Jokowi Ungkap Rencana Bertemu Biden untuk Mengakhiri Konflik Israel-Hamas

rakyatnesia.com – Presiden Joko Widodo berencana untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dengan tujuan mendorong penghentian perang antara Hamas dan Israel di Gaza, Palestina.

Jokowi akan terlebih dahulu terbang ke Arab Saudi pada Jumat (10/11) malam, di mana ia akan berunding dengan negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) sebelum melakukan pertemuan dengan Biden.

“Saat pertemuan di OKI, saya akan diutus untuk menyampaikan kepada Presiden Joe Biden agar konflik antara Hamas dan Israel segera dihentikan,” kata Jokowi di Purwakarta, Kamis (9/11).

Meskipun Jokowi belum membeberkan detail poin-poin pembicaraan dengan Biden, ia memastikan bahwa Indonesia akan selalu mendukung Palestina dalam konflik tersebut.

Dia juga membahas soal bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Jokowi berkata akan ada gelombang bantuan dari Indonesia untuk Palestina berikutnya.

Jokowi menyebut antusiasme berbagai lapisan masyarakat membantu Palestina sangat besar. Pemerintah berupaya menyalurkan bantuan-bantuan itu dengan baik.

“Mungkin nanti kedua, ketiga, keempat, kelima saya kira terus akan kita ajak masyarakat untuk membantu saudara kita yang ada di Palestina, di Gaza utamanya,” ujarnya.

Sebelumnya, Hamas dan Israel berperang di Gaza sejak sebulan lalu. Korban jiwa di Gaza sudah mencapai 10 ribu orang.

Pemerintah Indonesia telah mendesak gencatan senjata melalui Dewan Keamanan PBB. Namun, gagasan itu masih belum terwujud karena Inggris dan Amerika Serikat menolak.

Exit mobile version