kesuksesan. **(Muji/Red).

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar