Sambut Pemilukada 2018, Polres Bojonegoro Undang Wartawan dan Netizen di Acara Pos Jago

0 77

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Menyambut datangnya Pemilukada serentak 2018, Polres Bojonegoro mengundang para awak media dan netizen di acara Pos Jago (Polisi sambang dan jagongan) yang digelar di MCM Hotel & Resto yang berada di Jl Pemuda Bojonegoro Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Selasa (7/11/2017) sekira pukul 20:00 hingga 22:30 wib.

Kegiatan digelar dalam rangka Harkamtibams menjelang pemilukada serentak 2018 itu, tampak Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro,SH,SIK,M.Si, didampingi Wakapolres Kompol Dodon Priyambono, Pejabat Utama Polres (PJU) Polres Bojonegoro, Para awak media dan Netizen, yang memadati MCM Resto tersebut.

Acara diawali dengan sambutan Bagus J Irawan yang didapuk mewakili Netizen Bojonegoro. Dalam sambutanya yang cukup singkat, pihaknya menyambut baik undangan yang disampaikan oleh Polres Bojonegoro kepada para Netizen di Bojonegoro. Pihaknya siap membantu Polres Bojonegoro dalam perannya di dunia maya guna menciptakan suasana yang kondisi dan siap membantu melawan berita-berita hoax.

Sukisno (50) yang tampil mewakili wartawan Bojonegoro dalam kata sambutanya, juga menyampaikan ucapan terima kasih karena pihak Polres Bojonegoro melalui kegiatan Pos Jago telah berkenan mengundang para awak media yang ada di wilayah Bojonegoro ini.

“Terima kasih kepada Kapolres Bojonegoro Bapak AKBP Wahyu S Bintoro,SH,SIK,M.Si, dan para humas staf Polres Bojonegoro yang telah berkenan mengundang para awak media untuk mengikuti kegiatan Pos Jago untuk yang kesekian kalinya ini. Semoga komunikasi yang dibangun dengan baik antara Polres Bojonegoro dengan Para Wartawan Bojonegoro itu, terus dilaksanakan dan makin ditingkatkan,” tegas pria yang juga pemimpin redaksi (Pemred) Media Online: rakyatindependen.id, Selasa (7/11/2017).

Sambut Pemilukada 2018, Polres Bojonegoro Undang Wartawan dan Netizen di Acara Pos Jago 1
Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro,SH,SIK,M.Si, beserta PJU Polres Bojonegoro berfoto bersama wartawan dan Netizen usai mengikuti acara Pos Jago (Polisi sambang dan jagongan) yang digelar di MCM Hotel & Resto yang berada di Jl Pemuda Bojonegoro Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Selasa (7/11/2017)

Ditambahkan, dalam menjalankan tugas jurnalistik wartawan Bojonegoro juga sangat terbantu dengan adanya release yang dikirim oleh Polres Bojonegoro dalam setiap peristiwa dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Polres Bojonegoo sehingga bi menjadi bekal bgi Wartawan Bojonegoro dalam hal penulisan berita. Dengan begitu, berita-berita Polres Bojonegoro akan bisa terekpose di semua media yang selanjutnya bisa dibaca dan menjadi konsumsi berita bagi masyarakat secara luas.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro,SH,SIk,M.Si, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan Pos Jago (Polisi sambang dan Jagongan) merupakan implementasi Program Promoter (Profesional Modern Terpercaya) dan manajemen media yang diterapkan oleh Polres Bojonegoro.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres juga menekankan tentang pentingnya menjalin silaturrahmi dengan para awak Media dan Netizen dalam menyambut datangnya Pemilukada serentak 2018 mendatang. Sebab, media dan netizen memiliki perang penting dalam mempengaruhi opini yang berkembang di masyarakat.

“Wartawan harus selalu berpedoman dengan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepoliasian Negara Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Pemerintah daerah, Undang-undang nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaski elektronik (ITE) dan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers,” tegas Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro,SH,SIk,M.Si,

Peran Pers terutama menjelang Pemilukada serentak yang bakal digelar 27 Juni 2018 mendatang perlu mendapat perhatian dan pengawasan dari Polri. Karena, Pers harus tetap obyektif dalam pemberitaan dan menjaga independensinya. Jangan sampai Pers menjadi alat untuk membantu salah satu calon untuk meningkatkan elektabilitas, di sisi lain menyebarkan berita negatif bagi calon yang lain, yang mengarah pada tindakan fitnah dan mengarah pada penyebar ujaran kebencian.

“Kami harapkan agar para awak media yang hadir di Pos Jago ini menjadi jurnalis yang profesional yang memedomani undang undang Pers. Sehingga keberadaan media dapat menjadi mitra Polri sebagai alat kontrol politik yang dapat menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” ungkapnya.

Peran Pers tetap menjadi kontrol sosial, edukasi, informasi dan memberikan hiburan kepada masyarakat secara luas. Dengan cara mengedukasi publik, memberikan penyajian berita yang tetap obyektif sesuai dengan fakta yang ada dan memberikan hiburan kepada masyarakat sebagai pembaca atau pemirsanya.

Kepada para Netizen Mas Wahyu SB – demikian, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro,SH,SIk,M.Si, akrab disapa – agar para penggina media sosial (medsos) terutam para Netizen turut membantu mencegah berita hoax alias berita bohong, menetralisir opini negatif yang ada di medsos, membangun opini yang bersifat positif untuk mendukung suksesnya Pemilukada 2018 mendatang.

Pihak Polres Bojonegoro juga telah memiliki Cyber Troops atau yang biasa disebut Pasukan Internet. Anggota Cyber Troops ini, terus melakukan patroli di dunia maya sehingga semua lalu lintas komunikasi di dunia maya tak luput dari pantauan polisi. “Mari kita memanfaatkan internet dengan baik untuk menuju suksesnya Pemilukada serentak 2018 yang aman dan kondusif,” tegasnya.

Usai sambutan Kapolres Bojonegoro, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan hiburan organ tunggal. **(Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More