Bencana Diakibatkan Hujan Deras Yang Disertai Angin Kencang, membuat rumah roboh, rusak ringan dan pohon tumbang, di Sarirejo, Balen

1.766

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Hujan lebat yang disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, mengakibatkan rumah roboh, rusak ringan, gardu listrik HIPPA terbakar hingga pohon tumbang di Desa Sarirejo Selasa (17/11/2020) sekira pukul 14:00 WIB.

Data yang berhasil dihimpun rakyatnesia.com dari Kantor Satpol PP Bojonegoro menyebutkan, ada sebuah rumah untuk usaha batu bata merah roboh, milik Makaban (55), yag beralamtakan di Dusun Bebet, RT 007, RW 002, Desa Sarirejo, dengan kerugian ditaksir Rp 1,5 juta.

Sebuah ruah untuk kandang sapi nyaris roboh (ndoyong, Jawa red), milik Sugeng (48), yang beralamtkan di Dusun Bebet, RT 007, RW 002, Desa Sarirejo, Kecamatan Balen.

Ada 3 (tiga) rumah rusak ringan, yakni milik Sarminah (70), yang beralamtkan di Dusun Karangwaru, RT 013, RW 003, Desa Sarirejo. Kerusakan seng teras rumah dan puluhan genteng terbang terbawa angin. Degan kerugian ditaksir mencapai Rp 3 juta.

Rumah kedua adalah milik Wajiran (60), yang beralamtkan di Dusun Karangwaru, RT 014, RW 003, Desa Sarirejo. Kerusakan seng teras rumah dan puluhan genteng terbang terbawa angin. Degan kerugian ditaksir mencapai Rp 1 juta.

Bencana Diakibatkan Hujan Deras Yang Disertai Angin Kencang, membuat rumah roboh, rusak ringan dan pohon tumbang, di Sarirejo, Balen 1
Warga bergotong royong memotong pohon yang tumbang menima rumah warga akibat hujan deras dan angin kencang di Desa Sarirejo, Kecamatan Balen, Bojonegoro, Selasa (17/11/2020).

Rumah ketiga adalah milik Ali Mustofa atau Tasmi (almarhum), yang beralamtkan di Dusun Karangwaru, RT 014, RW 003, Desa Sarirejo. Kerusakan seng teras rumah dan puluhan genteng terbang terbawa angin. Degan kerugian ditaksir mencapai Rp 1 juta.

Sebuah Gardu Listrik milik HIPPA terbakar. Biasnya dimanfaatkan untuk diesel tenaga listrik untuk pengairan sawah petani dengan sistem areal, yang terletak di Dusun Bebet, RT 003, RW 001, Desa Sarirejo.

Dalam kejadian tersebut, juga erdapat pohon tumbang menimpa kabel Listrik lingkungan Dusun Karangwaru, RT 013, RW 003, Desa Sarirejo, Balen.

Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bojonegoro melalui Kas Kesiapsiagaan Bencana Eko Susanto membenarkan adanya musibah rumah roboh, rumah rusak ringan, pohon tumbang, di Desa Sarirejo, Kecamatan Balen, yang dakibatkan oleh hujan deras yang disertai angin kencang, Selasa (17/11/2020) sekira pukul 14:00 WIB.

“Iya benar mas, ada musibah di Desa Sarirejo, Balen, akibat hujan deras yang disertai angin. Kita lakukan assement dulu tentang tingkat kerusakannya,” tegasnya.

Lanjut Eko Susanto, guna membenahi gardu lisrik milik HIPPA yan terbakar dihubungi petugas PLN, Masyarakat bergotong – royong memperbaiki rumah yang rusak dan bergotong royong memindahkan pohon yang tumbang sehingga tidak menghadang jalan dan agar tidak menimpa kabel listrik milik PLN tersebut.

Turut terlibat dalam penanganan di TKM (Tempat Kejadian Musibah) yakni, Kepala Desa dan perangkat desa Sarirejo, Ketua RT dan warga setempat.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More