Prakiraan Curah Hujan Di Bojonegoro, November 2019 Hingga Januari 2020. Baca Di sini..!

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Wilayah Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa timur, telah memasuki musim hujan sejak awal November 2019 lalu.

Hal itu dibuktikan dengan turunnya hujan hampir setiap hari, walaupun hujan masih sering belum merata. Namun, sudah membuat banyak orang mengeluh, sebab hujan telah terjadi hampir setiap hingga Selasa tanggal 5 Nopember ini.

Berdasarkan surat edaran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Malang, tertanggal 5 November 2019, BPBD Bojonegoro kemudian melanjutkan prakiraan curah hujan di Bojonegoro menyampaikan prakiraan hujan sejak bulan November 2019 hingga Januari 2020 mendatang.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabuaten Bojonegoro Umar Dhani melalui Kabid Kesiapsigaan Bencana Eko Susanto mengatakan, bahwa pohaknya menyampaikan Prakiraan Curah hujan sepanjang bulan November hingga Januari 2020.

“Diperkirakan Kabupaten Bojonegoro memiliki nilai curah hujan menengah, dengan rata-rata curah hujan mencapai 151-200 mili meter, yang kemungkinan hujan intensitas sedang di sebagian besar wilayah Bojonegoro ini,” ungkap pria yang akarab disapa Mas Eko itu, Selasa (5/11/2019).

Masih menurut Mas Eko, memasuki bulan Desember 2019, curah hujan di Bojonegoro masih diangka 151-200 mili meter, kemungkinan Bojonegoro masih diguyur hujan intensitas sedang.

“Di bulan Januari 2020, curah hujan di Bojonegoro masuk dalam kategori menengah – tinggi, dengan rata-rata 201-300 mili meter,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, pihak BPBD Bojonegoro berharap kepada seluruh masyarakat khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana alam atau yang potensi bencana untuk selalu siap dan melakukan upaya pencegahan.

“Masyarakat harus tetap waspada dengan meningkatnya potensi bencana seperti angin kencang, longsor, banjir bandang, dan banjir yang disebabkan oleh luapan sungai yang selalu mengakibatkan banjir tersebut,” pungkasnya.

Perlu diketahui, jika warga mengalami bancana silahkan menghubungi BPBD KABUPATEN BOJONEGORO yang berada di Jalan A. Yani Nomor 06, Bojonegoro, Jawa Timur, telpon (0353) 887811, e-mail: bpbd.bjn@gmail.com, WA/Telegram : +628113356444, Website : http://bpbd.bojonegorokab.go.id, Instagram : @bpbd_bojonegoro, Twitter : @bpbdbjn dan

Facebook : Pusdalops Bpbd Bojonegoro.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read