Personel Koramil Dander Perbaiki Rumah Mbah Jomi

moch akbar fitrianto

Personel Koramil Dander Perbaiki Rumah Mbah Jomi
Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Dipimpin langsung oleh Danramil, Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Koramil 05/Dander, Kodim 0813 Bojonegoro, diterjunkan ke lokasi karya bakti bersama warga masyarakat.

Dalam karya Bhakti kali ini, personil Koramil Dander bersama warga sekitar memperbaiki rumah milik Mbah Jomi (70), agar menjadi rumah layak huni.

Rumah Mbah Joni yang berukuran 4×6 meter, berlantai tanah dan dinding terbuat dari anyaman bambu itu, berada di lingkungan RT 024, RW 005, Dusun Kebonagung, Desa Sumberagung, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro.

Danramil 0813-05/Dander, Kapten Inf Abdul Karim Zalukhu, Minggu (6/11/2022), mengungkapkan, perbaikan rumah mbah Jomi ini dilakukan sejak 3 Nopember 2022. Dimana sebelumnya, pihaknya mendapat laporan Babinsa setempat yang tengah melaksanakan kegiatan dari Komando Atas yaitu program “Babinsa Masuk Dapur”.

Personel Koramil Dander Perbaiki Rumah Mbah Jomi

Atas laporan dari Babinsa Desa Sumberagung, Serma Suyono. Kemudian pihaknya menggelar rapat bersama anggota Babinsa yang lainnya, membahas rencana yang akan dilakukan dalam rangka membantu perbaikan kondisi rumah Mbah Jomi.

Dari hasil rapat tersebut, untuk pengadaan materialnya sendiri swadaya para anggota Babinsa dan warga masyarakat yang peduli dengan kondisi Mbah Jomi.

“Kita menerjunkan 12 personel bersama warga setempat untuk bersama-sama melakukan perbaikan rumah milik Mbah Jomi,” ujar Danramil.

Menurutnya, kondisi mbah Jomi yang tinggal seorang diri telah menggugah hati, rasa kemanusiaan dan kepedulian. Mbah Jomi tidak memiliki anak, sedangkan suaminya telah meninggal dunia beberapa tahun silam.

“Pemberian bantuan dilakukan berdasarkan kebutuhan mbah Jomi, serta mengukur kemampuan,” kata Danramil Dander menegaskan.

Ditambahkan, bantuan yang disalurkan sebelumnya untuk kebutuhan mbah Jomi sehari-hari seperti peralatan dapur dan sembako. Bantuan tahap selanjutnya, perbaikan rumah mbah Jomi yang selama ini masih lantai tanah, dan dindingnya dari anyaman bambu.

“Kemudian para anggota dan warga sekitar bekerja bersama, bergotong royong memperbaiki lantai dan dinding rumah mbah Jomi,” ujarnya.

Namun demikian, kata Danramil, bahwa saat ini pihaknya baru mampu melakukan pemlesteran lantai rumah, mengganti dinding rumah dengan papan kayu, pengecatan, penggantian pintu rumah, meja, kursi dan almari. Kedepannya, apabila memungkinkan akan dilakukan bantuan pemasangan keramik.

“Semoga dengan adanya perbaikan rumah ini, bisa membantu kesulitan mbah Jomi untuk mewujudkan rumah layak huni,” tambah Kapten Inf Abdul Karim Zalukhu.

Pada kegiatan yang sama, Kepala Desa Sumberagung, Putoyo, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap apa yang telah dilakukan para Babinsa jajaran Koramil 05/Dander, Kodim 0813 Bojonegoro.

“Bantuan ini sangat bermanfaat sekali. Terima kasih kepada jajaran TNI, semoga mbah Jomi menempati rumahnya merasa aman dan nyaman,” ucapnya.

Senyum sumringah pun terlihat diraut wajah Mbah Jomi, setelah rumahnya direhab oleh para personel TNI tersebut.

**(Sumber: Pendim 0813 Bojonegoro/Red).

Bagikan

Also Read