Inilah Deretan Alasan Kenapa Anda Wajib Beli Buku Original!

Rakyatnesia – Dari zaman dahulu sampai sekarang ini, buku masih menjadi salah satu jendela ilmu yang perlu dibaca dan diserap informasinya. Apapun jenis bukunya tidak masalah selagi masih bisa diambil manfaatnya. Baik itu buku novel, komik, buku pelajaran, sampai dengan buku-buku keagamaan.

Dengan peran buku yang cukup besar dalam mencerdaskan seseorang, banyak penulis buku yang terus mengeluarkan karyanya. Sayangnya, mereka juga menghadapi tantangan banyaknya buku bajakan yang mudah sekali beredar luar. Contohnya saja buku Norwegian Wood, sudah banyak ditemui versi bajakannya.

Ada banyak alasan kenapa orang-orang sangat tertarik membeli buku bajakan. Mulai dari harganya yang murah sampai dengan mudahnya cara untuk mendapatkannya. Meskipun begitu, sangat dianjurkan untuk membeli buku original. Inilah deretan alasan kenapa Anda wajib beli buku yang asli.

Memiliki Kualitas yang Baik

Buku original memiliki kualitas yang sangat baik. Baik itu dari segi penampilan, tulisan, kertas, jilidan, dan lain sebagainya. Kualitas sangat baik dan tidak gampang rusak. Biasanya juga sudah dilengkapi dengan hologram yang membuktikan buku tersebut asli, bukan abal-abal.

Sementara untuk buku yang bajakan, biasanya memiliki kualitas yang sangat buruk. Bisa jadi bukunya miring, sampulnya ala kadarnya, jilidannya gampang rusak. Jika demikian, mau tidak mau uang yang dikeluarkan akan lebih banyak untuk membenahi buku tersebut.

Dikemas dengan Rapi

Alasan lainnya, buku original juga dikemas dengan cara yang rapi. Bahkan ada beberapa penerbit yang mengemasnya secara unik. Biasanya juga sudah dilengkapi dengan pembatas buku yang juga tidak kalah menarik. Dengan kemasan yang rapi dan menarik, cocok untuk dijadikan sebagai hadiah.

Buku-buku bajakan, biasanya dikemas seadanya. Bahkan beberapa tidak dikemas dengan plastik apapun. Daripada membeli buku bajakan, lebih disarankan untuk membeli saja buku bekas yang kualitasnya masih bagus.

Bisa Dapatkan Hadiah Tambahan

Saat membeli buku original, Anda juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan beberapa hadiah tambahan yang menarik dari penulis. Hadiah yang paling umum adalah tanda tangan dari penulis. Biasanya jumlahnya terbatas, hanya beberapa saja yang mendapatkan. Bisa menjadi koleksi yang membanggakan.

Hadiah lainnya yang biasa diberikan adalah pembatas buku, tote bag, tumbler, gambar-gambar menarik, poster, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hadiah eksklusif tersebut tentunya hanya akan Anda dapatkan di penerbit-penerbit buku original.

Mendukung Penulis dan Tim Terkait

Dengan membeli buku yang original, Anda bisa mendukung keberlangsungan produksi dari penulis, penerbit, dan tim terkait. Tentunya, perlu biaya yang besar untuk merilis dan memasarkan sebuah buku. Jika Anda terus menerus membeli buku bajakan, bisa mematikan usaha dari orang-orang terkait.

Jika buku original sudah laris manis di pasaran, ada kemungkinan cetak ulang. Dan ada juga kemungkinan munculnya cerita-cerita baru yang lebih seru dan segar. Anda juga yang akan diuntungkan nanti. Kualitasnya juga akan semakin baik jika dananya memang ada.

Tidak Memberi Keuntungan Pada Pembajak Buku

Para pembajak buku merupakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan sangat perlu untuk diberi pelajaran. Salah satu caranya adalah dengan tidak membeli buku bajakan mulai dari sekarang. Jika tidak ada peminatnya, tentu saja mereka juga tidak akan menjajakannya.

Tips Membeli Buku Original Secara Online

Dengan banyaknya buku bajakan yang tersedia sekarang ini, Anda perlu selektif membelinya. Terutama jika Anda membeli secara online. Yuk cari tahu tips di bawah ini supaya Anda bisa dengan mudah membeli buku original dengan mudah;

Cara paling mudah mendapatkan buku original adalah dengan membelinya di official store. Seperti halnya di Gramedia, Togamas, dan lain sebagainya. Toko-toko buku tersebut sudah memiliki reputasi yang sangat baik. Tersedia secara online dan juga offline, di marketplace Blibli juga sudah ada.

Sekarang, marketplace seperti Blibli juga terus menawarkan buku-buku original dengan kualitas yang baik.

Jika di official store sedang habis stoknya dan Anda memang kepepet membutuhkannya, bisa beli di toko-toko yang terpercaya. Salah satu kriterianya jika di marketplace adalah memiliki bintang yang tinggi atau star seller. Banyak juga star seller yang sudah memiliki reputasi yang sangat baik.

Selanjutnya, Anda perlu membaca review dari para pembeli sebelumnya. Sekarang ini para konsumen sudah melek teknologi dan paham fungsi dari testimoni atau review. Anda perlu memanfaatkannya supaya bisa dapatkan produk original yang jauh dari abal-abal. Bandingkan beberapa toko untuk dapatkan tempat yang paling terpercaya menurut Anda.

Saat membeli buku secara online, jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Cari tahu kisaran harga normal dari buku yang Anda inginkan. Jika terlalu murah padahal sedang tidak ada event atau program diskon, sebaiknya pikirkan sekali lagi untuk membelinya.

Itulah alasan kenapa Anda sangat disarankan untuk membeli buku original. Jika dibandingkan dengan buku bajakan, memang harganya lebih mahal. Namun kualitas dan kepuasan yang didapatkan tidak akan sama. Jika Anda sedang membeli buku original dari berbagai penulis, cek pilihannya di marketplace Blibli. 

Exit mobile version