Portal Berita Bojonegoro Lamongan
berita bojonegoro

Bupati Bojonegoro Bersepeda Nglenyer Ten Sabin

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Anna Mu’awanah bersama H. Ali Dupa (suami) dan sejumlah pejabat Pemkab, mengikuti kegiatan Nglenyer Teng Sabin dengan bersepeda santai, Sabtu (5/11/2022).

Acara digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro ini, mengambil start dari lapangan Desa Mojoranu, Kecamatan Dander dan finish di Gudang Lumbung Pangan, yang berada di Desa Plesungan, Kecamatan Kapas.

Dalam kegiatan ini, hadir pula Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Helmy Elizabeth, Camat Dander M Nuril, Camat Kapas, Kades Mojoranu Lukman Hakim, Kades Plesungan H Mochammad Khoiri, Kades Bakalan, Kades Semen Pinggir dan peserta sepeda santai.

Kegiatan ini juga disupport oleh Dishub Bojonegoro dan Polsek setempat.

Baca Juga  118 Atlet dan Official POPDA-Peparpeda Diberangkatkan Oleh Bupati Bojonegoro

Kadin DKPP Bojonegoro Helmy Elizabeth menyebutkan kegiatan ini merupakan kegiatan bersepeda bersama yang pertama kali dilakukan dengan Bupati Bojonegoro bersama para petani.

Bupati Bojonegoro Bersepeda Nglenyer Ten Sabin 1

“Ini juga merupakan rangkaian Hari Tani yang jatuh pada 24 September dan Hari Pangan Sedunia pada 20 Oktober,” kata Helmy menegaskan.

Kadin juga menuturkan semangat melaksanakan Nglenyer Teng Sabin karena musim hujan kali ini datang lebih awal. Dan ini menjadi acuan petani untuk mulai tanam padi.

“Alasan kami memberikan tagline Nglenyer Teng Sabin karena infrastruktur jalan yang sudah dibangun manfaatnya juga dirasakan oleh para petani,” jelas Helmy dalam laporannya.

Baca Juga  Tiga Pilar Bersama Masyarakat di Ngambon, Kerja Bakti Bersihkan Reruntuhan Rumah Roboh

Helmy juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah yang selalu mendorong untuk memikirkan program dan kegiatan yang benar-benar menyentuh kebutuhan petani Bojonegoro itu.

Ditambahkan, dikarenakan Kabupaten Bojonegoro merupakan lumbung pangan Indonesia sebagai penghasil terbesar ke-3 se-Jawa Timur.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menjelaskan jika ada masalah pupuk yang kurang, ia menugaskan kepada DKPP mulai tahun 2023 menggerakan pupuk organik, baik yang cair maupun yang organik granul.

“Kartu KPM nantinya digunakan untuk mendapatkan bantuan kembali. Yang sudah dapat di tahun sebelumnya akan diteruskan kembali mendapatkan program bantuan serupa,” kata Bupati wanita pertama di Bumi Angling Dharma itu.

Baca Juga  Kapolres Bojonegoro Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Dalam kesempatan ini, Bupati Anna juga berpesan agar petani memulai dengan menggunakan pupuk organik. Karena pemerintah sedang mengurangi pupuk kimia.

Selain itu, Pemkab Bojonegoro bersinergi dengan Bulog untuk komunikasi menjaga harga panen agar stabil.

“Kami sudah MoU untuk mengurangi ijon-ijon, jadi nanti BUMDes yang membeli gabah atau beras dan kerjasama dengan BUMD maupun dengan BUMR,” ungkapnya.

Acara yang berlangsung penuh semangat ini ditutup dengan pembagian undian kupon berhadiah dan hiburan.

**(Agus P/Red).

moch akbar fitrianto

Adalah Seorang penulis berita Teknologi dan juga Olahraga Khususnya Sepak bola dan MotoGP
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku