Bupati Bojonegoro Berikan Pembinaan Bagi Kelompok Tani dan Gapoktan, di Ngrancang, Tambakrejo

189

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pertanian Bojonegoro menggelar sosialisasi KPM (Kartu Petani Mandiri) dan pembinaan Kelompok Tani dan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur. Acara digelar di rumah warga Ngrancang Agus Pranoto, Sabtu (14/11/2020), pukul 14:30 WIB hingga selesai.

Salah satu tujuan digelarnya acara tersebut, adalah sebuah pembinaan dari Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah dan dilanjutkan oleh Dinas Pertanian Bojonegoro, agar para petani di wilayah tersebut merupakan upaya membantu petani mengetahui dan memahani Program Petani Mandiri (PPM).

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Bojonegoro Endang Suistyowati dalam sambutanya mengatakan bahwa PPM merupakan salah satu program prioritas pemerintah kabupaten Bojonegoro sebagai akses para petani untuk mendapatkan bantuan pertanian melalui kelompok tani.

Lanjut Endang Sulisyowati, tujuan sosialisasi dan pembinaan ini, agar PPM dapat diakses oleh seluruh kelompok tani dan Gapoktan sehingga mereka dapat memperoleh informasi yang jelas dan mengetahui serta melengkapi syarat- syarat untuk mendapatkan Kartu petani mandiri tersebut.

“Pemkab Bojonegoro telah menganggarkan PPM ini, sehingga kami berharap segera mengumpulkan serta melengkapi persyaratan untuk mendapatkan kartu petani mandiri (PPM) ini,” tegasnya. 

Ditambahkan, semakin cepat dan tepat proses mengumpulkan dan verifikasi data maka akan cepat pula proses pencairannya sehingga bantuan modal dapat diberikan kelompok tani tepat waktu pada saat musim tanam.           

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah dalam pembinaanya mengatakan bahwa program petani mandiri adalah salah satu program prioritas Pemkab Bojonegoro, melalui program ini, para petani bisa memperoleh Kartu Petani Mandiri.

Lanjut Bu Anna – demikian, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, akrab disapa – bahwa  manfaat Kartu petani mandiri ini antara lain, petani bisa mendapatkan bantuan modal, memperoleh akses pelatihan serta usaha pengembangan usaha tani.

“PPM itu, merupakan upaya Pemkab Bojonegoro untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Bu Anna menegaskan.

Ditemui usai acara, PPL Dinas Pertanian Bojonegoro di Kecamatan Tambakrejo Kariyono menambahkan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas kunjungan Bupati Bojonegoro sekaigus memberikan pembinaan di wilayah binaannya itu.

“Kami sangat berterima kasih sekaligus bersyukur kepada Allah SWT, karena Bu Anna telah berkenan untuk memberikan pembinaan dan wawasan kepada kelompok tani dan Gaoktan secara langsung sehingga mereka bisa bertatap muka sekaligus berdiskusi dengan beliau,” ungkap Kariyono.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro Welly Fitrama, Kepala Dinas Pertanian  Kabupaten Bojonegoro yang diwakili Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Bojonegoro Endang Suistyowati PPL Dinas Pertanian Kecamatan Tambakrejo Kariyono,  Forpimcam, Kelompok Tani dan Gapoktan Se-Kecamatan Tambakrejo, Kepala desa Ngrancang Sudadi dan Kepala desa Se-Kecamatan Tambakrejo, serta undangan lainnya.

**(Yan/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More