Polsek Kenduruan, Lakukan Patroli di Perbatasan Jatim – Jateng, Untuk Cegah 3C

Sukisno

Bagikan

TUBAN (Rakyat Independen)- Wilayah perbatasan antara Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah yang berada di Kecamatan Kenduruan yang masuk wilayah Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur dengan wilayah kabupaten Blora Jawa tengah, sangat rawan dengan kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) sehingga perlu di intensifkan dalam kegiatan patroli terutama Blue Light Patrol atau Patroli Malam.

Kondisi tersebut, membuat piket jaga Polsek Kenduruan yang piket siang selalu melakukan patroli di sore hari menjelang petang atau istilahnya sandik olo. Hal itu diharapkan bisa mencegah tindak kriminal dengan sasaran daerah perbatasan yang berada antara Desa Jlodro dengan Desa Tawaran. Patroli juga bertujuan untuk mencegah 3C (Curat, Curas dan Curanmor).

Anggota Polsek Kunduran Aiptu Hartono denga didampingi Kanit Provost Polsek Kunduran Aiptu Seger ditemui di sela-sela Patroli mengatakan, pihaknya selalu melakukan patroli rutin dengan menyisir jalan Blora – Kenduruan.

“Kami selalu melakukan patroli rutin di wilayah perbatasan antara Provinsi Jatim dengan Jateng ini. Terutama menjelang petang atau istilahnya Sandik Olo ini, guna melakukan pencegahan rehadap tindak kriminal yang kerap terjadi di wilayah perbatasan ini. Kegiatan ini, untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat di wilayah Kenduruan sini,” tegasnya, Senin (14/11/2016).

Agar masyarakat mengetahui kehadiran Patroli Malam tersebut, Polisi menggunakan mobil Backbone dengan menyalakan lampu rotator warna biru. Di setiap ada kerumunan masa dan ada anak-anak muda yang sedang cangkruk mereka berhenti dan turun untuk menyapa mereka.

Seperti halnya, saat ada kerumunan anak-anak muda di pinggir jalan Blora – Kenduruan itu. Polisi turun dengan menyapa dan menyalami mereka. Di saat berkomunikasi itu, Aiptu Hartono dan Aiptu Seger menyampaikan arahan tentang pentingnya bersama-sama menjaga kamtibmas di wilayah petrbatasan tersebut.

“Kami menghimbau kepada anak-anak muda agar ikut serta menciptakan kamtibmas. Selain itu, jika sedang berkendara juga harus selalu berhati-hati dan wasapada di jalan, dengan tidak kebut-kebutan dan ugal-ugalan di jalan raya. Gunakan helm untuk melindungi kepala anda, agar selamat jika terjadi kecelakaan, jangan lupa bawa surat-surat kendaraan dan kelengkapan lainya. Agar perjalanan aman, nyaman hingga sampai tujuan,” tandasnya.

Himbauan tersebut, disambut baik oleh sekelompok pemuda yang sedang ngumpul-ngumpul di pinggi jalan Blora – Kenduruan tersebut. Mereka mengangguk-angguk dan tersenyum yang menjadi pertanda bahwa himbaun Polisi itu sangat bermanfaat bagi mereka.

“Terima kasih Pak Polisi atas himbauanya. Kami siap melaksanakanya,” tegas Aditya (21) seorang pemuda yang dari Blora itu. **(Muji/Red).

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar